6 Tips Belanja Hemat dengan Kartu Debit

Berbelanja adalah salah satu cara untuk mengatasi stres dan menyayangi diri sendiri. Dengan adanya kartu debit, kini berbelanja jadi lebih mudah. Namun, jika tak berhati-hati, Anda bisa tergoda untuk boros. Maka dari itu, banyak yang mencari tips belanja hemat dengan kartu debit. 

6 Tips Belanja Hemat dengan Kartu Debit   

Sekalipun berbelanja menyenangkan, tetapi Anda tetap perlu menabung untuk masa depan. Nah, ini dia sejumlah tips yang bisa diterapkan untuk berbelanja hemat dan tetap bisa menabung: 

Buat Daftar Belanja  

Buat daftar belanja agar tidak kalap dan membeli barang yang tidak diperlukan. Penuhi daftar belanja itu dan hindari membeli barang yang tidak direncanakan.   

Cek Sisa Saldo 

Kini Anda bisa bertransaksi lewat e-banking dan mobile banking. Nah, selain untuk bertransaksi, gunakan juga fasilitas tersebut untuk mengecek sisa saldo di rekening Anda secara berkala. Dengan demikian, Anda akan ingat sisa saldo terakhir dan aktivitas belanja pun akan lebih terkendali.     

Tetapkan Anggaran 

Tetapkan anggaran bulanan yang jelas untuk mengetahui apa saja kebutuhan yang perlu dibayar dan dibeli. Setelah itu, Anda dapat menentukan berapa banyak yang akan digunakan untuk jajan atau berbelanja demi memuaskan diri. 

Nah, sisanya dapat Anda tabung dan investasikan. Jika ingin berinvestasi, pastikan Anda memilih instrumen investasi yang sesuai kemampuan dan profil risiko.   

Rajin Cari Promo   

Berkat kecanggihan teknologi, kini Anda dapat mencari tahu promo aneka tempat berbelanja maupun tempat makan maupun lewat media sosial. Nah, sebelum berbelanja, pastikan Anda sudah mengecek promo dan jeli, sehingga bisa berbelanja dengan harga terbaik.     

Perhatikan Merchant 

Saat Anda membayar dengan kartu debit, maka kasir akan mencatat nomor kartu tersebut, yang termasuk data pribadi ke mesin kasir. 

Maka dari itu, lakukan pembayaran dengan kartu debit ini hanya di beberapa merchant yang terpercaya. Selain demi keamanan, merchant seperti ini juga sering memberikan berbagai penawaran menarik yang sayang untuk dilewatkan. 

Jaga Kerahasiaan PIN

Pastikan Anda selalu menjaga kerahasiaan PIN kartu debit. Jangan pernah memberikannya kepada siapa pun. Saat mengetiknya di mesin EDC atau mesin ATM, pastikan Anda menutupnya dengan tangan. Dengan begitu, kartu debit Anda akan terhindar dari penyalahgunaan oleh oknum tak bertanggung jawab.     

Kesimpulan   

Berbelanja dengan kartu debit memang sangat mudah. Namun, berkat kemudahan ini, Anda dapat tergoda untuk boros dan tidak bisa menabung, apalagi berinvestasi. 

Nah, agar tidak boros, cek sisa saldo secara berkala, buat daftar belanja, tetapkan anggaran, cari promo sebelum berbelanja, perhatikan keamanan merchant, dan jaga kerahasiaan PIN Anda agar tidak disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab.  

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini