Pahami Manfaat dan Jenis Asuransi Sebelum Membelinya

Anda ditawari berbagai jenis asuransi oleh teman-teman yang berprofesi sebagai agen asuransi? Alih-alih membeli semua produk itu karena merasa tak enak, lebih baik Anda pahami terlebih dahulu manfaat asuransi dan jenis-jenisnya. 

Hak dan kewajiban perusahaan asuransi dan pemegang polis telah diatur di dalam polis yang dibeli. Pada dasarnya, pemegang polis berhak memperoleh proteksi atas kehilangan, kerusakan, hingga kematian dari perusahaan asuransi berdasarkan polis yang dibeli. Untuk mendapatkan proteksi tersebut, pemegang polis harus membayar premi bulanan kepada perusahaan asuransi.  

Pengertian Asuransi 

Melansir situs resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pengertian asuransi adalah perjanjian antara pemegang polis dan perusahaan asuransi yang menjadi dasar bagi penerimaan premi oleh perusahaan asuransi sebagai imbalan untuk memberikan  penggantian akibat kerugian yang timbul.   

Kegiatan usaha asuransi bergerak di bidang:

  • Jasa pertanggungan atau pengelolaan risiko.
  • Pertanggungan ulang risiko.
  • Pemasaran dan distribusi produk asuransi, termasuk asuransi syariah.
  • Konsultasi dan keperantaraan asuransi, asuransi syariah, reasuransi, atau reasuransi syariah, 
  • Penilai kerugian asuransi atau asuransi syariah.  

Jenis Asuransi   

Kebutuhan orang tentu berbeda-beda. Nah, berikut ini adalah deretan jenis asuransi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan masing-masing: 

Asuransi Kesehatan

Produk asuransi yang paling populer ini memberikan perlindungan finansial dengan menanggung biaya perawatan rumah sakit hingga pemegang polis sembuh, baik untuk penyakit yang menyebabkan cacat maupun tidak. 

Anda bisa menyesuaikan jenis polis yang dipilih dengan kemampuan finansial. Beberapa perusahaan asuransi menyediakan produk asuransi kesehatan yang mencakup rawat inap saja, tetapi ada pula yang menyediakan produk rawat jalan saja.  

Asuransi Jiwa 

Asuransi jiwa memberikan manfaat finansial bagi keluarga pemegang polis saat sang pemegang polis meninggal dunia. Saat hendak memilih asuransi jiwa, baca dan pahami terlebih dahulu sistem yang ditawarkan. 

Sebab ada perusahaan asuransi yang mengizinkan klaim setelah kematian. Namun, ada juga yang mengizinkan pemegang polis untuk mengeklaim dana asuransi sebelum kematiannya.  

Asuransi Pendidikan 

Salah satu cara untuk melindungi masa depan anak-anak Anda adalah dengan menyiapkan dana pendidikan sejak dini. Produk asuransi pendidikan yang ditawarkan pun beragam. Namun, 2 jenis asuransi yang sering ditawarkan adalah asuransi pendidikan dwiguna dan asuransi pendidikan unit link

Asuransi pendidikan dwiguna mengombinasikan proteksi jiwa dengan instrumen pasar, seperti deposito. Asuransi ini akan melindungi biaya pendidikan anak jika orang tuanya meninggal atau cacat total sampai tidak mampu mencari nafkah. 

Sementara asuransi pendidikan unit link mengombinasikan proteksi jiwa dengan investasi. Keuntungan dari komponen investasi tersebut kemudian akan dibagi sesuai jenjang pendidikan anak. 

Asuransi Hari Tua 

Asuransi hari tua menawarkan perlindungan dan jaminan bagi pemegang polis saat memasuki usia pensiun di mana ia tidak produktif lagi. Sederhananya, manfaat asuransi ini adalah membantu Anda untuk menyiapkan dana pensiun untuk hari tua.   

Asuransi Kecelakaan

Asuransi kecelakaan mungkin tidak banyak dilirik, karena beberapa orang beranggapan perusahaan tempat mereka bekerja telah memberikan perlindungan tersebut kepada setiap staf lapangan yang rawan celaka. 

Namun, asuransi kecelakaan dari tempat kerja umumnya hanya memberikan manfaat atas kecelakaan yang terjadi di tempat kerja. Padahal kecelakaan dapat terjadi di mana saja. 

Asuransi Kendaraan

Produk asuransi kendaraan memberikan perlindungan finansial atas kerusakan atau kehilangan kendaraan. Besarnya manfaat yang diterima bergantung pada polis asuransi yang dibeli.   

Asuransi Korporasi 

Asuransi korporasi adalah asuransi kumpulan yang memberikan perlindungan kepada karyawan dari suatu perusahaan. Fasilitas asuransi korporasi dapat dijadikan cara untuk memelihara karyawan demi keberlangsungan bisnis. Sesuai namanya, asuransi ini memberikan perlindungan kepada karyawan hanya selama berlangsung ia masih menjadi karyawan di perusahaan itu. 

Manfaat Asuransi 

Dari pengertian dan jenis asuransi di atas, dapat disimpulkan bahwa asuransi dapat memberikan berbagai manfaat sebagai berikut: 

  • Melindungi aset dari risiko yang tiba-tiba datang demi mewujudkan rencana masa depan.
  • Melindungi masa depan keluarga apabila sewaktu-waktu ajal menjemput.   
  • Melindungi kesehatan fisik dan mental jika terjadi kecelakaan.

Nah, dari deretan manfaat dan jenis asuransi di atas, produk asuransi manakah yang akan Anda pilih? 

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini