5 Manfaat Accounting Management Software

Manajemen akuntansi dan keuangan adalah aspek penting di dalam setiap perusahaan. Untuk mengelola keuangan dengan optimal, dibutuhkan accounting management software yang tepat. 

Kerap pula disebut sebagai accounting management system, alat ini dapat memudahkan pengelolaan dan pengambilan keputusan terkait keuangan.   

5 Manfaat Accounting Management Software 

Inilah berbagai manfaat finance and accounting management software yang dapat dirasakan perusahaan:   

Meminimalkan Kekeliruan Hitung 

Penggunaan software dapat menghindarkan perusahaan dari kekeliruan saat menghitung, terlebih jika ada banyak yang perlu dihitung. Hal ini dapat menghemat waktu dan tenaga para akuntan. Dengan begitu, mereka bisa fokus pada tugas yang bersifat analitis. 

Meningkatkan Akurasi Data 

Finance and accounting management system akan segera mengolah data transaksi yang dimasukkan secara real-time dan akurat tanpa perlu pengecekkan berkali-kali. 

Menghemat Biaya 

Software akuntansi memungkinkan dokumentasi secara digital, sehingga mengurangi biaya percetakan dan penggunaan kertas. Selain itu, hal ini juga memangkas biaya untuk pekerja outsourcing dan berbagai kekeliruan yang timbul jika manajemen keuangan masih dilakukan secara manual.         

Menjaga Keamanan Data  

Akses menuju data tertentu dapat dikonfigurasi bagi orang-orang tertentu saja. Selain itu, data juga tidak mungkin hilang, karena tersimpan di dalam database yang aman, bukan berbentuk kertas. Oleh karena itu, sebelum memilih software akuntansi, penting untuk memahami keamanan database-nya.   

Memudahkan Pengambilan Keputusan  

Software akuntansi dan keuangan dapat menghasilkan laporan keuangan yang akurat secara real-time. Hal ini akan memudahkan pengambilan keputusan dari mana saja dan kapan saja itu dibutuhkan. 

Tips Memilih Accounting Management System 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan di dalam memilih accounting management system, antara lain: 

  • Pilih sistem dengan fitur yang lengkap, seperti: three-way matching, perhitungan pajak otomatis, dan lain sebagainya. 
  • Pilih yang aman. 
  • Lakukan demo dan pilih software yang mudah digunakan.     
  • Pilih vendor software yang memberikan layanan dan dukungan purna jual demi mengantisipasi berbagai kesulitan penggunaan software pada masa depan.  
  • Teliti apakah ada biaya tambahan atau tidak dan untuk apa biaya itu ada. 

Kesimpulan 

Accounting management software sangat dibutuhkan untuk mengelola keuangan perusahaan. Namun, jika Anda menginginkan software bisnis yang bisa mengelola proses lainnya juga selain keuangan, gunakan ERP iDempiere. 

ERP adalah Enterprise Resource Planning, yakni: software yang dapat mengotomatisasi seluruh proses bisnis secara terintegrasi. ERP iDempiere mencakup banyak modul ERP penting bagi perusahaan. Sebut saja, modul keuangan, supply chain, gudang, HR, inventaris, dan masih banyak lagi. Untuk informasi lebih lanjut mengenai implementasi ERP iDempiere, silakan hubungi Kosta Consulting di nomor 0821-2228-2266.   

en_US
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini