SUKSES DENGAN SOFTWARE IDEMPIERE

Kita semua punya target besar dalam bisnis. Tapi sering kali fokus kita justru terserap oleh aktivitas operasional harian yang menumpuk dan tercecernya data-data penting tak karuan. Berantakan, sulit didapatkan saat dibutuhkan.

Dampaknya lebih mengerikan. Tersendatnya informasi membuat produksi jadi macet, produktivitas berkurang, konsumen jadi berang. 

Kita butuh kemampuan untuk melihat keseluruhan proses bisnis secara jernih dan lengkap. Mengontrol informasi sehingga mudah disimpan dan diakses dengan aman. Kita butuh mengatasi permasalahan dengan analisa data akurat yang diproses dengan cepat.

Kelola Bisnis Dengan ERP

Enterprise Resource Planning atau software ERP adalah sistem organisasi dan kontrol data yang mengelompokkan, menyimpan, mengelola, dan menginterpretasikan data-data utama bisnis. Sistem ERP memberikan visibilitas data bisnis yang terbarui (update) secara terus menerus dan mengintegrasi data dari divisi-divisi penting seperti Penjualan, Pembelian, Produksi, Keuangan dan juga Akuntansi.

ERP memfasilitasi berjalannya arus informasi antar fungsi bisnis di dalam perusahaan dan juga komunikasi ke pihak luar yang merupakan pemangku kepentingan (stakeholder). Dengan ERP kita bisa memantau aktivitas bisnis kita dari mulai pembuatan perjanjian bisnis hinga pencatatan laporan keuangan. Dengan ERP kita bisa lebih mudah mengurus perihal yang berhubungan dengan pajak dan juga bank. Dengan ERP kita bisa mengontrol keseluruhan proses bisnis dan meningkatkan efisiensi.

Awalnya sistem ERP dibuat untuk keperluan perusahaan besar dalam industri Manufaktur. Software ERP pun menjadi produk mahal yang hanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar. Produsen ERP juga didominasi perusahaan-perusahaan besar teknologi seperti Oracle, SAP, dan juga Microsoft.

Namun seiring berkembangnya teknologi dan munculnya software ERP Open Source, teknologi ERP kini bisa dinimkati manfaatnya oleh perusahaan dalam skala besar bahkan kecil dan menengah (UKM) di beragam industri seperti Garmen, Tekstil, Logistik, Trading, Jasa, dan industri lainnya.

Open Source ERP, iDempiere

Software ERP iDempiere adalah proyek komunitas programmer ERP yang akarnya dimulai pada tahun 1999. Berakar dari proyek Open Source ERP Compiere, iDempiere mulai dibangun pada 2011 dan dengan cepat merebut perhatian penggiat software bisnis dunia sehingga berhasil menjadi proyek terbaik di sourceforge.net pada tahun 2016 dan 2018.

Carlos Ruiz Gomez, salah satu pemimpin proyek iDempiere asal Brazil, dalam wawancaranya dengan sourceforge mengatakan bahwa iDempiere adalah gabungan dari ERP, CRM (Customer Relationship Management) dan SCM (Supply Chain Management) yang dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan tanpa harus mengeluarkan biaya lisensi.

Software iDempiere mengotomatisasi dan mengintegrasikan pekerjaan-pekerjaan harian seperti proses pemesanan pembelian (Purchasing) dan penjualan (Sales), manajemen peluang dan pelanggan (CRM), manajemen inventaris (Inventory), dan juga proses pencatatan akuntansi (Accounting).

Carlos menambahkan, walaupun sistem iDempiere adalah sistem yang stabil dan bisa langsung digunakan, tapi proyek implementasi iDempiere adalah proyek yang membutuhkan keahlian tinggi. Disarankan bagi perusahaan untuk menggunakan jasa konsultan ERP, khususnya implementor ERP yang sudah berpengalaman mengimplementasikan praktik terbaik iDempiere.

Sukses iDempiere Bersama KOSTA

KOSTA Consulting adalah konsultan ERP dan implementor iDempiere di Jakarta yang sudah berdiri semenjak tahun 2012. Kami telah mengimplementasi iDempiere ERP untuk perusahaan Manufaktur, Garmen, Tekstil, Finansial, dan juga Jasa di Jakarta, Purwakarta, Semarang, Solo, bahkan luar negeri seperti Taiwan.

Fleksibilitas sistem iDempiere mendorong KOSTA untuk menyediakan solusi yang fleksibel, simpel, dan tepat bagi kebutuhan perusahaan. Implementasi iDempiere dengan KOSTA berawal dari komunikasi intensif untuk membicarakan kebutuhan bisnis Anda. KOSTA melihat setiap bisnis memiliki keunikannya sendiri dan kami berkomitmen untuk memahami keunikan bisnis Anda kemudian membangun sistem yang tepat berdasarkan hasil komunikasi yang efektif.

Layanan KOSTA tidak berhenti saat sistem iDempiere Anda berjalan. KOSTA menyiapkan pelatihan (training) dan ticketing system untuk mengakomodir kebutuhan teknis dan memastikan lancarnya masa peralihan sistem. Selain itu KOSTA juga menyediakan program perawatan (maintenance) yang memastikan kestabilan kustomisasi sistem dan memfasilitasi inovasi yang berkembang seiring meningkatnya kebutuhan bisnis Anda.

Segera hubungi kami untuk konsultasi gratis dan demo software ERP yang memiliki performa tinggi, stabil, dan juga mudah digunakan, iDempiere.

en_US
id_ID en_US