Perbedaan Software dan Aplikasi yang Wajib Dipahami

Seiring pesatnya perkembangan teknologi, semakin banyak software dan aplikasi yang bisa membantu manusia dalam menjalankan tugas sehari-hari. Namun, masih banyak yang belum paham apa perbedaan software dan aplikasi. 

Ya, kita kerap menggunakan keduanya untuk bekerja, belajar, atau sekadar mengobrol dengan teman yang berada jauh di sana. Untuk itu, penting bagi kita untuk memahami perbedaan di antara keduanya.  

Pengertian Software 

Software adalah seperangkat program yang dibutuhkan komputer atau perangkat lain untuk mengumpulkan informasi dan memberi instruksi kepada komputer untuk beroperasi. 

Software terbagi atas beberapa jenis, yaitu: 

  • System software: program komputer yang dirancang untuk menjalankan hardware dan aplikasi di komputer. Jenis software yang bisa beroperasi tanpa pengguna ini terdiri dari beberapa tipe, antara lain: operating system software, programming language translator, communication software, dan utility program.  
  • Application software: software yang dirancang untuk melakukan tugas di suatu perangkat berdasarkan permintaan user.  
  • Malicious software: software berbahaya yang sengaja dirancang untuk merusak komputer, jaringan, atau server.  

Pengertian System Software 

System software adalah seperangkat program komputer yang mengendalikan dan mengelola operasi hardware di suatu komputer, sehingga membantu aplikasi untuk dieksekusi dengan benar. 

Selain itu, system software juga berperan untuk memperluas fungsionalitas pemrosesan sistem komputer, agar lebih cepat, efektif, dan aman. Contoh: sistem operasi, bahasa pemrograman, dan lain-lain. 

System software terdiri dari beberapa jenis, antara lain: 

  • Operating system yang membantu pengguna untuk menggunakan semua komponen hardware dan software dari sistem komputer secara efektif.   
  • Programming language translator yang mengubah instruksi yang disiapkan di dalam bahasa pemrograman ke dalam bentuk yang bisa diinterpretasikan dan dieksekusi oleh sistem komputer. 
  • Communication software yang memfasilitasi pemindahan data dan program dari satu komputer ke komputer lainnya.  
  • Utility program, yakni: seperangkat program yang membantu penggunanya untuk memelihara sistem dan melakukan berbagai tugas rutin. 

Pengertian Aplikasi 

Seperti yang disebutkan di atas, aplikasi adalah software yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu di suatu perangkat berdasarkan permintaan user (penggunanya).  

Sering ditulis dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang mudah dipahami manusia (seperti C, Java, dan VB), aplikasi berperan untuk menghubungkan pengguna dengan system software.    

Aplikasi dapat membantu penggunanya untuk menyelesaikan sebuah tugas atau beberapa tugas secara bersamaan dan terintegrasi, seperti pada Enterprise Resource Planning (ERP). Dengan demikian, setiap aplikasi adalah bagian dari software.  

Aplikasi bisa melakukan banyak fungsi, seperti untuk penyimpanan database, bisnis, telekomunikasi, dan video game. Pengguna bisa menginstal beberapa aplikasi pada sebuah system software dan menyimpannya di CD, flash disk, dan lain-lain. 

Aplikasi terdiri dari beberapa jenis, antara lain: 

  • Database software, yakni kumpulan data yang disimpan dan diambil sesuai permintaan pengguna.
  • Word-processing software yang membuat, memodifikasi, melihat, menyimpan, mengambil, dan mencetak dokumen. 
  • Spreadsheet software, yakni: alat analisis data numerik yang memungkinkan pembuatan buku besar yang terkomputerisasi.  
  • Graphics software yang digunakan untuk menggambar, mendesain, dan lain sebagainya. 
  • Education software yang memungkinkan komputer untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.
  • Entertainment software yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan komputer sebagai perangkat hiburan.  

Perbedaan Software dan Aplikasi 

Lantas, apa perbedaan software dan aplikasi? Aplikasi sebenarnya merupakan salah satu jenis software, demikian pula system software. Namun, system software sering disebut sebagai software, sehingga menimbulkan kesalahpahaman.

Berikut adalah perbedaan antara system software dan aplikasi: 

  1. System software dirancang untuk mengelola sumber daya sistem, seperti memori dan keamanan. Sementara aplikasi dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam mengerjakan suatu tugas. 
  2. System software dapat berjalan tanpa aplikasi, sedangkan aplikasi tidak dapat dijalankan tanpa system software.  
  3. System software ditulis di dalam bahasa pemrograman tingkat rendah atau bahasa campuran. Sementara aplikasi ditulis di dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi. 
  4. System software menentukan berfungsinya sistem secara efektif, sedangkan aplikasi tidak.  
  5. System software mulai beroperasi sejak sistem dinyalakan hingga sistem dimatikan. Sementara aplikasi mulai beroperasi sejak pengguna menyalakannya hingga pengguna mematikannya.  
  6. System software diinstal bersamaan dengan diinstalnya operating system, sedangkan instalasi aplikasi sepenuhnya bergantung pada kebutuhan pengguna.  
  7. System software merupakan software serbaguna, sedangkan aplikasi dirancang untuk tujuan yang spesifik. 
  8. Pengguna tidak pernah berinteraksi dengan system software, tetapi berinteraksi dengan aplikasi selagi menggunakannya.  

Kesimpulan 

Software adalah seperangkat program yang mengumpulkan informasi dan memberi instruksi kepada komputer atau perangkat lain untuk beroperasi. Aplikasi pada dasarnya merupakan salah satu jenis software, begitu pula system software. Namun, system software sering disebut sebagai software, sehingga sering menimbulkan kesalahpahaman. 

System software adalah seperangkat program komputer yang mengendalikan dan mengelola operasi hardware di suatu komputer, sehingga membantu eksekusi aplikasi. Sementara aplikasi adalah jenis software yang secara langsung membantu pengguna mengerjakan tugas tertentu.     

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini