Apa Itu Me Time dan Manfaatnya untuk Kesehatan Mental?

Meskipun manusia merupakan makhluk sosial, tetapi waktu sendiri atau yang biasa disebut me time juga sangat penting untuk kesehatan mental. Sayangnya, masih banyak yang belum tahu apa itu me time

Berada di antara banyak orang memang menyenangkan, tetapi hal itu terkadang menimbulkan kekhawatiran tertentu, seperti khawatir tentang apa yang orang pikirkan tentang Anda. 

Apa Itu Me Time?  

Me time adalah momen di mana Anda meluangkan waktu untuk diri sendiri saja. Me time dapat memberikan Anda kesempatan untuk terlepas sementara dari tekanan sosial, sehingga Anda dapat merenungkan pikiran, perasaan, dan pengalaman Anda sendiri. 

Dengan begitu, maka Anda dapat mengenal diri sendiri secara mendalam dan membuat perencanaan ke depan dengan lebih baik. Asyiknya lagi, Anda tak perlu memikirkan reaksi orang lain, karena tidak ada orang yang dikenal di sekitar Anda.  

Perlu diingat bahwa me time berbeda dengan kesepian. Jika kesepian berhubungan erat dengan perasaan negatif seperti isolasi, maka lain halnya dengan me time yang bisa membuat Anda menemukan kebebasan dan inspirasi yang menyegarkan.          

Manfaat Me Time untuk Kesehatan Mental     

Me time tentu memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan mental, antara lain: 

Eksplorasi Diri   

Me time dapat memberikan Anda waktu luang untuk benar-benar mengeksplorasi hasrat terdalam diri sendiri tanpa gangguan. Dengan begitu, maka Anda bisa mencari tahu tentang hal-hal yang Anda sukai, mencoba banyak hal baru, dan mengekspresikan diri sebebas mungkin.  

Memiliki waktu untuk diri sendiri sangat penting untuk pertumbuhan dan pengembangan pribadi. Alih-alih mengkhawatirkan pendapat, kebutuhan, dan minat orang lain, inilah waktunya Anda fokus pada diri sendiri.  

Kreativitas  

Ketika Anda menyendiri, maka Anda membiarkan pikiran Anda untuk mengembara, sehingga dapat mengembangkan kreativitas lebih jauh tanpa gangguan dari luar.   

Di dalam jurnal Nature Communications (2020), para peneliti menemukan bahwa kesengajaan untuk menyendiri mampu meningkatkan aktivitas di sirkuit saraf otak yang berhubungan dengan imajinasi. Minimnya rangsangan eksternal dalam proses menyendiri membuat otak jadi lebih kreatif. 

Energi Sosial 

Meski hidup sendirian sering dianggap negatif, tetapi para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang hidup sendirian ternyata lebih kaya energi sosial daripada orang yang hidup bersama orang lain.   

Pernyataan itu didukung oleh sosiologis Eric Klineberg di dalam bukunya yang berjudul Going Solo: The Extraordinary Rise and Surprising Appeal of Living Alone (2012). Ia menemukan bahwa 1 dari 7 orang dewasa di Amerika Serikat tinggal sendirian dan memiliki kehidupan sosial yang lebih tinggi.  

Kapan Me Time Dibutuhkan? 

Anda membutuhkan me time apabila Anda merasakan setidaknya 1 dari hal-hal di bawah ini: 

  • Mudah marah 
  • Mudah tersinggung karena hal kecil 
  • Kehilangan minat untuk beraktivitas dengan orang lain 
  • Cemas untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang lain 
  • Kewalahan 
  • Sulit berkonsentrasi 

Cara Menikmati Me Time 

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menikmati me time dengan bermanfaat, seperti membaca buku yang berfaedah, menonton film atau serial favorit, melukis, menulis cerpen atau bahkan novel, jalan sore, dan lain-lain. 

Nah, agar Anda benar-benar menikmati me time tersebut, lakukanlah langkah-langkah di bawah ini: 

  • Merencanakan apa saja yang akan Anda lakukan selama me time,   
  • Cari tempat me time yang Anda sesuai dan pastikan waktunya tidak bentrok dengan jadwal Anda yang lain, 
  • Beritahu orang-orang penting di sekitar Anda, seperti keluarga, bahwa Anda akan menikmati me time, agar mereka tidak mengusik waktu sendiri Anda,   
  • Agar lebih fokus dengan diri sendiri, nonaktifkan media sosial untuk sementara waktu, 
  • Nikmati me time Anda.   

Kesimpulan 

Meskipun sendirian sering dianggap sebagai hal yang negatif, tetapi manusia ternyata membutuhkan waktu sendiri atau yang biasa disebut me time untuk mengeksplorasi diri, meningkatkan kreativitas, dan mendapatkan energi sosial yang lebih tinggi. 

Saat Anda menikmati me time, maka Anda akan merasa terbarui, mendapatkan banyak inspirasi segar, dan mendapatkan energi sosial untuk kembali ke lingkaran sosial Anda.     

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini