5 Manfaat Software ERP bagi Pekerja Lapangan

Penggunaan software ERP (Enterprise Resource Planning) yang canggih kerap kali dihubungkan dengan para pekerja yang duduk di balik meja. Padahal software bisnis ini juga mampu meringankan beban kerja para pekerja lapangan. 

Sebelum mengetahui manfaat software ERP bagi para pekerja lapangan, yuk, mari pahami contoh pekerja lapangan. Membaca kata ‘lapangan’, Anda mungkin langsung membayangkan seseorang yang bekerja di bawah terik matahari penuh dengan peluh. 

Nyatanya, pekerja lapangan bukan hanya mereka yang rela berpanas-panasan di lapangan, tetapi juga mereka yang mondar-mandir dari satu tempat ke tempat lainnya, seperti sales, jurnalis, dan event planner

Tak sedikit pula perusahaan yang menggolongkan staf gudang sebagai pekerja lapangan. Selain itu, kuli bangunan, kontraktor, ahli botani, naturalis, dan lain sebagainya juga tentu tergolong sebagai pekerja lapangan. 

5 Manfaat Software ERP bagi Pekerja Lapangan 

Setelah mengetahui contoh pekerja lapangan, maka apa saja manfaat software ERP bagi para pekerja tersebut?  

Software ERP Mengelola Stok dan Pesanan 

ERP software dapat membantu staf gudang untuk mengelola stok dan pesanan, mulai dari proses pesanan, produksi, hingga pengiriman kepada konsumen. ERP yang baik juga dapat menginformasikan barang yang harus dibeli pada waktu tertentu, sehingga arus keluar masuk barang dan penjualan dapat berjalan dengan lancar.  

Meningkatkan Retensi Karyawan     

ERP yang dilengkapi dengan modul HR dapat digunakan untuk mengelola human resources alias karyawan, termasuk pekerja lapangan. Hal ini dimulai dari jadwal kerja, data kehadiran, pengajuan cuti, pengaturan lembur dan bonus, hingga distribusi gaji yang transparan untuk setiap karyawan. 

Transparansi ini dapat memberikan kenyamanan bagi para karyawan, sehingga meningkatkan retensi karyawan. Jika ada perhitungan yang salah, maka karyawan bisa langsung menanyakannya kepada pihak HR. Demi kenyamanan pekerja lapangan, sebaiknya gunakan ERP yang bisa dioperasikan lewat smartphone.   

Mengurangi Jam Lembur 

Pekerja lapangan kerap kali perlu melakukan lembur demi tuntasnya pekerjaan, terutama saat melakukan stock opname atau mendekati deadline proyek. Selain melelahkan, tidak semua perusahaan mau membayar uang lembur untuk karyawan yang bekerja melewati jam kerja normal. Nah, ERP software dapat membantu proses perhitungan dan perencanaan, sehingga menghemat waktu para pekerja dan mengurangi jam lembur.  

Melancarkan Komunikasi   

Demi efisiensi dan produktivitas pekerja lapangan, komunikasi dengan tim dan divisi lain harus berjalan dengan lancar. Komunikasi sering terkendala oleh lokasi pekerjaan. 

Maka dari itu, kehadiran ERP cloud yang bisa diakses melalui smartphone atau tablet mempermudah komunikasi pekerja lapangan dengan tim dan divisi lainnya. Selain itu, para pekerja lapangan juga bisa mengakses berbagai informasi melalui 1 portal saja secara online.   

Software ERP Memastikan Kepuasan Konsumen 

Modul ERP CRM (Customer Relationship Management) juga dapat membantu divisi sales & marketing untuk memastikan kepuasan lewat penjangkauan calon konsumen baru, pelacakan interaksi dan riwayat pembelian, notifikasi saat ada konsumen yang perlu dilayani, dan analisis data. 

Melalui sejumlah manfaat di atas, setiap salesperson dapat melayani konsumen dan menawarkan produk atau layanan yang sesuai kebutuhan dan kesanggupan.  

Kesimpulan

Software ERP tak hanya bermanfaat bagi pekerja di belakang meja, tetapi juga bagi pekerja lapangan. Demi kenyamanan dan kemudahan para pekerja lapangan, sebaiknya gunakan ERP cloud yang bisa diakses melalui smartphone atau tablet, seperti iDempiere. 

Web-based ERP ini menawarkan konfigurasi sesuai keunikan proses bisnis tanpa batas dan jumlah pengguna (unlimited user). Silakan tanyakan lebih lanjut tentang implementasi ERP iDempiere kepada Kosta Consulting di nomor 0821-2228-2266.  

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini