Pentingnya Harga Diri yang Tinggi, Bukan Arogansi

Memiliki harga diri yang tinggi (high self-esteem) sering dikaitkan dengan arogansi. Padahal harga diri sangat penting untuk kehidupan yang bahagia dan sukses.  

Meski begitu, memang harga diri yang terlalu tinggi dapat memberikan dampak yang berbahaya. Simak penjelasan di bawah ini untuk membangun harga diri yang cukup tinggi, tetapi tidak terlalu tinggi.   

Pengertian Harga Diri 

Sebelum memiliki harga diri yang cukup tinggi, mari pahami terlebih dahulu apa itu harga diri. Menurut The American Psychological Association, harga diri adalah sejauh mana seseorang menganggap kualitas dan karakteristik di dalam dirinya positif. Sederhananya, harga diri adalah menghargai dan menyayangi diri sendiri.    

Memiliki harga diri ini termasuk memberikan rasa hormat pada diri sendiri dan percaya pada kemampuan diri serta otonomi untuk memutuskan dan melakukan berbagai hal untuk diri sendiri. Ini berarti Anda menganggap ide, perasaan, dan pendapat Anda berharga. 

Manfaat Harga Diri yang Tinggi 

Dengan harga diri yang tinggi, Anda dapat secara umum menganggap diri Anda positif. Meski begitu, ini tidak berarti menganggap diri sendiri sempurna atau selalu memikirkan diri sendiri saja. 

Sebaliknya, orang dengan harga diri tinggi dapat mengkritik dirinya sendiri dan segera melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. 

Oleh karena itu, harga diri yang cukup tinggi adalah kunci dari kesehatan mental dan kesejahteraan diri sendiri. Dengannya, Anda dapat mengembangkan berbagai kemampuan, termasuk mengatasi masalah, menangani kesulitan, dan melihat hal negatif dari perspektif yang berbeda. Nah, berikut ini adalah deretan manfaat lainnya yang bisa diperoleh dari harga diri yang tinggi:  

Mengembangkan Perilaku Prososial  

Perilaku prososial (perilaku yang menguntungkan orang lain, seperti kemurahan hati dan empati), fleksibilitas, dan hubungan yang positif dapat lebih mudah berkembang pada orang yang memiliki high self-esteem

Penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi harga diri seseorang, maka semakin tinggi juga tingkat perilaku prososialnya. Penelitian ini juga menyimpulkan bahwa harga diri adalah salah satu alasan utama seseorang melakukan perilaku sosial. 

Mengatasi Stres  

Perilaku prososial di atas bisa mengurangi dampak negatif stresor di dalam kehidupan sehari-hari, sehingga membantu Anda untuk mengatasi stres dengan lebih efektif. 

Beberapa penelitian juga menemukan hubungan positif antara high self-esteem dengan motivasi untuk mencapai tujuan dan pengendalian diri, yang tentunya sangat penting di dunia kerja.    

Meningkatkan Kesejahteraan Hidup 

High self-esteem juga membuat Anda merasa puas dengan kehidupan dan mampu untuk mempertahankan sikap yang baik di dalam situasi yang menantang. Dengan begitu, high self-esteem bisa menjaga kondisi kesehatan mental.   

Perbedaan High-Self Esteem dan Arogansi   

Arogansi adalah konsep diri yang menyimpang dari kenyataan, sehingga menjadi kekuatan yang dominan di dalam hidup seseorang. 

Meski sering dianggap sebagai perkembangan alami dari high self-esteem, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa arogansi sebenarnya datang dari citra diri yang buruk, perasaan malu, dan kemarahan yang diarahkan kepada diri sendiri. Semua ini diakibatkan rendahnya harga diri.    

Maka dari itu, orang yang arogan cenderung lebih rentan terhadap depresi, kecemasan, dan perasaan tidak berdaya. Ini berarti harga diri yang rendah malah dapat mengembangkan arogansi. 

Cara Meningkatkan Harga Diri 

Meningkatkan harga diri membutuhkan kemauan dan praktik terus-menerus. Lantas, bagaimana cara meningkatkan harga diri? 

Menerima Pujian 

Penelitian menunjukkan bahwa kesulitan menerima pujian berhubungan langsung dengan harga diri yang rendah. Alih-alih menangkis pujian, sebaiknya dengarkan dan berbahagialah untuk diri Anda.    

Istirahat 

Maafkan diri Anda atas setiap kesalahan yang pernah terjadi, karena pada dasarnya tidak ada orang yang sempurna. Selain itu, Anda juga perlu bersikap adil terhadap diri sendiri. Jika Anda merasa burnout, ambillah cuti beberapa hari untuk beristirahat tanpa memikirkan pekerjaan apa pun. 

Menyayangi Diri Sendiri secara Utuh 

Mungkin saja ada beberapa hal yang tidak Anda sukai dari diri sendiri dan Anda ingin mengubahnya agar jadi pribadi yang lebih baik. Namun, tetaplah sayangi dan hargai diri Anda. 

Sebelum mengubah beberapa hal tersebut, ingatlah bahwa Anda juga memiliki nilai-nilai yang membuat Anda unik dan berharga. Jika Anda memang ingin berubah, pastikan itu demi diri sendiri, bukan orang lain.  

Menulis Ucapan Syukur 

Tuliskan setiap hal positif yang terjadi setiap hari dan juga semua hal yang Anda sukai dari diri Anda, termasuk sifat positif, kualitas diri, serta berbagai pencapaian yang bisa Anda banggakan dan syukuri. Setiap kali Anda merasa sedih, baca lagi tulisan tersebut.     

Menganggap Diri Sendiri sebagai Sahabat 

Saat menanggapi curhatan sahabat, Anda cenderung bersikap lebih baik, sabar, menyemangati, dan mendukungnya. Nah, aplikasikan juga sikap-sikap tersebut kepada diri Anda. Agar lebih mudah, anggap saja diri Anda sebagai sahabat yang selalu membutuhkan dukungan Anda. 

Kesimpulan 

Harga diri yang tinggi adalah kunci dari kepuasan hidup. Hubungan Anda dengan diri sendiri merupakan hubungan yang paling penting, karena itulah yang bisa memupuk kepercayaan diri, motivasi, dan daya tahan untuk menjadi pribadi yang baik, di dalam kehidupan sehari-hari maupun dunia kerja. Lakukan sejumlah cara di atas untuk meningkatkan harga diri Anda. Jika Anda merasa kesulitan, maka silakan hubungi terapis terdekat untuk membantu Anda.  

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini