E-Procurement Adalah Solusi yang Dinantikan

E-procurement adalah solusi yang dinantikan oleh perusahaan selama ini. Dikarenakan sebuah organisasi yang hebat adalah organisasi yang tahan dan adaptif, terhadap dinamika keadaan yang terus mengalami perkembangan dan perubahan. Dan seiring dengan perubahan tersebut, berbagai hambatan yang sulit diperbaiki di masa lalu kini perlahan tapi pasti mendapat berbagai tawaran solusi.

Salah satunya adalah dalam hal pengadaan atau procurement. Dapat dikatakan, kemajuan teknologi dalam menciptakan e-procurement, adalah solusi yang selama ini dinanti-nanti.

Mengapa e-procurement adalah solusi yang dinantikan?

Karena sistem yang diterapkan dalam e-procurement menjamin keamanan, transparansi, akuntabilitas dan tetap memberikan kemudahan. Keseluruhan hal tersebut dahulunya merupakan hal yang sulit, untuk didapatkan tanpa mengandalkan kemajuan teknologi.

Setiap institusi yang harus melakukan proses pengadaan, sudah tidak perlu dipusingkan dengan proses yang terlalu panjang dan rumit. Bahkan dengan sistem e-procurement yang canggih, juga dapat meminimalisir berbagai kendala human error. Yang selama ini sering sulit ditangani. Dengan meminimalisir human error ini, tentu saja sistem yang dibuat harus dipersiapkan dengan matang.


Berkat kemajuan teknologilah, sistem pengadaan kini dapat diterapkan dengan mudah oleh semua organisasi. Baik organisasi berskala kecil, menengah maupun besar. Sistem yang dibuat dapat menyesusaikan besarnya skala, dan tetap mempermudah berjalannya proses pengadaan. Belum lagi seluruh data dapat tervalidasi, sehingga memperkecil kemungkinan terjadinya fraud atau kecurangan.


Karena sesuai dengan pengertiannya, e-procurement merupakan kegiatan pengadaan barang maupun jasa yang dilakukan secara elektronik atau online. Dengan sistem yang diterapkan, maka seluruh data yang disajikan harus tervalidasi oleh sistem. Institusi yang melakukan pengadaan dengan sistem e-procurement, dapat memperingkas proses karena validasi data dan informasi menjadi lebih baik.


Setiap data yang akan diberikan dalam formulir e-procurement harus sesuai dengan syarat yang telah ditentukan sebelumnya, mulai dari spesifikasi, harga, cakupan. Hal ini mempermudah keduabelah pihak, baik bagi penyelenggara maupun peserta dalam sebuah proses pengadaan. Selain itu dengan sistem yang mengedepankan transparansi, seluruh pihak dapat mengakses informasi secara lebih jelas dan terbuka.

Dengan segala kelebihan yang diberikan oleh e-procurement, banyak hal yang dapat dihemat jika dibandingkan bila sebuah institusi pemerintah ataupun swasta melakukan proses pengadaan secara konvensional. Mulai dari manpower, waktu, tenaga hingga dana. Tak heran jika penerapan e-procurement dikaitkan dengan good governance atau penerapan tata kelola yang baik.

Apakah e-procurement adalah solusi bagi institusi atau perusahaan milik pemerintah saja?

Disinilah justru e-procurement layak diterapkan oleh seluruh institusi di negara Indonesia, baik institusi kepemerintahan maupun swasta. Karena sistem yang diterapkan juga mendukung proses yang lebih akuntabel. Selain itu, mutu dari produk atau jasa yang didapatkan juga lebih terjamin.

Sebab setiap proses sudah ditentukan oleh sistem. Sistem informasi yang lebih jelas juga mempermudah pihak perusahaan penyedia. Karena sejak awal sudah dapat mengetahui, apakah mereka dapat memenuhi spesifikasi syarat dan ketentuan yang dibuat dalam pengadaan.

Apakah perusahaan anda ingin menerapkan good governance melalui penerapan e-procurement dan software erp dengan tingkat fleksibilitas yang sesuai dengan bisnis anda? Jangan ragu untuk menghubungi kami di kontak yang telah kami sediakan di halaman ini.

en_US
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini