Sistem Inventory, Kelebihan & Pengertian

sistem inventory, software inventory

sistem manajemen persediaan atau sistem inventory, mendengar kata inventori pasti sudah terbayang dibenak anda yaitu berkaitan dengan “gudang“, banyak dari anda juga yang belum mengetahui apa itu sistem inventori atau sistem manajemen pergudangan?.
Nah bagi anda yang sudah berkecimpung kedunia bisnis pasti hal ini sudah tidak asing lagi, kan? yaitu sistem stock barang, ya secara garis besar hampir sama dengan kinerja dari sistem inventory.

Mari simak penjelasan berikut ini. Sistem inventori adalah sebuah software atau perangkat lunak yang mengatur segala sistem penyimpanan barang. Contohnya seperti kita membeli kebutuhan elektronik untuk dijual kembali pastinya membutuhkan penyimpanan barang kan? nah sistem ini bertujuan untuk mengatur barang tersebut apakah tersedia penyimpananya, letak dan posisi penyimpanan barang tersebut, bahkan jika sistem inventory yang sudah digunakan sudah bisa terintegrasi dengan barcode itu akan mempermudah, mulai dari tracking atau pelacakan barang.

Bagaimana, penjelasan diatas? apakah sudah menggambarkan secara besar apa itu sistem inventory?.
Jika belum dan masih penasaran dengan sistem inventory dari penjelasan diatas mari kita simak, Apa saja manfaat serta fungsi-fungsi dari sistem inventori.

SISTEM INVENTORY, MANFAAT DAN FUNGSI

Berkembangnya teknologi dan industri yang sudah memasuka era 4.0 pastinya membutuhkan teknologi dan software yang lebih canggih, tentunya untuk keberlangsungan bisnis dan meningkatkan profitabilitas bagi perusahaan.
Berikut adalah Fungsi yang terdapat dari sistem Innvetori Kosta Consulting :

Beberapa manfaat utama dari sistem manajemen pasokan yang juga alasan mengapa banyak perusahaan beralih ke penggunaan solusi otomatis ini.

Sentralisasi Penyimpanan Data
Lebih website tindakan Anda harus mengelola, semakin Anda mengelola pesanan dan melacak ketersediaan stok Anda sendiri. Dengan sistem manajemen persediaan yang tepat, Anda dapat memeriksa ketersediaan properti dan lokasi di detik, bahkan jika produk dalam berbagai gudang atau toko. Anda juga dapat memproses pesanan dan melacak pengiriman mail dengan sistem yang sama.

Inventory control
kontrol stok (atau inventory control) adalah kerja yang dilakukan oleh perusahaan yang menyediakan persediaan yang dibutuhkan untuk memenuhi permintaan konsumen. Sistem manajemen persediaan memungkinkan Anda untuk memantau ketersediaan stok dan mengkonfirmasi bahwa itu masih pada tingkat yang cukup. Sistem akan memberikan notifikasi ketika diet Anda rendah sehingga Anda dapat memesan ulang segera.

Peningkatan Efisiensi
Dengan sistem manajemen persediaan, berbagai kegiatan yang kompleks yang termasuk dalam pengelolaan stok dapat dibuat lebih sederhana. Per bulan untuk laporan persediaan tahunan dapat dihasilkan dalam hitungan detik. Tidak mungkin jika dilakukan secara manual.

Produktivitas Optimal
Karena pekerjaan yang berbeda terkait dengan manajemen persediaan telah otomatis, sehingga karyawan Anda dapat fokus pada tugas-tugas lain yang tak kalah penting. Mereka harus terpaku pada pekerjaan yang membutuhkan banyak waktu dengan merekam jumlah saham atau penyusunan laporan ke spreadsheet.

Mengurangi Biaya
manajemen persediaan solusi untuk menjaga perusahaan kerugian keuangan sebagai akibat dari berbagai kesalahan manusia, penyimpanan kelebihan persediaan, membeli produk yang tidak perlu, kompensasi untuk keterlambatan dalam pengiriman, dan lain-lain. Dengan sistem terpusat yang terintegrasi, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli sistem tambahan untuk mengelola persediaan. Selain itu, Anda juga dapat mengurangi biaya jika Anda menggunakan untuk membayar tenaga kerja profesional untuk mengelola persediaan perusahaan. Oleh karena itu, sistem ini mampu untuk mengotomatisasi pengelolaan inventaris Anda. Sistem ini dapat dengan mudah diimplementasikan oleh siapapun, bahkan jika pengguna tidak ahli dalam persediaan.

Peningkatan Kepuasan Pelanggan
Memastikan manajemen persediaan perangkat lunak yang semua kontrol dengan benar dipenuhi oleh informasi real-time yang berkaitan dengan tingkat persediaan Anda. Sistem ini juga memungkinkan Anda untuk melacak pengiriman pesanan untuk konsumsi. Jadi pada akhirnya, sistem meningkatkan kepuasan pelanggan pada layanan Anda.

Perencanaan yang Akurat
sistem manajemen inventory membantu Anda untuk lebih proaktif ketika merencanakan kebutuhan inventaris Anda. Dengan laporan persediaan lengkap dan akurat, Anda dapat menemukan produk yang paling populer, produk yang jarang dipesan oleh konsumen, jumlah hal-hal yang Anda perlu untuk memberikan di masa depan, semakin banyak manfaat penyedia dan informasi penting lainnya yang membantu meningkatkan produktivitas bisnis.

Fitur Kunci Dalam Sistem Manajemen Persediaan
Perlu diingat bahwa sistem manajemen persediaan memiliki karakteristik yang sama. Beberapa dari mereka memungkinkan pengguna untuk mengelola persediaan di banyak toko dan beberapa hanya memungkinkan pengguna untuk mengelola persediaan di satu tempat. Terlepas dari provider, berikut adalah beberapa fitur utama yang harus ada dalam manajemen persediaan yang baik.

Manajemen Persediaan
Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memantau pergerakan saham dari satu tempat ke tempat lain. Ketika barang di gudang atau toko, fungsi ini secara otomatis akan mengurangi jumlah kepemilikan saham (persediaan di tangan).

Manajemen Pembelian
Dengan fitur ini, pengguna dapat mengatur jumlah minimal saham dan memungkinkan pemberitahuan akan memberitahu Anda jika persediaan telah mencapai minimum yang telah ditentukan. Pengguna dapat kemudian segera menempatkan order secara otomatis ke pemasok.

Manajemen Pemasok
Fitur ini menyimpan semua informasi lengkap mengenai pemasok. Dengan fitur ini, pengguna dapat dengan mudah menemukan vendor yang ingin diinformasikan dan untuk membandingkan kutipan dari satu operator ke operator lain.

Code Scanning Bar
Ini adalah salah satu fitur yang paling dibutuhkan oleh banyak perusahaan, terutama yang bergerak di bidang retail dan grosir. Dengan adanya fitur ini dapat memudahkan untuk proses pelabelan dengan mudah, tepat dan cepat.

Pelacakan Pengiriman
Dengan pengiriman pelacakan alat, penjual dapat dengan mudah melacak barang yang dikirim ke pelanggan. Beberapa sistem manajemen persediaan bahkan memungkinkan pelanggan untuk mengkonfirmasi penerimaan barang langsung ke situs Anda melalui aplikasi mobile.

Laporan Persediaan
Sebuah perangkat lunak manajemen persediaan yang baik menyediakan alat pelaporan yang kuat yang menunjukkan analisis lengkap data pada pergerakan saham, valuasi saham, jumlah bahan, perputaran persediaan, dan banyak lagi. Dengan data yang akurat, pihak tertarik di perusahaan dapat membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

id_ID
en_US id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini