SOLUSI SOFTWARE PERUSAHAAN KONSTRUKSI

Sistem ERP menjadi salah satu solusi untuk perusahaan konstruksi, membantu untuk mengoptimalkan alur kerja antar divisi yang berbeda atau disetiap departemen dan profitabilitas perusahaan dengan standarisasi serta konsolidasi proses produktivitas karyawan di perusahaan terkait.

Berikut adalah beberapa modul ERP yang sering gunakan untuk perusahaan konstruksi :

1. Project Management

Project Management atau manajemen proyek menjadi bagian paling vital dalam menjalankan bisnis atau di perusahaan konstruksi. di dalam modul ERP manajemen proyek mempunyai beberapa fase atau proses penting untuk perusahaan konstruksi, seperti :

  • Planning

Didalam ERP Project Management atau manajemen proyek, dapat melakukan perencanaan pada saat akan melakukan kegiatan pembagian tugas di lapangan. Tidak hanya itu didalam perencanaan pun bisa membantu untuk memudahkan para pekerja serta divisi departemen lainnya.

  • Anggaran/Biaya

Project Management ERP pun terdapat juga Anggaran, anggaran yang dimaksud adalah melakukan estimasi biaya pembelian material, mengatur pembiayaan yang keluar, membuat tagihan, serta mengatur anggaran gaji masing-masing karyawan.

  • Kontrak

Didalam manajemen proyek, kontrak menjadi hal yang penting juga, karena bisa memudahkan para kontraktor untuk membuat, mengubah serta memantau batas waktu yang sudah dijanjikan dalam kontrak tersebut hanya dalam satu sistem. Tanpa harus melakukan secara manual.

  • Pengawasan

Didalam pengawasan dalam setiap proyek, user yang berwewenang di dalam divisi terkait bisa melakukannya dalam satu sistem, pengawasan ini bisa berupa, alur pekerjaan, apakah ada masalah atau tidaknya dalam proyek. Sekaligus untuk meminimalisir terjadinya human eror yang berakibat proyek menjadi mandek atau macet ditengah jalan.

  • Report​

Laporan menjadi hal penting untuk menganalisa setiap proses dalam suatu perusahaan tidak terkecuali untuk perusahaan konstruksi, pembuatan laporan bisa dilakukan secara otomatis tanpa melakukan secara manual yang memerlukan banyak waktu hingga resiko seperti kehilangan dokumen atau rusak.

2. CRM

Sistem CRM ( Customer Relationship Management ) merupakan salah satu sistem yang berkaitan dan diperlukan perusahaan khususnya dibidang konstruksi, Manfaat CRM bagi perusahaan ini dapat membantu untuk meningkatkan tingkat pelayanan kepada klien. Contohnya seperti : Mengerti apa yang dibutuhkan klien ( Customer Relationship ) dengan tujuan agar bisnis dan proyek bisa berlanjut kembali dengan jangka panjang. Dapat menentukan nilai KPI ( Key Performance Indicator ) dan KBI ( Key Behaviour Indicator ) dengan indicator penilain langsung dari pelanggan atau klien.

Baca Juga Apa itu CRM dan Manfaatnya

Lalu apa saja fitur-fitur yang tersedia pada sistem CRM ( Customer Relationship Management ), berikut adalah fitur yang tersedia pada sistem CRM :

  • Sales Pipeline Management

Sales Pipeline Management dapat membantu setiap perusahaan untuk menganalisa serta mengetahui skala peluang yang akan didapatkan. fitur ini bisa membantu perusahaan untuk mencapai target penjualan dan melihat prediksi terhadap naik turunya profitabilitas, sesuai dengan target dari masing-masing perusahaan.

  • Contact & Lead Management

Contact & lead management perangkat lunak yang didukung oleh kekuatan otomatisasi pemasaran, pemasaran email, dan perangkat lunak halaman arahan, semuanya dalam satu layanan yang terjangkau. dapat mengumpulkan semua database calon pelanggan,

Abadikan dan lacak aktivitas lead, secara progresif profil lead Anda seiring waktu dengan konversi bentuk, aktivitas email, aktivitas obrolan langsung, dan lainnya. Pelihara arahan Anda melalui saluran penjualan Anda.

  • Support Management

Software CRM yang bisa menjadi pendukung untuk marketing melakukan pengecekan data, kontrak, pembuatan kontrak dan laporan dengan mudah tanpa harus melakukan secara manual.

3. Inventory Management

Melakukan pengecekan inventaris perusahaan, mengolah setiap data ketika setiap ada pergantian barang atau barang yang dibeli, hal ini untuk pemeriksaan kelengkapan barang dan meminimalisir terjadinya kehilangan barang. Melakukan pelacakan ( tracking ) dalam setiap peralatan perusahaan konstruksi.

Selain itu software manajemen inventaris dapat membantu perusahaan konstruksi untuk memastikan ketersediaan bahan material dan peralatan konstruksi yang akan mereka gunakan, memudahkan untuk menemukan supplai untuk perusahaan, dapat mengidentifikasikan serta menganalisa untuk pembelian barang yang bisa untuk menaikan profitabilitas perusahaan. Meningkatkan tingkat stok barang, serta terdapat dukungan multi-location.

4. Akuntansi

disetiap Perusahaan pasti membutuhkan akuntan atau memerlukan adanya akuntansi, dimana hal tersebut bisa menentukan pergerakan perusahaan kedepannya, memanajemenkan keuangan dan memforsir kerugian serta meningkatkan keuntungan tapi apakah masih diperlukan pembuatan laporan secara manual ? yang bisa beresiko untuk kedepannya, dimana file bisa rusak, atau kertas bisa dengan mudah sobek, dengan adanya sistem atau software akuntansi untuk perusahaan kontraktor membantu mengelola akun harian, mengontrol pengeluaran, memproses tagihan dan pembayaran, membayar pajak, dan menghasilkan berbagai jenis laporan keuangan dengan otomatis tanpa diperlukan atau dilakukan secara manual.

Manajemen Penagihan: Membantu perusahaan untuk mengirimkan pengingat waktu tenggat pembayaran kepada klien secara otomatis

Manajemen Pajak: Membantu perusahaan mengidentifikasi dan mengelola pajak dengan mudah

Manajemen Pembayaran: Memproses berbagai pembayaran dari klien dan memonitor status pembayaran secara otomatis

Manajemen Faktur: Memungkinkan perusahaan untuk membuat faktur berulang yang dipersonalisasi untuk klien yang berbeda

software untuk laporan keuangan kontraktor atau Manajamen Laporan keuangan: Mengizinkan perusahaan untuk membuat berbagai jenis laporan keuangan yang akurat seperti laporan laba rugi, arus kas, perubahan modal, dan lainnya

5. HRM

Tanpa adanya kayawan maka perusahaan akan kehilangan aset berharganya, dimana setiap karyawan berperan penting dalam setiap divisi dan menjadi ujung tombak perusahaan, khususnya perusahaan dibidang jasa konstruksi. Dengan adanya software HRM perusahaan dapat dengan mudah mengelola gaji karyawan, memantau absensi kehadiran setiap karyawan, mengelola cuti, mempermudah juga untuk rekrutmen terhadap karyawan baru sesuai dengan kategori yang diinginkan perusahaan.

SEMUA DALAM SATU SOFTWARE ERP ( CRM, HRM, PROJECT MANAGEMENT ) All In One

Sedang mencari software perusahaan konstruksi yang dapat terintegrasi dengan software lainnya seperti CRM, HRM dan project Management ? Kami Kosta consulting hadir menjadi solusi software untuk perusahaan konstruksi di Indonesia. Semua terdapat dalam satu software ERP ( Enterprise Resource Planning ) kontraktor terbaik . Hubungi kami segera dan konsultasikan setiap kebutuhan ERP untuk perusahaan konstruksi sesuai dengan kebutuhan anda, dapat menguhubungi kami melalui WA : 0821-2228-2266 atau 021-221-24384. Dapatkan penawaran harga harga software kontraktor terbaik hanya di kosta consulting.com

Baca Juga 10 hal yang perlu Anda Ketahui Tentang ERP iDempiere

en_US
id_ID en_US