Manfaat Penting Akuntansi untuk Perusahaan dan Individu

Akuntansi adalah aspek penting di dalam semua jenis bisnis bahkan juga di dalam kehidupan sehari-hari setiap individu. Manfaat penting akuntansi dapat dirasakan saat mengelola keuangan. 

Oleh karena itu, akuntansi telah diajarkan sejak bangku sekolah. Tak lagi membutuhkan banyak buku seperti zaman dahulu, kini siklus akuntansi dapat dilakukan dengan mudah menggunakan software akuntansi yang andal.  

Manfaat Penting Akuntansi untuk Perusahaan 

Siklus akuntansi menghasilkan berbagai laporan keuangan yang perlu dianalisis untuk menentukan kondisi keuangan perusahaan di masa depan. Oleh karena itu, ada banyak manfaat akuntansi untuk perusahaan, di antaranya:  

Mengendalikan Keuangan

Aktivitas akuntansi bermanfaat untuk memudahkan pengelolaan berbagai data terkait keuangan perusahaan. Lewat data ini, Anda dapat mengevaluasi dan mengendalikan kondisi keuangan sesuai kebutuhan.  

Mempersiapkan Pencarian Investor 

Ketika Anda ingin melakukan ekspansi, maka dibutuhkan laporan keuangan yang akurat untuk disajikan kepada para calon investor. Dengan demikian, para calon investor dapat memahami kondisi keuangan perusahaan Anda secara rinci, termasuk risikonya, sehingga mengambil keputusan investasi yang tepat.      

Menganalisis Bisnis

Semua data transaksi yang diolah menjadi laporan keuangan kemudian dianalisis untuk mengambil berbagai keputusan dan perubahan yang diperlukan untuk mencapai tujuan bersama.   

Mengambil Keputusan Investasi 

Selain untuk mencari investor, perusahaan juga dapat menggunakan laporan yang disajikan divisi akuntansi untuk menentukan cara investasi yang tepat.   

Perusahaan dapat mengetahui jumlah uang tunai yang dibutuhkan di dalam jangka pendek dan panjang beserta risiko yang bisa ditanggung. Setelah itu, barulah perusahaan dapat memilih instrumen investasi yang tepat. 

Manfaat Penting Akuntansi untuk Individu 

Sementara untuk setiap individu, kegiatan akuntansi juga memberikan berbagai manfaat yang penting, yaitu:  

Menjadi Sumber Informasi Keuangan 

Akuntansi merupakan sumber informasi tentang semua transaksi keuangan yang terjadi, mulai dari pemasukan hingga pengeluaran. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui pengeluaran dan pemasukan apa saja yang terjadi di dalam suatu periode. 

Mengealuasi Keuangan  

Pencatatan akuntansi juga bermanfaat sebagai bahan evaluasi keuangan. Melalui pencatatan ini, Anda dapat mengambil keputusan untuk memangkas berbagai pengeluaran dan meningkatkan pemasukan lewat cara tertentu.   

Kesimpulan  

Dari deretan manfaat penting akuntansi di atas, dapat disimpulkan bahwa akuntansi merupakan aspek penting di dalam kehidupan sehari-hari dan bisnis. Namun, pencatatan akuntansi untuk perusahaan jauh lebih kompleks daripada untuk individu. Oleh karena itu, pencatatan akuntansi perusahaan membutuhkan aplikasi akuntansi yang andal, yaitu: ERP iDempiere.  

ERP iDempiere menyediakan modul finance & accounting yang bisa merekam seluruh transaksi keuangan secara otomatis, mengalokasikan bulk payment, dan mengintegrasikannya dengan modul iDempiere yang digunakan divisi lainnya. 

Selain itu, ERP iDempiere juga bisa dikustomisasi sesuai keunikan proses bisnis perusahaan. Untuk informasi lebih lanjut terkait modul dan implementasi ERP iDempiere, silakan hubungi Kosta Consulting di nomor 0821-2228-2266.   

en_US
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini