Business Intelligence, Pengertian Serta Manfaat

business intelligence, software BI, ETL, aplikasi business intelligence

Apa itu Business Intelligence (BI)?

Business Intelligence adalah sebuah proses dalam bisnis yang berbasis digital atau teknologi yaitu bertujuan untuk menganalisa data bisnis serta menyajikan data dalam bentuk informasi, tentunya informasi yang ditampilkan mudah untuk dipahami dan akurat sehingga Business Intelligence bisa menjadi pengambil keputusan yang tepat untuk bisnis.

Berikut adalah Fitur dan Kemampuan Business Intelligence :
– Jenis Platform BI
– Sumber Data yang Didukung
– Pelaporan Standar
– Pelaporan Ad-Hoc
– Laporkan Output dan Penjadwalan
– Penemuan dan Visualisasi Data
– Kontrol Akses dan Keamanan
– Kemampuan Mobile
– API / Penyematan

PROSES BUSINESS INTELLGENCE

Setiap bagian perusahaan pasti memiliki OLTP dari divisi masing-masing dari Financial, Sales, CRM dan HRD namun untuk menjadikan sebuah laporan data pastinya akan membutuhkan data yang terlalu banyak dari masing-masing OLTP per-divisi yang akan diambil, hal ini akan menyebabkan data yang tidak teratur dan tidak menjadi solusi untuk menjadikan laporan yang baik. Karena tidak begitu efisien maka tebentuklah sebuah proses ETL (Extract, Transform and Load) yaitu dengan mengambil data yang diperlukan dan melewati proses re-format data, contoh: data yang diperlukan adalah financial dan HRD maka data tersebut akan dianalisis, sebelum dianalisis data tersebut akan melewati suatu proses ETL dan dimasukkan kedalam data warehouse kemudian ditampilkan atau dikonversikan menjadi data yang disajikan atau bisa disebut sebagai Solusi BI.

Manfaat Business Intelligence Untuk Perusahaan

Manfaat dari business Intelligence selain memberikan dampak dan kekuatan baru pada suatu perusahaan BI juga dapat mengubah cara untuk menjalankan bisnis yang sudah dirintis. Berikut adalah manfaat dari BI :

  • Membantu para pebisinis untuk mendapatkan informasi akurat sehingga keputusan yang dibuat berdasarkan oleh data yang terkait, bukan berdasarkan insting.
  • Dapat mengidentifikasikan potensi serta peluang baru dalam bisnis dengan data yang dihasilkan, tentunya yang masih berkaitan dengan bisnis anda.
  • Selain memberikan data dan hasil laporan yang akurat menggunakan software Business Intelligence juga dapat mengelola dan memanajemenkan persediaan bisnis dengan baik.
  • Memberikan laporan bisnis dengan waktu yang cepat tanpa harus menunggu lama, ini menjadi solusi untuk menghemat waktu anda.

Nah bagaimana apakah bisnis anda sudah menggunakan BI dan menerapkan data warehouse serta ETL sebagai solusi untuk mentransformasikan laporan?

Hubungi kami untuk konsultasikan kebutuhan business anda, Kosta Consulting siap membantu anda.

id_ID
en_US id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini