7 Jenis Training untuk Karyawan demi Tingkatkan Kinerja

Ketatnya persaingan bisnis masa kini menuntut sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas untuk dapat memajukan bisnis perusahaan. Untuk meningkatkan kualitas SDM, dibutuhkan berbagai jenis training untuk karyawan. 

Meskipun setiap divisi menyediakan training atau pelatihan yang bersifat teknis dan spesifik sesuai posisi masing-masing, tetapi ada berbagai training dasar yang dibutuhkan oleh semua karyawan. 

4 Manfaat Training untuk Karyawan 

Ada sejumlah manfaat yang dapat diperoleh karyawan maupun perusahaan dari training yang diadakan, antara lain:   

Meningkatkan Produktivitas 

Dengan pelatihan yang baik dan benar, karyawan akan semakin produktif, sehingga dapat menyediakan barang atau jasa terbaik bagi para konsumen dan pelanggan.  

Menghindari Kerusakan

Pelatihan yang diberikan akan menambah keahlian dan keterampilan karyawan di dalam bekerja. Dengan demikian, maka risiko kerusakan mesin atau barang hasil produksi akan berkurang.     

Meningkatkan Moral  

Pelatihan SDM yang benar akan mendorong para karyawan untuk bersikap dengan moral yang lebih baik daripada sebelumnya. Dengan moral yang baik, maka suasana kerja pun menjadi lebih kondusif.    

Meningkatkan Kemampuan Teknis 

Setiap jenis training yang diadakan oleh setiap divisi tentu dapat meningkatkan kemampuan teknis setiap pesertanya. Hal ini tentu menguntungkan perusahaan karena dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas perusahaan.  

7 Jenis Training untuk Karyawan  

Training menjadi bekal yang penting untuk para karyawan baik untuk bekerja maupun untuk pengembangan pribadi masing-masing. Ada berbagai jenis training yang dapat diberikan kepada setiap karyawan, antara lain:   

Skill Training  

Skill training atau pelatihan keahlian merupakan jenis pelatihan yang bertujuan spesifik, yaitu untuk meningkatkan keahlian karyawan saat melakukan tugas-tugasnya. Untuk menjalankan training ini, kepala divisi terkait perlu menganalisis kebutuhan dan kekurangan para karyawan, sehingga bisa menyiapkan materi pelatihan yang tepat.       

Jika suatu hari nanti terdapat perubahan di dalam proses kerja atau proses bisnis divisi tersebut, maka dapat diadakan retraining (pelatihan ulang) untuk memperlengkapi para karyawan dengan keahlian baru yang dibutuhkan.  

Communication Training  

Komunikasi yang efektif dan lancar juga dibutuhkan di setiap proses bisnis. Hal ini sangat bermanfaat untuk menghindari miskomunikasi antar sesama karyawan, divisi, dan bahkan antara perusahaan dengan konsumen.   

Language Training 

Perdagangan bebas menuntut terjadinya interaksi antar bangsa, sehingga bahasa internasional menjadi kebutuhan semua karyawan. Bahkan tidak sedikit perusahaan lokal yang kini telah terhubung dengan perusahaan asing. 

Team Training 

Team training umumnya dilakukan di luar ruangan dengan menerapkan aneka jenis permainan yang bisa memperkuat kekompakan dan kerja sama di dalam tim kerja, sehingga bisa menjadi tim kerja yang efektif

Creativity Training 

Creativity training adalah pelatihan kreativitas yang memberikan ruang dan kesempatan bagi para karyawan untuk mengeluarkan gagasan secara bebas berdasarkan nilai rasional. Nah, gagasan itu nantinya bisa dikembangkan untuk membangun perusahaan.  

Technology Training 

Di era yang serba digital ini hampir semua perusahaan menggunakan teknologi. Agar dapat digunakan dengan efisien, para karyawan perlu mengikuti pelatihan teknologi tersebut sehingga bisa lebih mudah beradaptasi dengan perkembangan teknologi.    

Leadership Training 

Tak sedikit yang berpikir bahwa pelatihan dasar kepemimpinan hanya dibutuhkan oleh karyawan yang akan naik jabatan. Padahal pelatihan ini dibutuhkan oleh semua karyawan. 

Pada dasarnya, sebelum bisa memimpin orang lain, setiap orang harus terlebih dahulu bisa memimpin diri sendiri. Jadi, leadership training ini dibutuhkan agar setiap karyawan setidaknya bisa memimpin diri sendiri agar tetap menjadi pribadi yang konsisten dan profesional. 

Kesimpulan 

Untuk meningkatkan produktivitas SDM, perusahaan perlu mengadakan berbagai jenis training untuk karyawan. Pengadaan training yang tepat akan meningkatkan produktivitas, kemampuan, dan moral para karyawan, sehingga menjadi pribadi yang lebih berkualitas.   

Hal ini secara tidak langsung juga meningkatkan kinerja bisnis perusahaan. Dengan meningkatnya kualitas SDM, maka barang yang diproduksi dan/atau layanan yang diberikan kepada konsumen pun akan semakin baik. 

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini