8 Jenis Tes HRD untuk Proses Rekrutmen

Di dalam proses perekrutan, ada beberapa jenis tes HRD yang perlu dilaksanakan agar dapat menemukan kandidat terbaik untuk diangkat sebagai karyawan. Tak hanya untuk menemukan karyawan terbaik, aneka tes HRD yang dilaksanakan juga bermanfaat untuk menentukan posisi yang tepat untuk setiap kandidat. 

8 Jenis Tes HRD yang Penting untuk Digunakan  

Melalui aneka macam tes HRD, perusahaan bisa memperoleh karyawan yang sesuai kebutuhan. Beberapa jenis tes HRD yang umum digunakan, antara lain:       

DISC Test 

DISC (Dominance, Influence, Steadiness, and Conscientiousness) test adalah rangkaian tes yang mewajibkan kandidat untuk memilih jawaban yang sesuai dengan karakternya. Dikarenakan caranya yang mudah, tes ini sekarang kerap dilakukan secara online. DISC test mengupas karakter, cara seseorang berkomunikasi dengan orang lain, dan tingkat stres saat berada di bawah tekanan.  

Kraepelin Test

Tes ini berisi deretan angka yang cukup banyak. Para kandidat akan diminta untuk menambah deretan angka sesuai kolom yang ada. Hasil tes ini mencerminkan tingkat ketelitian, ketahanan, dan kecepatan seseorang saat berada di bawah tekanan. 

Tes Grafis  

Tes grafis bisa mengungkapkan kondisi seseorang lewat gambar menggunakan tangannya sendiri. Contohnya: tes menggambar orang, pohon, dan grafologi. Meski hanya memerlukan sebuah kertas dan pensil, tetapi tes ini dapat menggambarkan citra diri dan intelegensi seseorang.  

EEPS (Edward’s Personal Preference Scale)

Tes HRD yang satu ini mampu menilai apakah kandidat dapat bersosialisasi, menyelesaikan masalah, berorganisasi, dan memiliki jiwa kepemimpinan.   

Tes Papikostik

Di dalam tes papikostik ini, kandidat perlu mengisi jawaban dari pertanyaan yang diajukan sesuai apa yang dirasakan atau dipikirkan. Pihak HRD kemudian bisa mengetahui kepribadian kandidat tersebut. 

Army Alpha Intelligence Test 

Tes ini terdiri dari 12 soal dengan deretan  kombinasi angka di dalam soal yang biasanya saling berkaitan satu sama lain. Tes ini berfungsi untuk menguji daya tanggap kandidat saat menerima perintah. Oleh karena itu, setiap kandidat harus fokus untuk memperhatikan perintah pengujinya.  

Rorschach Test 

Dengan kartu bergambar abstrak berwarna, tes ini bermanfaat untuk menguak pengalaman dan karakter terdalam dari setiap kandidat yang mengerjakannya. Setiap kandidat harus menjawab hal apa yang muncul di benak mereka saat melihat kartu–kartu yang ditampilkan.    

Sack’s Sentence Completion Test (SSCT)

Tes kepribadian ini digunakan di bidang psikologi dan kedokteran umum. Para kandidat wajib mengisi jawaban dari soal tes sesuai kondisi pikiran dan perasaan saat itu.  

Tes ini bisa menguak pemikiran seseorang dengan keadaan yang sedang terjadi di sekitarnya, termasuk dengan keluarga, rekan kerja, atasan, bawahan, dan bahkan hubungan sosial dengan teman-temannya.  

Kesimpulan 

Aneka jenis tes HRD di atas berfungsi untuk mengetahui kepribadian, potensi, serta kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual setiap calon karyawan.   

Pihak HRD tak harus menerapkan semua tes di atas kepada setiap kandidat karena akan memakan waktu yang sangat panjang. Demi efektivitas dan efisiensi proses rekrutmen, pihak HRD dapat menjalankan beberapa tes tertentu saja sesuai posisi yang sedang dibutuhkan.  

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini