PENTINGNYA ERP UNTUK KAWASAN BERIKAT

IT INVENTORY, ERP INVENTARIS, SOFTWARE ERP INVENTORY
IT INVENTORY, ERP INVENTARIS, SOFTWARE ERP INVENTORY

Telah ditetapkan peraturan mengenai Kawasan berikat mengenai IT inventory atau ERP Sistem oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai ( DJBC ). Dengan jangkauan Perusahaan yang menggunakan fasilitas :

  • Pembebasan
  • Pengembalian
  • Kawasan Berikat
  • Gudang Berikat
  • Toko Bebas Bea

Diwajibkan untuk menggunakan IT inventory atau ERP yang sudah ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai ( DJBC ).

Peraturan dibuat ditujukan agar perusahaan-perusahaan tersebut tidak lagi melakukan laporan secara manual. Pada tanggal 1 Januari 2019 peraturan dari DJBC ( Direktorat Jenderal Bea dan Cukai ) sudah diberlakukan, serta tidak menerima laporan secara manual sehingga bisa membuat barang yang akan di ekspor-impor tertahan. Maka dari itu diperlukan sistem IT inventory yang bisa berjalan secara langsung atau real live, agar bisa dilakukan pengecekan langsung dari pihak DJBC.

*Baca juga Persyratan ERP sistem menurut DJBC ( Direktorat Jenderal Bea dan Cukai )

SOFTWARE ERP MENJADI SOLUSI UNTUK KAWASAN BERIKAT

Software ERP yang bisa melakukan kegiatan secara langsung, dan dapat dimonitor serta diterapkan sudah pasti menjadi solusi yang tepat untuk perusahaan-perusahaan yang termasuk dari kawasan berikat.

  • Memudahkan dan Mempersingkat waktu

Dengan adanya sistem ERP dapat memudahkan perusahaan yang termasuk kawasan berikat untuk pembuatan laporan PEB ( Pemberitahuan Ekspor Barang ), PIB ( Pemberitahuan Impor Barang ) serta surat pelengkap lainnya, dimana tidak diperlukan lagi cara manual pembuatan PEB, PIB dan surat lainnya untuk mendapatkan SPPB ( Surat Persetujuan Pengeluaran Barang ).

Berikut adalah contoh software atau aplikasi yang biasa dipergunakan oleh perusahaan dalam pembangunan IT Inventory:
a. Compiere
b. JAVA
c. Oracle
d. SAAP
e. BAAN
f. PHP
g. Visual basic
h. Software dengan platform database lainnya

Serta membantu juga untuk mempercepat kinerja dan pelayanan yang terbaik untuk perusahaan-perusahaan yang membutuhkan layanan untuk persetujuan dokumen dokumen penting lainnya.

  • Memudahkan Pengelolaan Persediaan Barang

Perusahaan yang menggunakan IT Inventory atau Software ERP inventori dapat dimudahkan dalam hal pengelolaan persediaan barang, dan memudahkan perusahaan dalam menghasilkan informasi bagi stakeholder termasuk DJBC.

  • Mendapatkan Prioritas Pelayanan

Dengan menggunakan IT inventory atau software ERP untuk invetaris, perusahaan yang termasuk dalam kawasan berikat memperoleh peningkatan pelayanan sesuai profil dan kriteria pemenuhan persyaratan IT Inventory.

en_US
id_ID en_US