Alasan Penggunaan Payroll System Adalah

Banyak dari kita bertanya-tanya, mengapa sistem penggajian karyawan yang awam dilakukan oleh banyak perusahaan hanya tertuju pada satu nama. Yakni payroll system. Bukan tanpa sebab, justru alasan penggunaan payroll system adalah kemudahan yang didapat dalam melakukan proses kalkulasi pengajian karyawan.

Bayangkan, perusahaan dengan skala besar yang sudah memiliki ribuan atau bahkan ratusan ribu karyawan. Pasti rumit sekali proses penghitungan gajinya, jika tidak dilakukan dengan bantuan sistem. Justru dengan penggunaan payroll system adalah sebuah solusi dalam mengatasi kerumitan penghitungan tersebut.

Terlebih dahulu, mari kita cari tahu apa yang dimaksud dengan payroll tersebut. Payroll merupakan sistem penggajian yang dibuat dengan mengkalkulasikan berbagai komponen penghitungan dalam periode tertentu. Setiap level karyawan tentu memiliki perbedaan komponen dan penghitungan, belum lagi perbedaan komponen di tiap divisi yang berbeda.

Dapatkah anda membayangkan jika harus menghitung gaji ribuan karyawan tanpa menggunakan sistem? Karena hal inilah, payroll system adalah jawaban dan solusi yang paling cocok digunakan. Dengan menggunakan sistem ini, proses penghitungan dengan komponen berbeda-beda dapat lebih mudah dilakukan. Terlebih lagi, dengan memblok periode waktu yang menjadi komponen penghitungan, kalkulasi angka jadi semakin mudah untuk dilakukan.

Oleh karena itulah, umumnya perusahaan menentukan tanggal penggajian dalam setiap bulannya. Sehingga dalam satu periode penggajian, komponen penghitungan hari kerja jadi lebih jelas. Selanjutnya tinggal memasukkan seluruh komponen perhitungan. Setiap level karyawan dari perusahaan yang berbeda bisa saja memiliki komponen perhitungan yang berbeda pula.

Dengan sistem payroll, karyawan dan perusahaan dapat sama-sama mengawasi hasil penghitungan gaji. Agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

Komponen yang menjadi acuan penghitungan gaji, biasanya terdiri dari kehadiran, tunjangan, indeks performa (KPI), lembur, bonus, denda, iuran serta pajak. Untuk pajak, ada perusahaan yang menanggung pajak karyawannya, ada juga yang tidak. Sehingga tidak semua payroll yang menyertakan pajak penghasilan karyawan dalam slip gaji mereka.

Keseluruhan komponen tersebut kemudian dikalkulasikan berdasarkan total hari kerja dalam satu periode. Sehingga muncullah total penghasilan yang didapat karyawan dalam satu bulan. Dengan menggunakan aplikasi payroll system yang terdapat dalam Enterprise Resource Planning, penghitungan, pelaporan dan pembayaran gaji karyawan akan menjadi lebih mudah untuk dilakukan dan dipantau. Karena semua data sudah terotomatisasi, sehingga dapat menghindari kesalahan perhitungan.

Jadi tidak heran, kalau kebanyakan perusahaan menggunakan sistem payroll dalam penggajian karyawan. Karena seluruh kemudahan yang didapat belum tentu tersedia di sistem penggajian lain. Demikian pula alasan payroll system merupakan sistem yang paling familiar bagi banyak kalangan.

Kini telah hadir ERP iDempiere. Software Enterprise Resource Planning terintegrasi, yang menjadi solusi terdepan untuk berbagai keperluan pengelolaan dan otomatisasi perusahaan anda. Hubungi kami di layanan kontak yang tersedia, untuk informasi lebih lanjut.

en_US
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini