9 Tips Menjaga Cash Flow demi Kesehatan Bisnis

Cash flow yang lancar menandakan kesehatan keuangan suatu bisnis. Untuk menjaga kelancarannya, Anda perlu menerapkan tips menjaga cash flow (arus kas)

Keuntungan yang besar tidak menjamin kelancaran cash flow. Suatu bisnis bisa saja memperoleh keuntungan yang besar, tetapi tidak sanggup membayar utang dan gaji karyawan.  

9 Tips Menjaga Cash Flow  

Lewat pengelolaan arus kas yang baik, Anda dapat mengembangkan bisnis. Hal ini juga berdampak pada penanaman modal oleh para investor. Berikut ini deretan tips untuk menjaga kelancaran arus kas: 

Pisahkan Rekening   

Demi menghindari penggunaan uang bisnis untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pribadi, pisahkan rekening pribadi dari rekening bisnis. Dengan demikian, Anda bisa menghitung penghasilan dari bisnis dengan akurat. 

Tentukan Prioritas untuk Pengeluaran 

Ada pengeluaran yang berdampak langsung dan besar terhadap kemajuan bisnis, tetapi ada pula yang tidak berdampak terhadap bisnis. 

Susun daftar pengeluaran Anda dan tentukan tingkat prioritasnya, mulai dari yang paling penting hingga yang tidak penting, sehingga dapat ditunda.        

Ketahui Biaya Produksi & Total Pengeluaran 

Dengan mengetahui keduanya secara rinci, maka Anda dapat terhindar dari kesalahan di dalam menentukan harga jual. Anda juga bisa menentukan diskon yang tidak di bawah harga pokok untuk menarik minat para pembeli.        

Tetapkan Harga Jual yang Lebih Tinggi

Jika Anda menetapkan harga jual yang lebih tinggi, maka Anda juga mendapat keuntungan yang lebih besar. Sekalipun ada pembeli yang menawar, maka harganya kemungkinan besar tidak akan turun hingga kurang dari modal Anda. Namun, perhatikan juga harga pasaran produk Anda. Jangan menetapkan harga jual yang terlampau tinggi.    

Agar pembeli tidak merasa harga jual terlalu mahal, maka Anda bisa menghadirkan keunggulan tambahan, seperti packaging yang menarik, layanan yang sangat ramah, tempat yang instagramable, dan lain-lain.    

Terapkan Strategi Product Bundling

Product bundling adalah strategi penggabungan produk (paket) yang menarik bagi pembeli. Dari sisi pembeli, pembelian ini lebih hemat, karena jika harga product bundling dibagi per produk, maka harganya akan jadi lebih murah. Dari sisi pebisnis, akan ada lebih banyak produk yang terjual, sehingga berdampak pada meningkatnya arus kas. 

Dorong Pembelian Ulang

Dengan mendorong pembelian ulang, maka semakin banyak produk yang bisa dijual dan semakin banyak pula profit yang diperoleh. 

Selain menghadirkan produk dan layanan berkualitas tinggi, Anda juga bisa mendorong pembelian ulang dengan mengadakan berbagai program menarik, seperti program 10 kali pembelian untuk mendapatkan 1 produk tertentu secara gratis.  

Kirim Tagihan dengan Tepat Waktu

Anda juga harus memperhatikan piutang para pembeli. Demi kelancaran arus kas, pastikan Anda mengirim tagihan tepat waktu, sehingga juga memperoleh pembayaran sesuai batas waktu yang disepakati. 

Tak perlu ragu untuk mengingatkan pembeli jika pembayarannya telah jatuh tempo. Apabila ada banyak pembeli yang harus ditagih, maka pertimbangkan penggunaan software keuangan untuk membantu proses reminder ini dan perekaman semua transaksi bisnis Anda. 

Tunda Pembelian Aset 

Pembelian aset memang penting, tetapi hal ini membutuhkan uang yang tidak sedikit. Jika penambahan aset tidak terlalu memengaruhi profit, maka tunda saja pembelian tersebut sampai kelancaran arus kas Anda meyakinkan. Kelancaran arus kas dapat dianalisis dari laporan arus kas. 

Buat Laporan Arus Kas  

Terakhir, buat laporan arus kas secara rutin. Laporan ini menyajikan informasi yang lengkap tentang pemasukan dan dan pengeluaran kas perusahaan selama periode tertentu.

Dengan begitu, Anda bisa mengevaluasi laporan ini untuk memprediksi penghasilan dan pengeluaran Anda pada periode selanjutnya. Hal ini bermanfaat untuk mengambil keputusan dan merencanakan investasi dengan tepat.      

Kesimpulan 

Tidak lancarnya cash flow dapat mengganggu proses produksi dan operasional bisnis. Oleh karena itu, jaga cash flow Anda dengan menerapkan deretan tips di atas.   

Membuat laporan arus kas di setiap periode tertentu dan mengirimkan tagihan kepada banyak pembeli secara manual dapat menyita waktu dan tenaga Anda. Pelaporan dan pengiriman manual juga berisiko meningkatkan kekeliruan yang malah merugikan Anda. 

Demi menghindari hal tersebut, gunakan ERP iDempiere. Hadir dengan modul keuangan yang andal, software ERP ini dapat merekam seluruh transaksi secara otomatis dan terintegrasi dengan divisi lainnya. 

Selain itu, software ERP ini juga bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan unik bisnis Anda, seperti reminder dengan ketentuan tertentu. Tak hanya itu, ERP iDempiere juga bisa digunakan tanpa batasan jumlah pengguna (unlimited user). Untuk pertanyaan lebih lanjut tentang modul dan implementasi ERP iDempiere, silakan hubungi Kosta Consulting di nomor 0821-2228-2266.  

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini