Kenali Jenis-Jenis Gudang dan Fungsinya

Gudang adalah ruangan besar yang digunakan oleh individu atau suatu badan usaha untuk menyimpan barang. Ada banyak jenis gudang yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan. 

Selain berdasarkan aneka tujuan yang berbeda, jenis gudang alias warehouse juga dibedakan berdasarkan karakteristik penyimpanannya masing-masing. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.     

Fungsi Gudang 

Di dalam perusahaan dagang, gudang merupakan aspek penting bagi kegiatan persediaan. Oleh karena itu, gudang memiliki berbagai fungsi penting, di antaranya: 

Fungsi Penyimpanan 

Dengan ruangan yang luas, gudang layak digunakan sebagai tempat penyimpanan aneka persediaan, termasuk bahan baku, barang setengah, dan bahan jadi. 

Fungsi Kepuasan Konsumen 

Fungsi gudang yang kedua ini bertujuan untuk memasok persediaan guna memenuhi kebutuhan konsumen dengan cepat dan tepat. Pengiriman yang cepat dan tepat nantinya akan memuaskan para konsumen.    

Fungsi Distribusi  

Gudang juga berfungsi untuk menampung barang setengah jadi dan barang jadi yang siap untuk didistribusikan ke pedagang lainnya maupun kepada konsumen akhir.       

Jenis Gudang Berdasarkan Tujuan  

Berdasarkan tujuan penggunaannya, gudang terbagi atas 4 jenis, yaitu: 

Gudang Pribadi 

Sesuai namanya, gudang pribadi dapat digunakan oleh individu untuk menyimpan sejumlah barang pribadi yang dianggap penting.  

Selain itu, gudang pribadi juga kerap dimiliki retailer atau reseller. Perusahaan ini menyimpan berbagai barang yang dikirim pemasok untuk didistribusikan ke beberapa reseller atau konsumen akhir.    

Gudang Publik  

Gudang publik bisa disewa oleh siapa saja  untuk kegiatan distribusi barang selama batas waktu tertentu. Gudang ini biasanya ditemukan di sekitar industri dan pabrik. 

Disebut juga gudang umum, gudang ini biasanya disewa untuk jangka pendek. Hal ini umumnya terjadi ketika perusahaan memperoleh permintaan produk yang lebih banyak daripada kapasitas gudangnya. 

Gudang Climate-Controlled 

Climate-controlled warehouse atau gudang dengan kendali iklim adalah gudang yang menyimpan aneka produk dengan penanganan khusus terkait suhu gudang. 

Gudang harus dijaga di suhu tertentu untuk menjaga kondisi barang yang disimpan. Gudang ini umumnya digunakan perusahaan makanan atau minuman. Contohnya yang umum ditemui adalah gudang daging mentah yang membutuhkan suhu yang sangat rendah.  

Distributor Center 

Distributor center atau kadang disebut sebagai gudang pusat ini digunakan untuk menyimpan produk sementara. Bisa dikatakan sebagai tempat distribusi singkat, gudang ini biasa digunakan saat ada banyak produk dari distributor yang harus segera dikirim ke banyak konsumen.   

Jenis Gudang Berdasarkan Karakteristik Penyimpanan 

Selain berdasarkan tujuan penggunaannya, gudang juga dibedakan berdasarkan karakteristik penyimpanannya, yaitu: 

Gudang Bahan Baku  

Sesuai namanya, jenis warehouse ini menyimpan  bahan baku, seperti pasir, logam, dan plastik. Berkaitan langsung dengan proses produksi, gudang ini umumnya terletak di dekat tempat produksi.  

Gudang Barang Setengah Jadi

Fungsi gudang ini adalah untuk menyimpan barang setengah jadi yang masih di dalam proses manufaktur. Ini termasuk barang yang telah melalui proses produksi awal, tetapi masih menunggu tahap produksi selanjutnya. Contoh: pembuatan essential oil yang belum dikemas dengan botol estetik.   

Gudang Hasil Produksi

Gudang hasil produksi dipakai untuk menyimpan barang jadi yang siap dijual ke para konsumen atau didistribusikan ke para pedagang lainnya.   

Gudang Pusat Transhipment

Gudang pusat transhipment dipakai untuk menerima banyak barang, yang kemudian dibagi menjadi beberapa bagian kecil untuk dikirim ke beberapa tujuan yang berbeda. 

Gudang Pusat Konsolidasi dan Transit

Jenis warehouse ini berfungsi untuk menerima barang dari berbagai pemasok lalu menggabungkannya untuk dikirim ke tangan setiap konsumen.    

Gudang Cross Docking

Jenis warehouse ini umumnya dibutuhkan perusahaan penyedia jasa ekspedisi sebagai   tempat pemindahan barang di dalam waktu yang singkat. Misalnya saat hendak memindahkan barang dari satu truk ke truk lainnya. 

Gudang Fulfillment

Gudang ini dibutuhkan untuk proses reverse logistics, tepatnya sebagai tempat penyimpanan barang di dalam proses retur alias pengembalian produk.  

Gudang untuk Kepentingan Publik

Jenis gudang ini dikelola oleh negara dan digunakan untuk kepentingan publik. Contohnya adalah gudang Badan Urusan Logistik (BULOG) untuk menyimpan beras atau barang bantuan bencana.  

Kesimpulan  

Ada banyak jenis gudang yang bisa digunakan sesuai kebutuhan setiap individu dan badan usaha. Bagi perusahaan dagang, gudang berperan penting di dalam proses manajemen persediaannya. 

Arus persediaan dan efisiensi penggunaan gudang berdampak langsung terhadap penjualan dan kepuasan konsumen.

Oleh karena itu, perusahaan dagang membutuhkan software ERP andal untuk merekam seluruh proses persediaan di gudang secara terintegrasi dengan proses operasional bisnis lainnya. Proses ini termasuk sales, finance, accounting, dan supply chain management.  

Tak perlu khawatir jika proses bisnis Anda terbilang unik, karena ERP iDempiere hadir untuk memenuhi keunikan tersebut. Selain itu, ERP iDempiere juga dapat digunakan tanpa batasan jumlah minimum (unlimited user). 

Terkait keamanannya, Anda tak perlu khawatir, karena ERP iDempiere diinstal di IaaS terpercaya, yaitu Amazon Web Services. Ingin mengenal ERP iDempiere lebih jauh? Hubungi Kosta Consulting di nomor 0821-2228-2266.   

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini