10 HAL YANG PERLU KAMU KETAHUI SOAL IDEMPIERE

10 Hal Yang Perlu Diketahui Soal iDempiere

 
10 hal yang perlu diketahui soal idempiere, software erp, compiere, software adempiere, idempiere, erp consultant, kosta consulting, pt kreasi solusi teknologi

 

1. Apa itu iDempiere?

iDempiere adalah software ERP Open Source dengan lisensi General Public License (GPL) yang berarti bebas digunakan, dimodifikasi, dan disebarkan tanpa bayaran. Software ini ditulis dengan bahasa pemrograman Java, dan biasanya beroperasi dengan menggunakan sistem database PostgreSQL.


2. Kalau ERP itu apa?

ERP itu singkatan dari Enterprise Resource Planning yang kalau kita terjemahkan ke bahasa Indonesia justru membingungkan walaupun sudah bisa dapat gambarannya. Tapi kalau mau pakai bahasa gampangnya, ERP itu adalah “satu software untuk menjalankan bisnis!” Jadi ERP itu adalah software ya, bukan merk. Sering orang bertanya “Beda SAP dengan ERP itu apa?” SAP itu merk ERP dari Jerman. 

Umumnya ERP  memiliki fungsi software akuntasi, software pesan memesan barang/jasa, software pengaturan inventory, proses invoice, penerimaan barang, proses pengawasan, manufaktur, pengaturan biaya, dan juga mencakup pekerjaan-pekerjaan HRD. Tapi fungsi dan teknologi software ini terus berkembang. 

3. Siapa yang membuat iDempiere?

Software iDempiere ini dikerjakan oleh komunitas penggiat ERP yang terdiri dari programmer software bisnis, akademisi, dan juga pengguna seperti akuntan, HRD, dan pergudangan. Ada tiga tokoh dalam komunitas ini yaitu Carlos Ruiz (Brazil), Low Heng Sin (Malaysia), dan Thomas Bayen (Jerman). Ketiganya seringkali menggawangi perkembangan teknologi iDempiere. 

Komunitas iDempiere ini bukan komunitas yang “asal ngumpul”. Komunitas ini berkomitmen untuk 100% berpartisipasi menyempurnakan iDempiere baik itu dari design arsitektur software, manajemen release update, donasi, mensponsori perkembangan fitur, kontribusi codingan, dokumentasi, testing, aktif memberikan feedback dan bantuan teknis, dan masih banyak lagi. 

4. Kalau yang menggunakan iDempiere siapa?

Pedagang besar (Wholesaler) hingga retail di industri tekstil, industri migas, industri keuangan (bank, asuransi, akuntansi), Media, Konstruksi, dan masih banyak lainnya. Satu keunggulan iDempiere adalah fleksibilitasnya sehingga kita bisa menkofigurasi modul-modulnya sesuai kebutuhan bisnis kita. 

5. Bagaimana cara mudah menggunakan iDempiere?

Bila mendengar kata “konfigurasi” dan “modul” di atas tadi membuat kamu bingung. Cara mudah untuk megimplementasikan software iDempiere adalah dengan menggunakan jasa implementor iDempiere yang terpercaya. 

6. Berapa biaya implementasi iDempiere?

Seperti yang disebutkan di awal, software iDempiere itu sendiri bisa kita download di internet tanpa harus mengeluarkan uang (bedakan ya dengan donasi ke komunitas). Dan tidak ada biaya lisensi yang harus dibayar per tahunnya seperti commercial ERP. Namun memang akhirnya butuh biaya untuk bisa mengoptimalkan penggunaan iDempiere dengan timeline bisnis kita. Kecuali kalau memang kalian ada waktu dan keinginan kuat untuk mempelajari software yang perkembangannya sudah berusia 20 tahun lebih ini. 


7. Kenapa perlu ERP Open Source?

Dengan alasan yang sangat jelas, cost effective. Memutuskan untuk menggunakan ERP open source itu berarti memutuskan untuk betul-betul memilih sistem ERP yang sesuai dengan kebutuhan bisnis kita tanpa biaya per tahun yang mencapai ribuan dollar per kepala (user). Kalau biaya bukan masalah untuk kamu, ya silahkan saja membayar sistem yang sudah baku dan tidak bisa fleksibel dikustomisasi. Dalam artian, walaupun ada harga ada kualitas, tapi ya harus “terima jadi.” 

8. Apa beda iDempiere dengan ADempiere?

Keduanya berasal dari akar yang sama yaitu project ERP open source, Compiere, yang diinisiasi oleh programmer Jerman, Jorg Janke, pada tahun 1999. 

Popularitas Compiere begitu pesat seiring semakin banyaknya kontributor yang bergabung dalam komunitasnya dan jumlah download yang mencapai 1 juta download di SourceForge pada tahun 2006. Compiere sendiri selama 4 tahun berturut-turut dinobatkan sebagai project terbaik versi SourceForge mulai dari tahun 2002. 

Popularitas ini ternyata memecah komunitas Compiere menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang ingin Compiere menjadi komersial, dan kelompok yang ingin meneruskan semangat Open Source. Kedua kelompok mendapatkan keinginannya, dengan Compiere menjadi software ERP berbayar, dan lahirlah ADempiere sebagai kelanjutan Compiere berbasis komunitas pada tahun 2006. 

Pada kurun waktu 2008 – 2011 beberapa programmer software ADempiere memutuskan untuk mengimplementasikan teknologi Open Service Gateway initiatives (OSGi) yang memungkinkan modul-modul ADempiere dipecah dan digabungkan (bundle) sesuai dengan fungsi yang diinginkan. Tidak semua anggota komunitas setuju dengan ini, yang berujung lahirnya komunitas iDempiere yang terus menyempurnakan struktur teknologi ADempiere dengan OSGi menjadikan iDempiere satu paket software bisnis yang tidak hanya kuat dan lengkap, tapi juga fleksibel dengan kebutuhan bisnis. 


9. Bagaimana cara mempelajari iDempiere?

Kamu bisa menelusuri wiki.idempiere.org untuk mengetahui sejarah, fitur, dan perkembangan iDempiere. Selain itu banyak juga buku manual tentang iDempiere yang tersebar di internet. Ada juga kursus-kursus online mengenai iDempiere baik lokal atau pun dari luar negeri. Tapi memang cara terbaik mempelajari iDempiere adalah dengan praktek langsung dan menggunakannya sesuai konteks yaitu sesuai kebutuhan bisnis kamu. 

10.Hubungi siapa kalau mau tahu lebih jauh soal iDempiere di Indonesia?

KOSTA Consulting adalah implementor iDempiere di Indonesia yang berhasil mengimplementasikan customize iDempiere semenjak tahun 2012. Industri yang berhasil dibantu KOSTA Consulting antara lain industri tekstil, migas, dan perbankan. 

Prinsip KOSTA adalah mengantarkan kamu ke tangga kesuksesan penggunaan ERP yang sesuai dengan bisnis kamu. Caranya dengan menganalisa keunikan bisnis kamu dan re-organize proses bisnis kamu sehingga lebih efisien dan memberikan hasil lebih. Kamu bisa menghubungi KOSTA Consulting via WhatsApp di 081289895088  atau bisa langsung mengunjungi kantor KOSTA di Gedung Cahaya Palmerah, Jakarta Barat

Salam sukses
kosta-consulting, software erp, implementor erp indonesia, idempiere
KOSTA CONSULTING



id_ID
en_US id_ID