ERP Module untuk Beragam Industri

MODUL ERP UNTUK BERAGAM INDUSTRI
MODUL ERP UNTUK BERAGAM INDUSTRI

Beragam industri khususnya di Indonesia seperti Manufaktur, Jasa, Kontraktor, Ritel hingga Logistik, sangat memungkinkan jika menggunakan software ERP modules pada Industri dapat berbeda – beda tergantung kebutuhan perusahaan. Ada yang hanya menggunakan ERP basic saja sudah cukup atau ada yang hingga perlu pendukung ERP module lain untuk lebih meningkatkan kinerja sistem perusahaan.

Apa itu ERP? ERP adalah software yang dapat mengotomatisasi seluruh proses bisnis secara terintegrasi. Salah satu contoh modul operasional dalam penggunaan ERP adalah modul akuntansi dan keuangan. Nah, dari beragam hingga banyaknya modules ERP yang tersedia berikut adalah modules software ERP yang biasanya digunakan pada masing industri perusahaan.

ERP modules untuk Perusahaan Manufaktur

ERP UNTUK PERUSAHAAN MANUFAKTUR
ERP UNTUK PERUSAHAAN MANUFAKTUR

Perusahaan yang dalam aktivitasnya melakukan proses perencanaan produksi, hingga ke pengiriman pesanan klien ini, butuh solusi ERP manufaktur untuk menyederhanakan sistemnya. Modul modul ERP yang perlu dimiliki oleh perusahaan Manufaktur di antaranya:
– Supply Chain Management (ERP SCM)

Salah satu contoh modul operasional dalam penggunaan ERP adalah supply chain management. Supply chain management adalah modul ERP untuk mengawasi dan memastikan kelancaran alur rantai pasokan. Apa itu supply chain management sangat penting untuk dipahami pemilik bisnis.
– Customer Relationship Management (CRM ERP alias ERP with CRM)

CRM berbicara tentang menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Hal ini dimulai dari pertama kali pelanggan bertanya tentang produk dan/atau jasa yang disediakan hingga pembelian terjadi.
– Inventory Management

Inventory management sangat penting bagi setiap perusahaan, bahkan perusahaan jasa sekalipun. Ini karena perusahaan jasa juga membutuhkan berbagai jenis inventaris, setidaknya alat tulis kantor dan laptop.

E-Procurement

E-procurement adalah pengadaan secara elektronik. E-procurement yang baik tidak hanya bisa dilaksanakan menggunakan komputer atau laptop, tetapi juga menyediakan vendor portal yang membuat proses koordinasi bisa berjalan secara online.

– Manufacturing Management (Manufacturing Management Systems)

Perusahaan manufaktur memiliki proses bisnis yang kompleks, sehingga membutuhkan modul ERP manufaktur untuk mengelolanya. Nah, manufacturing management adalah modul ERP yang diperuntukkan bagi perusahaan manufaktur.

– Human Resource Management

Human resource management ERP module mencakup penggajian, absensi, dan fungsi administrasi lainnya dari HRD.

Purchasing Management System

Sistem manajemen pembelian dari ERP terintegrasi dengan sistem yang digunakan oleh divisi keuangan, sehingga memudahkan proses pembelian.

ERP modules untuk Perusahaan Konstruksi

ERP UNTUK PERUSAHAAN KONSTRUKSI
ERP UNTUK PERUSAHAAN KONSTRUKSI

Perusahaan konstruksi mempunyai sistem untuk mengelola kontrak degan klien, memantau pekerjaan berdasarkan data yang seharusnya secara real-time, sehingga dapat mengatasi permasalahan secara cepat dan tepat. Berbagai modul ERP yang diperlukan dalam ERP kontraktor, yaitu:
Inventory Management

Apa itu inventory management adalah modul ERP yang digunakan untuk mengelola persediaan (inventaris).
– Accounting Management

Accounting management adalah modul untuk mengelola pencatatan keuangan, yang mencakup sustainability accounting management and policy journal.

– Human Resource Management

Perusahaan konstruksi membutuhkan banyak karyawan, sehingga harus dikelola dengan baik menggunakan modul ERP HRM.
Project & Contract Management

Aktivitas bisnis perusahaan konstruksi berkaitan erat dengan project jangka panjan maupun jangka pendek. Nah, di sinilah modul ERP proyek berperan penting.

Purchasing Management Software

Perusahaan konstruksi perlu membeli banyak bahan, sehingga perlu modul ERP yang bisa mengelolanya, yaitu ERP purchasing.

ERP modules untuk Perusahaan Jasa

ERP UNTUK PERUSAHAAN JASA
ERP UNTUK PERUSAHAAN JASA

Untuk perusahaan bisnis Jasa yang aktivitasnya perlu didukung data klien hingga pengaturan penjadwalan dibutuhkan sistem yang dapat mengelola secara tepat, yaitu menggunakan solusi ERP dengan rincian ERP modules yaitu:
Customer Relationship Management (CRM)

Perusahaan jasa menjual kenyamanan untuk para pelanggannya. Oleh karena itu, proses ini membutuhkan ERP CRM yang mumpuni.

Sales Management

Perusahaan jasa juga perlu mengelola kegiatan penjualan dengan baik dan benar, sehingga membutuhkan ERP sales management.
Accounting Management Software

Aktivitas akuntansi dan keuangan dari perusahaan jasa juga perlu dicatat dengan baik, jelas, lengkap, dan akurat.

Human Resource Management

Selain itu, perusahaan jasa juga membutuhkan human resource management system untuk mengelola para karyawannya.

ERP modules untuk Perusahaan Jual Beli

ERP UNTUK PERUSAHAAN JUAL BELI
ERP UNTUK PERUSAHAAN JUAL BELI

ERP modules pada bisnis ini biasanya berhubungan langsung dengan konsumen atau pelanggan yang dimana mempunyai pelanggan berulang, dimana pelanggan tersebut akan terus memenuhi kebutuhan yang sama. Kemudian module ERP yang dapat dipilih untuk perusahaan jual beli yaitu:
Customer Relationship Management (CRM)

Modul ERP CRM dibutuhkan untuk menjaga hubungan yang baik dengan para pelanggan dan menindaklanjuti calon pelanggan baru.
Inventory Management Software

Inventory management software dibutuhkan perusaaan jual beli untuk mengelola inventaris yang berkaitan dengan penjualan maupun penggunaan internal oleh para karyawan.

Sales Management

Sales management adalah modul ERP untuk mengelola kegiatan tim sales, termasuk objek sales management dan peran strategis sales management.
Accounting Management

Accounting management dibutuhkan perusahaan jual beli untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan.
Warehouse Management System

Warehouse management system adalah modul ERP untuk mengatur alokasi gudang dengan efisien.
Purchasing Management

Sesuai namanya, perusahaan jual beli pasti butuh membeli barang, baik itu bahan baku untuk diproduksi maupun barang jadi untuk dijual kembali.

– Supply Chain Management

Modul ERP yang satu ini mengatur alur rantai pasokan dari semua barang yang masuk dan keluar.

– Human Resource Management

Human resource management adalah modul untuk mengelola sumber daya manusia. Contoh human resource management module ada di dalam iDempiere ERP.

– Point of Sales
Sistem yang bernama Point of Sales atau disingkat POS adalah suatu proses untuk menyelesaikan transaksi jual beli dengan menggunakan semacam alat kasir untuk  melakukan pemesanan dimana kasiratau pegawai toko akan mencatat pesanan melalui struk.

ERP modules untuk Perusahaan Properti

ERP UNTUK PERUSAHAAN PROPERTI
ERP UNTUK PERUSAHAAN PROPERTI

Perusahaan yang bergerak di industri properti sangat membutuhkan sistem yang terintegrasi, efektif, dan efisien untuk memudahkan perusahaan mengontrol aktivitas penjualan dan rental properti, mulai dari pemasaran, penjualan hingga pengelolaan unit baik yang belum dan sudah terjual dan dirental. Beberapa modul dalam ERP itu di antaranya:
Accounting Management

Perusahaan properti juga perlu mencatat segala aktivitas keuangan dengan akurat, agar tidak terjadi kecurangan.

Sales Management

Perusahaan properti memberikan bonus yang berbeda-beda bagi para salesperson, sehingga membutuhkan sales management yang baik dan benar.
Contract Management

Contract management berbicara tentang kontrak antara perusahaan properti dengan pengelola gedung, para penyewa, dan para pembeli.
Facility Management

Facility management berbicara tentang pengelolaan setiap fasilitas properti yang dapat digunakan oleh pihak tertentu maupun pihak umum.
Rental Management

Rental management berbicara tentang pengelolaan sewa satu dan/atau beberapa unit oleh pihak penyewa.
Property Management

Property management mencakup semua hal yang berhubungan dengan properti tersebut, mulai dari pembangunan hingga penggunaannya.

Project Management

Project management adalah modul ERP yang berguna untuk memastikan kelancaran proyek yang sedang berjalan.

ERP modules untuk Perusahaan Makanan dan Minuman & Retail

ERP UNTUK PERUSAHAAN RETAIL
ERP UNTUK PERUSAHAAN RETAIL

Bisnis makanan dan minuman menjadi salah satu bisnis yang banyak digeluti berbagai kalangan masyarakat dari skala bisnis yang kecil hingga besar. ERP sangat dibutuhkan menjadi solusi terbaik dalam pengelolaannya. Karena kecepatan dan ketepatan sangat diperlukan dalam industri ini yang pengaruhnya sangat besar terhadap kepuasan pelanggan. ERP module yang dapat dipilih sebagai pendukung bisnis perusahaan makanan dan minuman yaitu:
Point of Sale (POS)

Point of Sale adalah waktu dan tempat di mana penjualan terjadi. Pengelolaan ini tentu dibutuhkan perusahaan retail.

– Supply Chain Management

Modul ERP SCM juga dibutuhkan untuk mengatur arus keluar masuk barang, mulai dari pemesanan, produksi, distribusi, hingga barang sampai di tangan pelanggan dan konsumen akhir.
Accounting Management

Perusahaan retail juga membutuhkan ERP akuntansi yang mumpuni untuk pencatatan keuangan yang akurat.
Inventory Management System

Perusahaan retail membutuhkan ERP inventory management yang baik dan benar untuk mengelola semua persediaannya.

Warehouse Management Systems

Warehouse management systems juga dibutuhkan perusahaan retail untuk alokasi gudang yang efektif dan efisien.

Meninjau daftar ERP modules di atas, dapat disimpulkan bahwa modul yang paling dibutuhkan di setiap perusahaan adalah: accounting management, inventory management, human resource management, sales management, supply chain management, dan manajemen pengadaan.

Ada juga beberapa ERP modules yang khusus dibuat untuk bisnis perusahaan makanan dan minuman seperti restaurant management dan e-Menu yang sudah banyak diterapkan beberapa restoran pada saat pemesanan makanan dan minuman tidak lagi menggunakan tulis tangan, tetapi di-order menggunakan aplikasi baik itu oleh pelayan atau pelanggan itu sendiri.

Sistem ERP terus melakukan perkembangan dan penyesuaian agar dapat memenuhi segala kebutuhan bisnis perusahaan yang bervariasi. KOSTA Consulting dapat menjadi pilihan anda untuk mengimplementasikan ERP sebagai solusi bisnis perusahaan berdasarkan industri Anda.

en_US
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini