Perbedaan Efektif dan Efisien

Sering digunakan secara bersamaan, kata efektif dan efisien sering dianggap memiliki makna yang sama, padahal tidak demikian. Perbedaan efektif dan efisien bahkan cukup signifikan.  

Meski begitu, saat melakukan berbagai hal, setiap orang sebaiknya melakukannya dengan efektif dan efisien, karena keduanya sama-sama penting di dalam proses apa pun. 

Pengertian Efektif dan Efisien 

Menilik Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata efektif berarti: memiliki efek, manjur, dapat membawa hasil, dan mulai berlaku (khusus peraturan). Sementara kata efisien diartikan KBBI sebagai tepat untuk menghasilkan sesuatu dengan tidak membuang-buang waktu, tenaga, dan biaya.  

Pekerjaan efektif mencakup perencanaan, penjadwalan, dan pengambilan keputusan yang tepat guna. Suatu pekerjaan dapat dikatakan efektif jika orang terkait berhasil mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.   

Sementara efisien adalah usaha untuk mendapatkan hasil yang diinginkan tanpa atau setidaknya dengan minim kendala atau efek samping.   

Pekerjaan efisien mencakup evaluasi, serta perbandingan antara input dan output. Suatu pekerjaan dapat dikatakan efisien jika menggunakan cara terbaik untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan, termasuk hemat biaya, waktu, dan tenaga. 

Contoh Perbedaan Efektif dan Efisien 

Nah, supaya lebih jelas, simak contoh perbedaan efektif dan efisien berikut ini: 

Lampu LED adalah lampu hemat energi, sehingga tentu saja akan efisien. Hal ini dikarenakan efek dari lampu LED adalah hemat energi. Namun, jika Anda memasang timer yang cukup lama untuk menggunakannya, maka lampu itu tidak akan berfungsi secara efektif, karena tetap menyala di dalam waktu yang panjang.   

Nah, agar lampu LED itu dapat berfungsi dengan efektif dan efisien, pastikan Anda mengatur timer dengan tepat, sehingga lampu tersebut cukup menyala pada malam hari saja, tak perlu terlalu lama.     

Perbedaan Efektif dan Efisien 

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa perbedaan kata efektif dan efisien sebagai berikut:  

  • Efektif adalah pemilihan cara terbaik untuk mencapai tujuan. Sementara efisien adalah pemilihan cara terhemat dan tercepat untuk mencapai tujuan. 
  • Saat seseorang melakukan pekerjaan dengan efektif, biaya yang dikeluarkan mungkin cukup tinggi. Namun, saat seseorang melakukannya dengan efisien, maka orang itu bisa menghemat biaya. 

5 Tips agar Bisa Efektif dan Efisien 

Agar dapat melakukan berbagai pekerjaan dengan efektif dan efisien, terapkan sejumlah tips berikut ini:  

  • Membagi waktu dan jadwal agar lebih terorganisir. 
  • Melakukan backup untuk sejumlah file penting.  
  • Tidak melakukan lebih dari 1 pekerjaan pada saat yang bersamaan.  
  • Tidak membandingkan kecepatan diri sendiri dengan orang lain. 
  • Menggunakan waktu istirahat dengan maksimal. 

Kesimpulan 

Suatu pekerjaan harus dilakukan dengan efektif dan efisien demi hasil yang maksimal. Jika pekerjaan dilakukan dengan efektif tanpa efisien, maka tujuan dapat dicapai, tetapi dengan biaya, waktu, dan/atau bahkan tenaga yang tinggi. Jika pekerjaan dilakukan dengan efisien tanpa efektif, maka pekerjaan akan selesai dengan biaya dan tenaga yang minim, tetapi belum tentu sesuai dengan tujuan awal. 

Dengan bekerja secara efisien dan efektif, maka perusahaan bisa mencapai hasil yang diinginkan dengan cara yang tertepat. Maka dari itu, temukanlah keseimbangan yang optimal dengan secara rutin meninjau proses bisnis yang ada dan lakukan perubahan seperlunya, agar kegiatan bisnis jadi efisien dan efektif.   

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini