Mengenal Sistem ERP Cloud 

cloud erp, erp cloud, erp
cloud erp

Mengenal Sistem ERP Cloud

ERP berbasis cloud Merupakan salah satu jenis pengembangan ERP Software yang  pengelolaannya secara online, cocok dengan perusahaan Indonesia yang kebanyakan skalanya kecil hingga menengah. ERP Cloud dasarnya merupakan integrasi antara teknologi cloud computing dengan ERP, dimana cloud computing adalah sebuah teknologi yang berfungsi menyimpan bermacam file pada satu basis data di server tertentu dengan menggunakan jaringan internet. Utamanya manfaat cloud computing yaitu dapat mengakses data dimana saja dengan teknologi aplikasi cloud.

Diintegrasikannya teknologi cloud computing dengan ERP tentunya menghasilkan ERP software yang  juga dipasang pada server lalu diakses melalui web browser, sehingga  dalam penggunaannya, user dapat mengakses ERP tanpa menginstal suatu aplikasi terlebih dahulu, karena hanya perlu menggunakan web browser.

Manfaat ERP Cloud Untuk Bisnis Anda

Beberapa manfaat penggunaan ERP Software dengan jenis ERP Cloud diantaranya sebagai berikut:

  • Jika kondisi server rusak, data tidak hilang karena disimpan pada cloud bukan lokal
  • Memudahkan perusahaan untuk mengakses sistem dimana dan kapan saja dengan syarat mempunyai koneksi internet yang cukup bagus
  • Menggunakan versi terbaru ERP Cloud karena ERP software ini selalu megalami peningkatan dan pembaharuan secara berkala
  • Menekan biaya dan resource, salah satu contohnya tidak adanya biaya pemeliharaan dan support pada software bisnis perusahaan  karena dilakukan ERP vendor sehingga dapat memenuhi kebutuhan perusahaan yang lainnya  
  • Integrasi dengan aplikasi cloud lainnya lebih mudah karena beberapa sistem retail seperti eCommerce dan ePOS sudah menggunakan cloud dalam pengelolaan sistemnya.

Dengan dilakukannya integrasi antara teknologi Cloud Computing dan ERP maka. Software ERP menjadi solusi terbaik untuk software perusahaan. Hal tersebut karena Sofware bisnis perusahaan jenis ini tidak perlu mengeluarkan biaya operasional yang besar untuk keperluan hardware maupun software, karena pada proses instalasi dan pemasangannya dilakukan oleh vendor. User akan akan mendapatkan akses penuh dalam penggunaan ERP Software tersebut dengan sistem yang disesuaikan dengan kebutuhan user atau perusahaan. 

Jika suatu perusahaan ingin mengubah implementasi ERP software dari ERP on–Premise ke Cloud, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu 

  • Dalam masa transisi ERP on – Premise ke Cloud terdapat beberapa perubahan yang akan terjadi misalnya pada struktur, manajemen hingga desain yang mempunyai resiko cukup tinggi, sehingga dalam pembiayaannya menjadi tidak terjangkau, serta apabila hasilnyapun mengalami kegagalan. Hal ini tetunya sangat perlu diperhatikan, agar perusahaan mempunyai persiapan yang baik dalam masa transisi Sofware bisnis perusahaan tersebut.
  • Pengecekan secara detail sebelum dilakukannya transisi ERP software, karena bisa saja ERP yang ada pada suatu perusahaan, khususnya perusahaan berskala menengah ke atas mempunyai integrasi dengan aplikasi lain, sehingga dikhawatirkan terjadinya kehilangan data yang nantinya akan menjadi effort tambahan bagi perusahaan, bukan hanya dari segi data namun bisa saja ada penambahan biaya dalam service untuk transisi software dari ERP on – Premise ke ERP Cloud tersebut.

ERP Cloud akan menjadi solusi yang tepat jika perusahaan dapat mengenali karakteristik perusahaan itu sendiri. Sehingga ERP sebagai software bisnis perusahaan dapat menyesuaikan kebutuhan perusahaan, yang dimana menjadi salah satu service dari jasa penyedia layanan ERP software. Perencanaan yang benar dan baik dalam implementasi ERP sebagai solusi Software as service (Saas) bukan saja meningkatkan keuntungan perusahaan, namun juga sebagai langkah kemajuan dalam  pemanfaatan teknologi masa kini pada bidang bisinis.

id_ID
en_US id_ID