Software Akuntansi Terbaik Bagi Perusahaan

Software akuntansi terbaik, apakah ada? Kemajuan teknologi saat ini sangat membantu perusahaan dalam menjalankan roda bisnisnya. Berbagai terobosan dilakukan demi mempermudah efisiensi dan efektivitas penerapan tata kelola organisasi. Terlebih didalam keadaan yang dinamis seperti saat ini, ada banyak software akuntansi terbaik bagi perusahaan yang dapat dipilih.


Terminologi “terbaik” memang terasa bias dan subyektif. Karena tiap-tiap organisasi yang berbentuk badan usaha memiliki alurnya sendiri. Bahkan meski sudah tersertifikasi secara internasional pun, bisa saja sebuah software yang banyak digunakan oleh badan usaha lain, justru tidak cocok digunakan oleh perusahaan yang sedang anda pimpin. Sehingga lebih baik untuk mencari software akuntansi terbaik bagi perusahaan anda dengan melihat lebih dalam. Lihat berbagai kelebihan dan kecocokan yang dimiliki oleh software tersebut.
Salah satu hal utama yang menjadi penentu adalah jenis usaha. Berbeda jenis usaha tentu saja berbeda pula kebutuhan dan prioritasnya. Kemudian, skala usaha yang dijalankan menjadi hal yang juga penting. Kedua hal tersebut menjadi penentu awal bagaimana anda menilai kecocokan dan memilih software akuntansi mana yang terbaik untuk digunakan.


Bentuk badan usaha yang anda miliki juga menjadi komponen penentu. Apakah masih merupakan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), CV, firma atau sudah menjadi Perseroan Terbatas atau PT. Karena sudah ada aturan baku yang menentukan bagaimana masing-masing bentuk usaha tersebut mengelola tata keuangan, terutama terkait dengan sektor pajak.

Masing-masing jenis usaha memiliki komponen perhitungan pajak yang berbeda, termasuk faktur dan pelaporannya. Sehingga tidak bisa disamaratakan kebutuhan akan software akuntansi, yang cocok digunakan oleh perusahaan yang anda pimpin. Belum lagi bagaimana program yang digunakan dapat membantu, juga bergantung pada kemampuan tim yang anda pimpin.

Tim dengan tingkat mobilitas tinggi tentu memiliki kemampuan mengelola data yang berbeda dengan anggota tim yang memiliki banyak waktu untuk duduk berjam-jam di meja kerja. Mobilitas dari tiap anggota tim inilah yang harus mendapat perhatian juga, sebelum anda menyatakan mana software akuntansi terbaik yang layak untuk digunakan.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh masing-masing program akuntansi pun walau terlihat mirip, sebenarnya memiliki banyak perbedaan. Apalagi jika tim di perusahaan anda sudah terbagi dalam beberapa divisi. Apakah fitur yang ditawarkan dapat mengintegrasikan seluruh alur data dari seluruh divisi tersebut?

Jangan lupa untuk memperhatikan spesifikasi perangkat komputer perusahaan anda. Fitur yang mumpuni jika tidak dapat dijalankan pada perangkat yang anda gunakan, tentu akan mubazir bukan?
Selain daripada itu, perhatikan juga bagaimana kebutuhan yang dimiliki oleh klien dari perusahaan anda. Ada beberapa institusi yang mewajibkan pihak vendor menggunakan sistem dari software yang digunakan oleh perusahaan mereka. Jangan sampai anda harus menggunakan dua software berbeda yang memiliki fitur serupa karena terlanjur tidak memperhatikan hal ini.

Jika anda ingin mengkonsultasikan software akuntansi yang paling cocok untuk kebutuhan perusahaan anda, silakan hubungi kami di layanan kontak berikut. Kami akan membantu anda mengefisiensikan proses kerja, sesuai dengan kebutuhan dan tata kelola perusahaan yang anda pimpin.

en_US
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini