Manfaat Manajemen Aset

Manajemen aset adalah salah satu pionir penting dalam suatu organisasi atau perusahaan besar, tapi apakah kalian sudah tau apa itu manajemen aset serta manfaat dari manajemen aset tersebut? Jika belum, Tim kosta consulting akan memberikan gambaran dan manfaat dari manajemen aset.

Apa Itu Manajemen Aset?

Manajemen aset adalah pengelolaan aset individu atau perusahaan, dan didata secara akurat agar aset tersebut tidak hilang dan dapat dilakukan pemeliharaan aset secara tepat.

Setiap perusahaan perlu melacak asetnya sehingga sistem asset management sangat dibutuhkan. Dengan sistem aset, para pemangku kepentingan terkait, akan mengetahui aset apa saja yang tersedia dan apa yang dapat digunakan dan dijual untuk memberikan keuntungan optimal.

Apa saja manfaat enterprise asset management system?

Sebelum mengetahui aplikasi asset management, aset yang dimiliki oleh bisnis terbagi dalam dua kategori utama, yakni aset tetap dan lancar. Aset tetap atau disebut juga aset tidak lancar mengacu pada aset yang diperoleh untuk digunakan dalam waktu jangka panjang.

Sementara itu, aset lancar dalam asset management adalah aset yang dapat diubah menjadi uang tunai dalam waktu singkat. Ketika datang ke enterprise asset management atau EAM, ada dua hal utama yang ingin diketahui. Pertama adalah peran yang dimainkan oleh proses manajemen aset dan cara perusahaan dapat mengembangkan rencana manajemen aset yang baik.

Untuk itu, dibutuhkan aplikasi asset yang sesuai dengan kebutuhan bisnis atau perusahaan. Beberapa manfaat yang akan didapatkan dari aplikasi aset barang atau sistem enterprise asset management adalah sebagai berikut:

Pelacakan aset

Waktu nyata aset adalah organisme hidup dari suatu bisnis. Aset dapat berkembang biak, datang dan pergi, serta bergerak di sekitar tempat kerja. Untuk itu, dibutuhkan erp asset management software sebagai aspek penting dari proses pengelolaan aset.

Berbasis cloud

Memiliki aplikasi manajemen aset berbasis cloud dengan plant maintenance dapat menawarkan berbagai fitur hebat untuk semua karyawan. Dengan menggunakan asset management software, seluruh direktori aset dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. 

Dapatkan akurasi lengkap

Asset management system bisa mengetahui kapan aset hilang atau dicuri, kapan waktunya untuk diperbaiki, dan bahkan mampu membuat laporan audit yang akurat dan terperinci. Tanpa asset management application, perusahaan mungkin akan sulit untuk melacak semua data dan riwayat aset. 

Beroperasi dengan lebih efisien

Ketika perusahaan menerapkan aplikasi ERP asset management sebagai sistem, maka dapat mulai memahami peran masing-masing aset di setiap sektor bisnis. Aplikasi atau software aset manajemen akan mengetahui bagaimana sistem dapat dioperasikan dengan cara yang paling efektif bahkan jika harus dibuang untuk menghemat uang.

Perkiraan pembelanjaan dan anggaran

Memiliki sejarah aset yang lengkap, dari akuisisi hingga akhir masa pakai dapat memberikan dasar untuk penilaian yang akurat dalam memperoleh aset masa depan. Penggunaan asset management unit dapat membantu penataan pengeluaran dan anggaran bisnis di masa depan.

Jika kalian sedang mencari software manjamen aset yang dapat mengikuti perkembangan bisnis, anda bisa memilih software ERP aset manajemen opensource yang sudah disediakan Kosta Consulting. Hubungi kami mengenai aset manajemen melalaui no telpon atau whatsapp yang sudah tersedia di website kami.

en_US
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini