YOY Growth adalah Analisis Keuangan yang Penting, Kenali di Sini!

YOY growth adalah salah satu jenis analisis keuangan yang digunakan pebisnis untuk memahami pertumbuhan perusahaannya dari tahun ke tahun.   

Analisis pertumbuhan bisnis dari tahun ke tahun juga bermanfaat untuk menunjukkan kesuksesan bisnis dibandingkan tahun sebelumnya kepada calon investor dan calon kreditur.      

YOY Growth adalah Analisis Keuangan 

Dari segi bahasa, year over year growth terdiri dari 2 entitas, yaitu year over year dan growth. Arti year over year adalah tahun ke tahun, sedangkan arti growth adalah pertumbuhan. Dengan demikian, YOY growth adalah analisis pertumbuhan dari tahun ke tahun yang menjadi landasan untuk membandingkan kinerja suatu bisnis.   

Meskipun namanya year over year, tetapi statistik keuangan yang dibandingkan bisa berasal dari periode tertentu, seperti bulan atau kuartal, yang dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Contoh perbandingan kuartal 1 tahun 2021 dan kuartal 1 tahun 2022.  

Analisis YOY growth ini dapat dilakukan dengan membandingkan beberapa indikator, seperti: laba dan penjualan. Hasil perhitungan YOY adalah hasil yang ditulis di dalam bentuk persentase (%).    

Statistik yang dihasilkan dari YOY growth ini dapat memberikan perspektif yang akurat tentang naik turunnya kinerja, termasuk profit dari tahun ke tahun. Data yang diperoleh dari year over year adalah data yang bisa digunakan untuk menghitung ROI (return on investment).  

Apa Saja yang Dibandingkan di dalam YOY Growth? 

Untuk membandingkan kinerja perusahaan dari tahun ke tahun secara rinci, bandingkan hal-hal berikut ini: 

Biaya Barang Terjual

Dengan membandingkan biaya dari barang yang terjual, maka Anda dapat mengetahui seberapa baik perusahaan Anda mengelola margin kotor.     

Penjualan Secara Umum  

Jumlah penjualan secara umum mencerminkan apakah perusahaan telah mencapai penjualan yang baik atau belum. Selain itu, total pendapatan dan biaya administrasinya juga perlu dibandingkan untuk mengetahui apakah pengelolaannya dilakukan dengan efisien atau tidak.   

Laba Sebelum Penyusutan Bunga dan Amortisasi (EBITDA)

Perusahaan juga dapat menggunakan perbandingan YOY growth guna mengukur laba operasional dan produksi untuk laporan arus kas. Ini mencakup laba bersih dan laba per saham.  

Manfaat Perhitungan YOY Growth 

Setiap bentuk analisis keuangan tentu dilaksanakan untuk memperoleh sejumlah manfaat tertentu. Nah, manfaat dari analisis pertumbuhan YOY adalah

Memberikan Data yang Akurat untuk Bisnis Musiman

Hasil dari analisis pertumbuhan YOY adalah statistik yang bisa memberikan informasi akurat untuk pertumbuhan pendapatan bulanan, terutama untuk produk atau layanan musiman. 

Dengan membandingkan bulan atau kuartal yang sama di tahun yang berbeda, Anda  mampu memperoleh perbandingan akurat, baik untuk penjualan musiman maupun jangka panjang.   

Memahami Peningkatan Apa yang Perlu Dilakukan 

Setelah mengetahui pertumbuhan bisnis, Anda dapat menentukan peningkatan seperti apa yang perlu dilakukan. Sederhananya, hasil analisis YOY dapat membantu untuk mengarahkan strategi bisnis.  

Menjadi Bahan Evaluasi Anggaran  

Perhitungan growth adalah perhitungan yang memungkinkan Anda untuk memahami pertumbuhan kinerja dan biaya yang dikeluarkan untuk membuat suatu produk. Dengan begitu, Anda dapat mengevaluasi anggaran dan menentukan anggaran apa saja yang perlu ditambahkan atau dikurangi.   

Menjadi Bahan Negosiasi 

Apabila Anda membeli bahan baku atau produk dari vendor, maka Anda bisa menjadikan hasil perhitungan YOY sebagai acuan harga. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui apakah harga barang itu masuk akal atau tidak.   

Rumus Menghitung YOY Growth    

Rumus menghitung growth ini sebenarnya merupakan persamaan yang cukup sederhana. Anda cukup mengumpulkan data spesifik untuk dimasukkan ke dalam rumusnya. Berikut ini tahapannya: 

1. Tentukan periode yang ingin Anda bandingkan, misalnya, kuartal ketiga tahun 2021 dan kuartal keempat tahun 2022.   

2. Ambil data perusahaan untuk periode yang telah ditentukan. Data ini dapat ditemukan di neraca keuangan Anda. Jika tak ada, maka bandingkan saja penghasilan bulanan atau triwulanan dari tahun fiskal masing-masing. Namun, ingatlah untuk membandingkan jangka waktu yang sama untuk setiap periode.   

3. Masukkan data tersebut ke dalam rumus menghitung YOY growth sebagai berikut: 

YOY Growth

((Current period amount – previous period amount)/previous period amount)) x 100%  

4. Analisis dan evaluasi total keuntungan yang perusahaan dapatkan menggunakan hasil perhitungan rumus menghitung growth di atas.   

Kesimpulan  

Analisis YOY adalah salah satu jenis analisis keuangan yang dapat digunakan untuk menentukan kesuksesan dan efisiensi kinerja bisnis. 

Untuk melakukan analisis YOY dengan cepat dan tepat, Anda dapat menggunakan software ERP iDempiere. Tak hanya untuk analisis keuangan, ERP iDempiere juga dapat digunakan untuk mengoptimalkan penggunaan gudang, manajemen inventaris, dan proses bisnis lainnya secara terintegrasi. 

Software ERP ini diinstal di Amazon Web Services, sehingga Anda tak perlu khawatir terkait keamanannya. Selain itu, ERP iDempiere juga bisa digunakan tanpa batasan jumlah pengguna (unlimited user). Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Kosta Consulting di nomor 0821-2228-2266.    

en_US
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini