Divisi Keuangan vs Divisi Akuntansi, Bisa Digabung?

Sama-sama berhubungan dengan uang, banyak yang kesulitan untuk membedakan divisi keuangan vs divisi akuntansi. Kedua divisi ini bahkan kerap kali digabung menjadi satu. 

Apa perbedaan divisi akuntansi dan divisi keuangan? Apakah efektif untuk menggabungkan kedua divisi ini? 

Pengertian Keuangan dan Akuntansi 

Dikutip dari Corporate Finance Institute, keuangan adalah pengelolaan uang dan investasi milik pribadi, perusahaan, maupun pemerintah. Dengan begitu, manajemen keuangan tak hanya dibutuhkan oleh lembaga, tetapi juga individu.   

Sementata akuntansi adalah perekaman, pemeliharaan, pelaporan atas transaksi lembaga atau perusahaan, sehingga umumnya digunakan oleh perusahaan dan pemerintah saja.        

Tugas Divisi Keuangan dan Divisi Akuntansi 

Di perusahaan, divisi keuangan bertugas untuk mencari, mengelola, dan mengalokasikan dana serta menerima pembayaran perusahaan. Oleh karena itu, divisi ini berhak untuk memegang, menerima, dan mengeluarkan uang perusahaan, baik yang ada di kas, bank, deposit, hingga investasi. 

Namun, divisi ini juga dituntut untuk menyusun penganggaran (budget planning) dengan tepat. Setelah itu, divisi ini juga memastikan terpenuhinya kebutuhan perusahaan dengan anggaran yang telah disusun. 

Sementara divisi akuntansi bertugas untuk mencatat dan mengelompokkan semua transaksi yang telah terjadi di sebuah perusahaan. Divisi akuntansi juga bertugas untuk memastikan semua transaksi telah tercatat di akun yang tepat agar bisa disusun menjadi laporan keuangan yang akurat. Selain itu, divisi akuntansi juga bertugas untuk menghitung pajak yang harus dibayar oleh perusahaan kepada negara.  

Divisi Keuangan vs Divisi Akuntansi 

Berdasarkan tugas-tugas di atas, dapat disimpulkan bahwa kedua divisi ini membutuhkan ketelitian tingkat tinggi. Namun, keduanya tetap saja berbeda. Simak rangkuman perbedaannya berikut ini: 

  • Divisi keuangan menyusun anggaran untuk masa depan, sedangkan divisi akuntansi menyusun laporan dari transaksi yang telah terjadi. 
  • Divisi akuntansi menyiapkan laporan keuangan, sedangkan divisi keuangan menganalisis laporan tersebut.  
  • Divisi akuntansi berfokus pada akurasi dan keandalan, sedangkan divisi keuangan berfokus pada pengetahuan dan analisis. 
  • Divisi akuntansi bertujuan untuk menjelaskan posisi keuangan perusahaan. Sementara divisi keuangan bertujuan untuk meningkatkannya. 
  • Divisi akuntansi mengambil tindakan berdasarkan aturan akuntansi, sedangkan divisi keuangan mengambil tindakan berdasarkan hasil analisis. 

Divisi Keuangan dan Divisi Akuntansi Bisa Digabung?    

Meskipun memiliki berbagai perbedaan, tetapi tidak sedikit perusahaan yang menggabungkan kedua divisi ini karena jumlah transaksinya dianggap kecil. 

Nyatanya, jika kedua peran ini dipegang oleh satu orang, bisa menyebabkan potensi kecurangan untuk terjadi. Beberapa di antaranya: penerbitan dokumen tagihan yang fiktif, penundaan pembayaran, perubahan jumlah tagihan, dan lain sebagainya.   

Kesimpulan  

Meskipun sama-sama berhubungan dengan uang perusahaan dan membutuhkan ketelitian tinggi, divisi keuangan dan akuntansi tetap merupakan dua divisi yang berbeda. Untuk menghindari terjadinya berbagai bentuk kecurangan terhadap keuangan perusahaan, kedua divisi ini perlu dipisah.    

Perbedaan yang paling mencolok dari keduanya adalah divisi akuntansi berfokus pada transaksi yang telah terjadi (masa lalu), sedangkan divisi keuangan berfokus untuk menyusun anggaran (masa depan).   

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini