PERBEDAAN ERP DAN MRP

perbedaan erp dan mrp
perbedaan erp dan mrp

PENGERTIAN ERP DAN MRP

Perkembangan industri bisnis yang pesat tentunya ada kontribusi besar pada suatu sistem yaitu MRP (Material Requirement Planning), kenapa demikian?

Dengan hadirnya sistem MRP ( Material Requierement Planning) membuat adanya suatu inovasi hingga terciptanya sebuah sistem yang bisa digunakan oleh setiap industri yaitu ERP (Enterprise Resource Planning), tidak hanya mengurusi bagian bill of material atau perencanaan saja, akan tetapi hampir mencangkupi setiap bidang atau instansi dalam suatu perusahaan atau industri bisnis tersebut.

Lihat juga Perkembangan software ERP

Peran penting MRP tentunya membuat lahirnya ERP dan sangat membantu para pelaku usaha dan bisnis dalam mengembangkan usaha atau bisnis mereka.

PERBEDAAN ERP DAN MRP

Setelah mengetahui penjelasan singkat tentang MRP dan ERP, mari ketahui lebih lanjut mengenai apa saja yang menjadi perbedaan dari MRP dan ERP tersebut?

  1. Industri Bisnis
    MRP biasanya hanya digunakan oleh industri bisnis manufaktur, sedangkan ERP dapat digunakan oleh hampir seluruh industri bisnis. Bisa dibilang ruang lingkup ERP jauh lebih luas dan lebih fleksibel dibandingkan oleh MRP.
  2. Proses Bisnis
    Dalam proses bisnis sistem MRP hanya dapat merencanakan atau perencanaan material pada industri manufaktur atau lebih dikenal sebagai Bill of Material (BoM), sedangkan ERP bisa menjalankan proses bisnis mulai dari keuangan, perencanaan material, distribusi, penjualan dan masih banyak lainnya. Artinya ERP dapat digunakan hampir disetiap instansi bisnis
  3. Harga Serta Teknologi
    Untuk harga MRP dan ERP tentunya mempunyai perbedaan yang sangat signifikan. Karena ERP mempunyai banyak modul yang dapat dipilih seperti modul untuk akuntan, Sales, reporting bahkan terdapat modul MRP, harga dari masing-masing modul juga tentunya bervariasi sesuai dengan berapa banyaknya modul yang ingin digunakan oleh perusahaan tersebut. Untuk MRP walaupun masih tergolong dalam MRP akan tetapi sistem MRP tidak bisa dikatakan tergolong murah karena tingkat kompleksifitasnya dan juga lebih berfokus pada industri manufaktur. Jadi dapat dikatakan bahwa harga serta teknologi tergantung dari industri bisnis tersebut dan kompleksnya dari sistem yang dimiliki.

KESIMPULAN MENGENAI ERP DAN MRP

MRP dapat dikategorikan dalam ERP tergantung dari industri bisnis dan sistem yang akan digunakan. Software ERP yang tercipta karena adanya MRP dan menjadi salah satu sistem untuk banyak industri, yang lebih kompleks dan juga tingkat fleksibilitasnya untuk memudahkan para pelaku usaha dan bisnis untuk berkembang. Bisa disimpulkan bahwa software ERP merupakan perluasan atau inovasi yang tercipta karena hadirnya MRP pada industri manufaktur.

Demikian penjelasan singkat mengenai perbedaan ERP dan MRP menurut tim Kosta Consulting, semoga dapat membantu anda untuk menentukan pilihan yang tepat dalam mencari sistem atau software ERP untuk perusahaan anda. Kosta Consulting juga menyediakan modul MRP yang dapat diterapkan dan bisa menjadi salah satu pilihan software atau sistem untuk usaha dan bisnis anda. Hubungi kami lebih lanjut mengenai modul MRP yang ada di Kosta Consulting.

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini