Pentingnya Laporan Penjualan Barang di Perusahaan Dagang

Laporan penjualan barang adalah laporan yang sangat penting di dalam aktivitas perusahaan dagang. Laporan ini dibutuhkan untuk menyusun laporan keuangan selaku alat pengambilan keputusan manajemen.   

Oleh karena itu, laporan penjualan alias sales report harus dibuat dengan benar. Sebelum mengetahui cara membuatnya, Anda perlu terlebih dahulu mengetahui pengertian dan manfaatnya. 

Pengertian Laporan Penjualan Barang 

Laporan penjualan barang adalah informasi penjualan yang dicatat dan diinformasikan sebagai bahan analisis. Laporan ini sangat penting untuk pengambilan keputusan tentang metode pemasaran dan penjualan. 

Setelah laporan penjualan dibuat, maka laporan itu akan dianalisis dan digunakan untuk menyusun laporan keuangan perusahaan dagang.  

Oleh karena itu, laporan ini harus dibuat secara rinci, akurat, dan cepat. Semakin cepat laporan ini ada, maka semakin cepat pula pihak manajemen bisa mengambil keputusan. 

Keputusan ini kemudian akan amat berdampak terhadap meningkatnya produksi barang. Dengan demikian, para karyawan pun akan terpicu untuk bekerja dengan lebih cepat.   

Manfaat Laporan Penjualan Barang 

Setiap jenis laporan di perusahaan memberikan manfaat masing-masing, termasuk laporan penjualan. Laporan ini menjadi acuan untuk meningkatkan produktivitas bisnis di perusahaan dagang. Berikut ini adalah deretan manfaat yang didapatkan dari sales report: 

Menunjukkan Kondisi Penjualan   

Laporan penjualan menunjukkan keuntungan yang didapatkan dari penjualan. Jika angka penjualan menurun, maka perusahaan perlu memikirkan cara untuk meningkatkan penjualan. 

Jika angka penjualan meningkat, maka bisnis berada di dalam keadaan yang baik. Meski begitu, tetaplah berinovasi untuk mengembangkan produk sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen.  

Menentukan Strategi   

Laporan penjualan disajikan dan diperbarui setiap hari, sehingga menunjukkan kebiasaan konsumen yang terkini. Hal ini dapat membantu divisi pemasaran dan penjualan untuk merancang strategi promosi dan penjualan yang tepat. 

Meningkatkan Produktivitas   

Laporan penjualan harian juga bisa menjadi landasan perhitungan untuk komisi para salesperson. Semakin menarik skema komisi yang diberikan perusahaan, semakin bersemangat pula para salesperson untuk mencapai atau bahkan melampaui target yang ditentukan. 

Sebagai Bentuk Pertanggungjawaban 

Laporan penjualan merupakan bentuk pertanggungjawaban untuk beberapa pihak di dalam perusahaan, termasuk jajaran direksi dan para pemegang saham

Oleh karena itu, laporan penjualan harian harus dibuat seakurat mungkin. Dengan adanya laporan ini, maka laporan keuangan per akhir periode dapat dibuat dengan lebih cepat dan akurat. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan jajaran direksi dan para pemegang saham. 

Cara Membuat Laporan Penjualan Barang 

Nah, setelah mengetahui pengertian dan manfaat laporan penjualan, kini saatnya untuk mengetahui contoh dan cara membuat laporan penjualan, yaitu:  

Penjualan Tunai  

Pada tanggal 1 Agustus 2022, PT Senang Selalu menjual barang seharga Rp3.000.000 dan langsung dibayar tunai. Nah, penjualan tunai ini dapat dicatat sebagai berikut:  

(Debit) Kas Rp3.000.000 

(Kredit) Penjualan Rp3.000.000  

Penjualan Kredit  

Selain secara tunai, penjualan juga bisa terjadi secara kredit. Begini contoh pencatatan penjualan secara kredit  

PT. Kebahagiaan Semesta menjual barang secara kredit senilai Rp500.000 sedangkan harga pokok penjualan barang tersebut adalah Rp300.000. Transaksi penjualan ini dapat dicatat sebagai berikut:     

(Debit) Piutang Usaha Rp500.000 

(Kredit) Penjualan Rp500.000 

(Debit) Harga Pokok Penjualan Rp300.000

(Kredit) Persediaan Rp300.000   

Kesimpulan  

Laporan penjualan harian harus dibuat dengan rinci, jelas, cepat, dan akurat karena akan digunakan untuk mengambil berbagai macam keputusan, salah satunya untuk merancang strategi pemasaran dan penjualan. Selain itu, laporan penjualan juga digunakan untuk menyusun laporan keuangan.  

Aplikasi ERP iDempiere bisa membantu Anda untuk mencatat laporan penjualan dan juga  laporan keuangan secara akurat melalui modul finance & accounting. Tak hanya itu, masih banyak modul lainnya, seperti CRM & Sales yang berfungsi untuk merekam rincian leads yang masuk, procurement untuk pengadaan barang atau jasa secara digital, dan lain sebagainya. 

ERP iDempiere mampu mengotomatisasi seluruh proses operasional bisnis secara terintegrasi, sehingga Anda hanya perlu 1 aplikasi untuk menjalankan kegiatan operasional bisnis. Untuk informasi lebih lanjut mengenai modul dan implementasi ERP iDempiere, silakan hubungi Kosta Consulting di nomor 0821-2228-2266. 

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini