Software Bisnis Java: Kelebihan dan Kekurangannya

Untuk mengoperasikan komputer, dibutuhkan bahasa pemrograman sebagai media komunikasi antara manusia dengan komputer tersebut. Java adalah bahasa pemrograman yang paling populer. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang menggunakan software bisnis Java.     

Apa Itu Java? 

Terkenal dengan moto “Write Once, Run Anywhere”, Java dapat dijalankan di semua sistem operasi, termasuk Android, Linux, dan Windows, tanpa perlu penyusunan ulang untuk menyesuaikan platformnya.  

Java memiliki sistem syntax (kode pemrograman level tinggi). Saat dijalankan, syntax akan dikompilasikan dengan Java Virtual Machine (JVM) menjadi numeric code (bytescode) platform. Dengan demikian, software Java dapat dijalankan di berbagai perangkat. Berkat fleksibilitas tersebut, Java telah dijalankan setidaknya di 13 miliar perangkat, termasuk sejumlah aplikasi terkenal, seperti Netflix dan Spotify. 

Kelebihan Software Bisnis Java      

Dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, maka software bisnis Java memiliki sejumlah kelebihan, antara lain: 

Fleksibel 

Java memiliki compiler yang mampu menerjemahkan syntax Java ke bytecodes setiap platform, sehingga memungkinkan Java untuk dijalankan di semua platform. Dengan begitu, software bisnis Java bisa dijalankan di sistem operasi Linux, Windows, maupun Mac.    

Library yang Lengkap 

Library memuat sekumpulan fungsi dan program yang bisa digunakan langsung untuk mengembangkan suatu software. Berkat komunitas Java yang besar, Java terkenal memiliki library yang sangat lengkap, sehingga dapat memenuhi kebutuhan para pengembang untuk mengembangkan suatu software dengan ringkas. 

Object-Oriented 

Java mengatur desain software berdasarkan objek, yakni bidang data yang memiliki atribut dan perilaku. Contoh di dalam kehidupan nyata: sebuah objek mobil memiliki atribut berupa rem dan klakson serta perilaku mengerem dan melaju.   

Semua data atau fungsi Java didefinisikan ke dalam beberapa kelas yang saling terhubung, sehingga dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lain. 

Metode ini mampu meringkas struktur program, sehingga bisa digunakan kembali untuk membuat software yang kompleks dan diperbarui secara aktif diperbarui. Hal itu membuat proses pengembangan berjalan lebih baik dan cepat.   

Sederhana 

Dari sisi pengembang, Java tergolong sederhana, karena merupakan pengembangan yang lebih fleksibel dari bahasa C dan C++. Selain itu, jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya, Java memiliki struktur coding yang jauh lebih sederhana.      

Kekurangan Software Bisnis Java

Selain kelebihan, software Java juga memiliki kekurangan, seperti: 

  • Diperlukannya memori yang banyak untuk membuat compiler
  • User interface yang kurang menarik 
  • Mudah didekompilasi (proses membalikkan kode menjadi kode sumber), sehingga perlu meningkatkan keamanan, seperti dengan menggunakan lisensi yang terenkripsi  

Salah satu software bisnis Java yang dapat diandalkan adalah ERP (Enterprise Resource Planning) iDempiere. ERP software ini dapat mengotomatisasi dan mengintegrasi seluruh proses bisnis, sehingga memudahkan pencatatan dan pengambilan keputusan. 

Selain itu, iDempiere juga bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan dan keunikan proses bisnis perusahaan serta digunakan tanpa batasan jumlah pengguna (unlimited user). Untuk informasi lebih lanjut mengenai software ERP iDempiere, silakan hubungi Kosta Consulting di nomor 0821-2228-2266.     

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini