Proses Manajemen Inventaris di Perusahaan Dagang

Kelancaran proses manajemen inventaris menentukan kelancaran proses produksi, operasional, dan penjualan perusahaan. Oleh karena itu, manajemen inventaris harus dilakukan seefisien mungkin. 

Lantas, bagaimana cara mengelola inventaris dengan efisien? Simak proses dan caranya di bawah ini. 

Pengertian Manajemen Inventaris  

Manajemen inventaris atau inventory management adalah cara perusahaan untuk melacak, memantau, dan mengelola semua inventaris bisnis saat dibeli, diproduksi, disimpan, dan digunakan. 

Pengelolaan inventaris ini dimulai dari pembelian hingga penjualan. Selain itu, pengelolaan ini juga menunjukkan jumlah barang yang tepat di lokasi yang tepat, secara real-time.   

Tanpa manajemen inventaris yang baik, Anda bisa mengalami berbagai berbagai masalah persediaan di bawah ini: 

  • Kerusakan atau hilangnya inventaris,  
  • Dead stock (barang tidak lagi bisa dijual karena telah tertinggal zaman), 
  • Biaya penyimpanan yang berlebih, 
  • Inefisiensi operasional,   
  • Pengambilan keputusan yang salah.        

Manfaat Manajemen Inventaris

Agar terhindar dari berbagai masalah persediaan di atas, Anda perlu menerapkan manajemen inventaris yang baik. Inilah sejumlah manfaat manajemen inventaris yang baik untuk semua perusahaan dagang:  

Mengurangi Penyusutan Inventaris       

Penyusutan inventaris adalah berkurangnya jumlah persediaan akibat human error dan penyelewengan selama periode tertentu. Hal ini mencakup pencurian, kesalahan pencatatan barang, dan pengelolaan inventaris yang kurang tepat. Di dalam laporan keuangan, penyusutan inventaris dicatat di akun aktiva. 

Meningkatkan Loyalitas Konsumen  

Lewat pengelolaan inventaris yang baik, penjualan dan pengiriman kepada konsumen pun jadi lebih cepat dan akurat. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan dan loyalitas para konsumen. Jika mereka telah menjadi pelanggan yang loyal, maka mereka sangat mungkin merekomendasikan bisnis Anda ke para kerabat.            

Memudahkan Akses Tata Letak  

Pengelolaan inventaris meliputi pengaturan tata letak barang dengan rapi dan jelas. Hal ini memudahkan Anda untuk memantau ratusan atau bahkan ribuan jenis barang di gudang. 

Selain itu, tata letak yang jelas juga memudahkan staf gudang untuk melakukan stock opname dan mengambil barang yang hendak dikemas dan dikirim kepada para pembeli. Hal ini dapat mempercepat proses pengiriman barang kepada para pembeli yang berujung pada kepuasan mereka.  

Mengukur Kinerja 

Pengelolaan inventaris yang rinci juga memampukan Anda untuk mengukur kinerja staf gudang dan bahkan staf penjualan dengan Key Performance Indicator (KPI). Pengukuran tersebut dapat meningkatkan etos kerja dan produktivitas para karyawan.   

Proses Manajemen Inventaris 

Setelah mengetahui manfaat manajemen inventaris, kini saatnya untuk mengetahui seperti apa proses manajemen inventaris. Nah, prosesnya mencakup beberapa tahapan penting, yaitu: 

Pembelian 

Proses pembelian ini mencakup pembelian bahan mentah untuk diolah menjadi barang setengah jadi maupun barang jadi. Selain itu, juga mencakup pembelian barang jadi. 

Produksi 

Proses produksi mengacu pada proses mengolah bahan mentah jadi barang setengah jadi atau barang jadi dan barang setengah jadi menjadi barang jadi. Tidak semua perusahaan melaksanakan proses produksi, contohnya perusahaan grosir dan retailer.  

Penyimpanan

Proses ini mencakup proses penyimpanan bahan mentah sebelum diproduksi dan barang jadi sebelum dijual.  

Penjualan  

Proses ini merupakan proses penjualan barang yang ada di penyimpanan Anda ke tangan konsumen. Proses ini dimulai dari pengemasan barang, pengiriman barang ke konsumen, hingga pembayaran.    

Reporting

Proses ini bertujuan untuk melacak berapa banyak produk yang berhasil terjual dan berapa besar keuntungan yang dihasilkan dari setiap penjualan itu.    

Kesimpulan 

Proses manajemen inventaris memegang peranan penting di dalam kelancaran proses bisnis perusahaan. Kurangnya manajemen inventaris dapat menyebabkan kerusakan inventaris, dead stock, biaya penyimpanan berlebih, inefisiensi operasional, dan kesalahan pengambilan keputusan.  

Agar terhindar dari berbagai masalah di atas dan bisa menghemat beban kerja, gunakan software ERP yang dapat merekam seluruh proses inventaris dengan lengkap, akurat, dan rinci, yaitu: ERP iDempiere. 

Tak hanya itu, dengan ERP iDempiere, Anda juga bisa melakukan stock opname secara real-time tanpa mengganggu proses penjualan. Anda juga bisa menggunakan fitur replenishment untuk menentukan metode pasokan untuk setiap produk. 

Selain itu, software ERP iDempiere juga mampu mengintegrasi seluruh proses operasional bisnis. Beberapa di antaranya: human resource management, inventory management, warehouse management, supply chain management, project management, dan masih banyak lagi. 

Tak perlu khawatir tentang keamanannya, karena ERP iDempiere dapat diinstal secara on-premise atau di IaaS terpercaya, yaitu: Amazon Web Services. Untuk informasi lebih lanjut tentang ERP iDempiere, silakan hubungi Kosta Consulting di nomor 0821-2228-2266.   

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini