Apa Itu Proxy dan Fungsinya? Bisa Bebas Berinternet?

Akses internet secara bebas di masa kini terbilang rawan pelanggaran keamanan data dan pencurian identitas. Maka dari itu, banyak yang menggunakan proxy untuk berjaga-jaga. Sayangnya, belum banyak yang tahu apa itu proxy dan fungsi proxy

Proxy berguna untuk menyimpan dan menyembunyikan identitas asli pengguna saat berselancar di internet. Hal ini dapat menghindarkannya dari pencurian dan penggunaan datanya secara tidak sah. 

Apa Itu Proxy? 

Sebelum mengetahui proxy itu apa, mari pahami dulu tentang IP Address. Setiap saat pengguna mengakses website, maka internet secara otomatis akan memberikan Internet Protocol (IP) Address. Alamat ini dapat mengidentifikasi ke mana server harus mengirimkan informasi (email, foto, data website, kota, negara, dan lain-lain). 

Tanpa IP Address, pengguna tidak bisa menggunakan perangkat untuk beraktivitas secara online. Meski begitu IP Address memiliki sejumlah kekurangan, yaitu:

  • Bisa digunakan untuk memblokir akses pengguna.
  • Bisa digunakan untuk mengidentifikasi nama pengguna dan informasi lainnya dari mana saja. 
  • Jika digunakan seorang hacker, maka bisa menjadi ancaman yang nyata dan serius. 

Lantas, proxy itu apa? Proxy adalah sistem yang memungkinkan pengguna untuk mengakses jaringan internet dengan IP Address yang berbeda dengan yang diterima perangkatnya. 

Jadi, pengguna tetap menggunakan jaringan internet yang biasa digunakan dan menghubungkannya ke proxy server. Apakah yang dimaksud dengan proxy server? Apa pengertian dari proxy server adalah server yang menyambungkan atau menghalangi koneksi antara pengirim dan penerima data. 

Ketika ada data yang masuk lewat satu port, maka data itu akan dilanjutkan ke semua jaringan lewat port lain. Nah, fungsi proxy adalah untuk memblokir akses langsung antara dua jaringan, sehingga menyulitkan hacker untuk memperoleh berbagai data pribadi.       

Fungsi Proxy 

Lalu, apa fungsi dari proxy server? Ini dia fungsi proxy yang sangat bermanfaat bagi para pengguna internet: 

Meningkatkan Keamanan   

Saat menggunakan proxy server, maka IP Address dari proxy yang akan tercatat. Dengan demikian, proxy dapat menghalangi website untuk mencatat IP Address pribadi. Sederhananya, pengguna dapat berselancar di internet secara anonimus.   

Memantau Traffic 

Proxy bisa memantau akses dan traffic para penggunanya. Fungsi ini umum digunakan di lembaga pendidikan dan perusahaan untuk mencegah penyalahgunaan internet.  

Mengakses Website yang Diblokir

Tak sedikit website yang diblokir oleh pihak berwenang dengan berbagai alasan. Nah, proxy dapat menyembunyikan IP Address dan pengguna bisa menggunakan IP Address dari proxy server untuk mengakses website tersebut dengan bebas.   

Jenis Proxy 

Meski sama-sama membantu pengguna untuk berselancar di internet dengan bebas, ternyata proxy terbagi atas beberapa jenis dengan cara kerja yang berbeda-beda, yaitu: 

1. Transparent Proxy

Proxy ini bersifat sebagai perantara antara pengguna dan penyedia konten tanpa menyembunyikan IP Address. Ketika pengguna mengirimkan permintaan ke web server, proxy akan menengahi permintaan itu untuk menyimpan cache, redirect, dan authentication.  

2. Anonymous Proxy

Jenis proxy ini menyembunyikan IP Address dari website dan mengaktifkan enkripsi di sisi pengguna. Dengan begitu, data personal pengguna akan tetap terjaga dan aman. 

3. Distorting Proxy

Selain bekerja seperti anonymous proxy, distorting proxy juga menggunakan IP Address palsu, sehingga pengguna bisa mengakses website yang diblokir pihak berwenang dari ‘lokasi’ yang berbeda.  

4. High Anonymity Proxy

Proxy ini mampu mengacak IP Address yang terhubung ke internet secara berkala. Dengan begitu, IP Address asli pengguna akan sangat sulit untuk terlacak. Server yang dituju pun tak bisa mendeteksi bahwa pengguna menggunakan proxy

Opsi yang Bukan Jenis-jenis dari Proxy adalah Apa?

Tak sedikit orang yang menyamakan opsi lain untuk membuka situs yang diblokir dengan proxy, padahal opsi itu bukanlah jenis proxy. Nah, yang bukan jenis-jenis dari proxy di antaranya adalah virtual private network (VPN) dan wayback machine

VPN dikonfigurasi di level sistem operasi, sedangkan proxy dikonfigurasi per aplikasi. VPN menyembunyikan IP Address dengan mengubah jalur koneksi lewat penyedia VPN, sehingga lokasi pengguna terdeteksi berasal dari negara VPN itu. Sementara proxy mengganti IP Address dengan IP Address miliknya, sehingga aktivitas itu tampak datang dari IP Address milik proxy, bukan pengguna.    

Sementara wayback machine sendiri merupakan situs yang menyimpan aneka versi lama dari berbagai situs, yang bisa kembali dikunjungi di masa kini, termasuk situs yang kini telah diblokir.   

Proxy Server yang Populer Saat Ini adalah Apa? 

Lantas, proxy server yang banyak digunakan dan populer saat ini adalah apa? Cek daftarnya di bawah ini: 

Squid Proxy

Proxy server yang populer saat ini adalah Squid Proxy. Selain gratis, proxy ini juga mendukung Internet Cache Protocol (ICP). Dengan demikian, pengguna bisa bertukar data dengan cache lainnya. 

Cara mencari Squid Proxy yang work alias aktif adalah:  

  • Buka salah satu situs penyedia Squid Proxy, seperti gatherproxy;
  • Pilih salah satu Squid Proxy yang disediakan; 
  • Setelah mendapatkan proxy, cek proxy itu di situs situs microify; 
  • Masukkan Squid tersebut di kolom yang tersedia;  
  • Jika IP Address-nya terlihat hijau, berarti aktif;  
  • Selesai.   

Itulah cara mencari Proxy Squid yang cepat dan praktis. 

Proxysite

Proxy ini menawarkan beberapa server untuk mengakses internet. Dengan proxy yang bagus ini, Anda dapat memilih aneka server dari Amerika Serikat dan Eropa, memblokir iklan, mengizinkan cookies atau tidak, dan menghapus script.  

HideMyAss

Meskipun dikenal sebagai penyedia VPN, tetapi HideMyAss juga menawarkan layanan proxy server gratis. HideMyAss juga menawarkan opsi keamanan untuk koneksi proxy untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Mulai dari sekadar browsing, streaming konten HD, bermain game, dan masih banyak lagi.  

KProxy

Cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi selanjutnya adalah dengan KProxy.  Penggunanya dapat memilih dari 10 server secara manual dan mengubahnya kapan pun sesuai kebutuhan. Dengan demikian, apabila pengguna kehilangan akses di 1 server, pengguna masih bisa menggunakan server lainnya. 

Cara Membuka Situs yang Diblokir tanpa Aplikasi  

Kini ada banyak cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi, antara lain: 

1. Proxy 

Cara membuka situs yang diblokir dengan web proxy kini banyak ditemukan di Google. Apa fungsi dari proxy server adalah meningkatkan keamanan pengguna dan membuka website yang diblokir tanpa VPN. Gunakan IP proxy untuk membuka situs yang diblokir dan Anda bisa berselancar dengan bebas di internet.  

2. Ekstensi VPN 

Selanjutnya, pengguna internet juga bisa menggunakan ekstensi VPN yang tersedia di Google Chrome. Ketik dan buka Chrome Store di Google. Lalu cari free VPN. Pilih opsi Add to Chrome dan tunggu sampai unduhan selesai. Untuk mengaktifkannya, klik ekstensi VPN itu dan pilih opsi Activate.  

Namun, ekstensi VPN yang gratis biasanya memiliki sejumlah keterbatasan, termasuk waktu akses. Untuk akses yang tanpa batas, gunakan VPN berbayar. 

3. Wayback Machine 

Wayback machine menyimpan versi lama dari berbagai situs, termasuk berbagai situs sebelum diblokir (yang kini telah diblokir). Caranya:  

  • Buka situs Internet Archive;
  • Ketik situs yang diinginkan di kotak pencarian;
  • Pilih tanggal, bulan, dan tahun yang diinginkan;
  • Klik tangkapan layar (screenshot) yang ingin dilihat;
  • Arsip digital yang dipilih akan muncul. 

Kesimpulan 

Apa itu proxy server adalah server yang dapat digunakan untuk membuka berbagai website yang diblokir dengan bebas tanpa cemas bahwa data akan dicuri dan disalahgunakan. Ada banyak proxy server yang bisa digunakan, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Pilihlah sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda.   

en_US
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini