5 Metode Pembayaran Online di Indonesia

Seiring perkembangan zaman, sistem pembayaran pun terus berkembang. Dimulai dari barter, pembayaran tunai, hingga pembayaran non-tunai. Sistem pembayaran non-tunai sendiri terbagi lagi menjadi beberapa metode pembayaran online (daring). 

Pesatnya perkembangan teknologi berperan penting di dalam perkembangan metode pembayaran yang semakin praktis dan cepat. Yuk, simak berbagai metode pembayaran daring di bawah ini.

5 Metode Pembayaran Online 

Berikut adalah deretan metode pembayaran online yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk membeli produk dan jasa: 

Bank Transfer 

Sejak kemunculan ATM di Indonesia pada awal tahun 1980-an, metode pembayaran bank transfer semakin banyak digunakan. Bank transfer ini memudahkan pengiriman uang ke luar kota tanpa perlu mengantre di teller.    

Seiring perkembangan teknologi, kehadiran internet banking dan mobile banking semakin memudahkan masyarakat untuk melakukan bank transfer.        

Credit Card

Metode pembayaran dengan credit card atau kartu kredit juga menjadi salah satu metode favorit masyarakat Indonesia. Saat seseorang membayar dengan credit card, bank penerbit kartu kredit itu akan membayar pembelian itu terlebih dahulu sebelum menagih dengan tanggal jatuh tempo yang ditentukan.   

Selain praktis dan efisien, kartu kredit bisa dipakai untuk membayar transaksi dengan nominal yang cukup besar. Tak hanya itu, kartu kredit juga menawarkan banyak promosi yang menarik. 

Namun, mengingat penggunaannya yang hanya tinggal digesek atau memasukkan CVV, penggunanya harus bisa mengendalikan diri agar tidak membeli terlalu banyak hal yang tak penting.   

Retail Outlet 

Metode pembayaran ini umumnya digunakan oleh pengguna yang kesulitan menemukan ATM di sekitar tempat tinggalnya dan juga belum memiliki kartu debit maupun kartu kredit. 

Pembayaran yang dilakukan lewat retail outlet atau gerai ritel ini biasanya pembayaran listrik, air, tiket pesawat, dan lain sebagainya.   

E-Wallet 

E-wallet atau dompet digital adalah layanan elektronik untuk menyimpan data dan instrumen pembayaran. Penggunanya bisa menyimpan uang untuk melakukan pembayaran dan pembelian secara online maupun offline (lewat QR Code). 

Keunggulannya dari metode bank transfer adalah tidak adanya setoran awal, metode verifikasi yang lebih mudah (biasanya cukup menggunakan KTP dan foto selfie), dan tidak adanya saldo mengendap. 

Kini bahkan sudah banyak e-wallet yang menawarkan fitur PayLater. Namun, jumlah uang yang bisa disimpan di suatu dompet digital umumnya terbatas, misalnya Rp10.000.000.   

Auto Debit 

Metode pembayaran auto debit menarik uang secara otomatis dari rekening bank yang digunakan. Metode ini sangat cocok untuk pembayaran berulang, seperti premi asuransi, cicilan KPR, dan lain sebagainya. 

Kesimpulan  

Di era digitalisasi ini, ada banyak jenis metode pembayaran online yang bisa dipilih, mulai dari bank transfer, credit card, retail outlet, e-wallet, hingga auto debit. Silakan pilih metode pembayaran yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Metode apa pun yang Anda pilih, tetaplah berbelanja dengan bijaksana. Salam sukses!  

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini