Manfaat Power Nap untuk Tingkatkan Produktivitas

Tertangkap basah sedang tidur di kantor memang bisa jadi masalah. Namun, tidur ternyata bisa memberikan banyak manfaat jika dilakukan dengan tepat. Disebut power nap dalam bahasa Inggris, manfaat power nap ternyata meningkatkan produktivitas kerja. 

Meskipun banyak yang menyamakan power nap dengan tidur siang, tetapi keduanya ternyata tidak benar-benar sama. Power nap sendiri merupakan salah satu jenis tidur siang. 

4 Jenis Tidur Siang    

Meski tidur siang sering dikaitkan dengan anak kecil, tetapi orang dewasa ternyata juga disarankan untuk melakukannya. Berdasarkan durasinya, tidur siang terbagi atas 4 jenis, yakni: 

  • Nano nap adalah tidur siang selama 2-5 menit saja, yang dilakukan seseorang dengan waktu tidur yang amat terbatas, karena terlalu padatnya aktivitas pada siang hari. 
  • Mini nap adalah tidur siang singkat selama 5-20 menit. 
  • Power nap adalah tidur siang selama 20-30 menit. Sesuai namanya, power nap adalah tidur siang dengan durasi paling ideal, sehingga bisa memberikan manfaat tidur siang yang optimal.  
  • Lazy man’s nap adalah tidur siang selama 50-90 menit, yang bisa dilakukan seseorang dengan banyak waktu luang untuk tidur siang. Namun, perlu diingat bahwa tidur siang lebih dari 30 menit kerap kali membuat seseorang uring-uringan dan linglung, karena kesulitan adaptasi saat memaksakan diri untuk bangun tidur. 

Definisi Power Nap   

Power nap adalah tidur siang selama 20-30 menit yang terdiri dari 2 fase. Jenis tidur siang ini dapat mengembalikan energi bagi tubuh dan pikiran, sehingga saat bangun nanti, Anda akan siap sepenuhnya untuk kembali produktif.   

Sebelum melakukan power nap, pastikan anda memasang alarm untuk bisa bangun 30 menit kemudian. Hal ini karena para ahli menyarankan power nap maksimal 30 menit. Namun, ada juga yang cukup 20 menit saja. 

Durasi power nap yang dibutuhkan setiap orang berbeda-beda, jadi lakukan beberapa pengujian di rumah untuk mengetahui durasi yang ideal untuk Anda. Anda mungkin hanya membutuhkan 23 menit, tetapi bisa bangun dengan segar. Jika demikian, untuk ke depannya pasang alarm 23 menit saja setiap ingin melakukan power nap. 

Beberapa perusahaan besar telah menerapkan power nap, di antaranya: Google yang menyediakan energy pods dan Huffington Post yang bahkan mengampanyekan tidur siang di kantor untuk meningkatkan performa kerja.  

Manfaat Power Nap bagi Karyawan  

Rasa kantuk biasanya mulai menghampiri sekitar jam 1 siang. Dirangkum dari Sleep Advisor, power nap selama 20-30 menit selain dapat mengembalikan energi, juga bisa memberikan manfaat berikut: 

  • Menurunkan tekanan darah 
  • Menghilangkan stres 
  • Memberikan manfaat kardiovaskular yang sangat baik untuk kesehatan jantung 
  • Meningkatkan memori 
  • Memperbaiki mood (suasana hati) 

Manfaat Power Nap bagi Perusahaan   

RAND Corporation, Think Tank di Amerika Serikat, merekomendasikan para pengusaha untuk menerapkan power nap, karena dapat secara drastis mengubah tempat kerja ke arah yang lebih baik dan memengaruhi keuntungan.  

Kekurangan tidur memengaruhi ekonomi global secara negatif hampir 3% PDB. Beberapa pengusaha memilih untuk menyediakan mesin kopi di kantor, tetapi penelitian menemukan bahwa tidur siang lebih kuat daripada kafein untuk meningkatkan memori dan fungsi kognitif. 

Penerapan power nap juga dapat meningkatkan produktivitas sebesar 34% dan kewaspadaan hingga 100%. Dengan demikian, karyawan dapat membantu perusahaan untuk menghasilkan lebih banyak uang. 

Cara Mengoptimalkan Power Nap 

Jika Anda bekerja dari rumah, maka Anda mungkin dapat mengalokasikan waktu untuk power nap dengan bebas. Namun, bagaimana jika Anda bekerja di kantor? 

Atasan Anda mungkin memang tidak memberikan waktu khusus untuk tidur, tetapi Anda bisa menggunakan waktu istirahat 1 jam untuk power nap. Gunakan 30 menit pertama untuk makan siang dan 30 menit selanjutnya untuk power nap. 

Selain itu, berikut ini beberapa tips untuk mengoptimalkan power nap: 

  • Pasang alarm 20-30 menit 
  • Cari tempat yang sejuk dan agak gelap 
  • Jika kesulitan mencari tempat, maka lakukan power nap di mobil 
  • Jika Anda tidak mengendarai mobil, maka letakkan kepala di atas meja makan atau meja kerja untuk melakukan power nap 
  • Bawa bantal kecil dari rumah agar lebih nyaman 

Kesimpulan

Power nap adalah tidur siang dengan durasi 20-30 menit. Manfaat power nap tidak hanya dirasakan oleh para karyawan, tetapi juga oleh perusahaan. Dengan adanya power nap, saat terbangun, para karyawan akan lebih berenergi dan siap untuk bekerja dengan lebih produktif.    

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini