Perbedaan Kreatif dan Inovatif, Mana yang Lebih Penting?

Persaingan bisnis yang semakin ketat menuntut Anda untuk semakin kreatif dan inovatif. Kerap disamakan, banyak yang bingung tentang perbedaan kreatif dan inovatif. 

Menjadi pribadi yang kreatif dan inovatif sangat penting bagi pengembangan diri, peningkatan karier, dan kemajuan bisnis. Yuk, simak manfaat dan perbedaan keduanya di bawah ini.  

Pengertian Kreatif dan Inovatif   

Di lingkungan bisnis masa kini, Anda dituntut untuk bergerak serba cepat, inovatif, dan kreatif. Hal itu tak lain dan tak bukan bertujuan untuk memenangkan persaingan pasar, menarik minat pelanggan, dan meraup keuntungan sebanyak mungkin.   

Dilansir dari Business Insider, kreatif adalah sifat yang mengandung dan menggunakan potensi pikiran untuk memperoleh berbagai ide. Untuk memperolehnya, Anda bisa bereksperimen dengan pikiran Anda dan mengolah semua hal yang diterima pancaindra untuk memunculkan sebuah ide.    

Sementara inovasi adalah upaya memperkenalkan perubahan pada sistem yang telah cukup stabil. Jadi, inovatif adalah sifat yang menerapkan berbagai ide kreatif. 

Perbedaan Kreatif dan Inovatif  

Berdasarkan penjelasan di atas, perbedaan inovatif dan kreatif terletak pada fokusnya. Kreatif berfokus pada penemuan aneka ide. Sementara inovatif berfokus pada penerapan hal yang baru.     

Berfokus pada penemuan ide semata, upaya kreatif menjadi sulit untuk diukur. Di sisi lain, upaya inovatif lebih mudah diukur, karena mengusung unsur kebaruan. 

Meski begitu, proses inovatif dan kreatif tidak bisa dipisahkan. Proses kreatif adalah proses penemuan ide, sedangkan proses inovatif adalah proses pengembangan dan implementasi ide-ide tersebut untuk menjadi sesuatu yang baru dan bermanfaat. 

Manfaat Sifat Kreatif dan Inovatif    

Sifat kreatif dan inovatif memberikan berbagai manfaat penting bagi perusahaan, antara lain: 

  • Menyematkan ciri khas yang unik pada suatu bisnis. 
  • Menciptakan pembeda suatu bisnis dari bisnis lainnya. 
  • Membangun brand image yang kuat, sehingga bisnis itu bisa memiliki nilai yang unik dan kuat di mata konsumen. 
  • Memikat para konsumen untuk membeli produk atau layanan yang disediakan. 
  • Menjaga loyalitas pelanggan dengan berbagai inovasi baru yang fungsional.  

Kesimpulan  

Sifat kreatif dan inovatif sama-sama penting bagi lingkungan bisnis masa kini dengan laju yang semakin cepat dan persaingan yang semakin ketat.  

Meski begitu, keduanya memiliki perbedaan yang mendasar. Sifat kreatif berfokus pada penemuan ide, sedangkan sifat inovatif berfokus pada penerapan hal baru, termasuk ide yang ditemukan berkat sifat kreatif.  

Sifat dan proses kreatif dan inovatif saling berhubungan satu sama lain. Dengan begitu, Anda tidak bisa memilih mana yang lebih penting, melainkan harus menjalankan keduanya secara berkesinambungan.     

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini