Pentingnya Penggunaan ERP Inventory Terbaik

ERP inventory merupakan salah satu software yang mampu menunjang kegiatan bisnis perusahaan. Sesuai namanya, software bisnis ini digunakan untuk memantau persediaan barang di gudang. 

ERP sendiri adalah singkatan dari Enterprise Resource Planning, yaitu sebuah business software yang mampu mengotomatisasi seluruh proses bisnis, termasuk inventory, human resources, finance & accounting, procurement, dan lain sebagainya secara terintegrasi, sehingga menjadi lebih efisien.  

Pengertian ERP Inventory 

ERP inventory adalah software yang mampu memantau jumlah barang yang tersedia, pesanan, penjualan, pembelian, dan pengiriman barang. Ada banyak manfaat dari ERP inventory. Namun, di bawah ini adalah 4 manfaat utamanya. 

4 Manfaat ERP Inventory  

Menawarkan berbagai fitur dan kemudahan, inventory software memiliki sejumlah manfaat yang sangat penting, antara lain:   

Memperoleh Data yang Akurat

Perekaman data secara real-time yang dilakukan oleh inventory software dapat merekam beginning stock (stok awal) dan seluruh transaksi, sehingga menghasilkan ending stock (stok akhir) yang akurat berdasarkan periode tertentu sesuai kebijakan perusahaan.  

Memantau Gudang dengan Lebih Mudah 

Dengan menggunakan inventory software, maka Anda tidak perlu berjalan ke gudang untuk mengetahui ketersediaan barang bisa, baik jumlah fisik di gudang, jumlah barang yang telah di-booked, maupun jumlah barang yang tersedia untuk dijual. Anda dapat memantau data yang ditampilkan di software dengan rapi dan sederhana dari mana saja, termasuk dari kamar tidur Anda.   

Mencegah Kehabisan atau Kelebihan Barang  

Software bisnis ini juga dapat memperbarui stok secara akurat dan efisien. Setiap ada data baru yang dimasukkan, maka software akan memperbarui stok barang dan memberikan perhitungan terkini.     

Inventory software juga menyediakan fitur replenishment untuk memastikan ketersediaan stok sesuai dengan batasan minimum dan maksimal yang ditentukan perusahaan, sehingga Anda dapat segera memperoleh informasi ketika perlu me-restock barang.   

Memuaskan Konsumen  

Dengan mengetahui ketersediaan barang secara akurat dan real-time, maka kesalahan penjualan dapat diminimalkan. Kesalahan yang dimaksud adalah memberikan status ready stock untuk barang yang sebenarnya sudah out of stock

Apabila ada konsumen yang memesannya, maka Anda perlu membatalkan pesanan tersebut, yang tentunya akan menurunkan citra Anda di mata konsumen. Jika Anda dapat menghindari hal tersebut dan mengirimkan barang yang benar dengan tepat waktu, maka konsumen akan merasa puas dan sangat mungkin menjadi pelanggan tetap Anda.      

Apabila Anda membutuhkan ERP inventory, silakan hubungi Kosta Consulting, vendor ERP iDempiere yang telah mendukung kegiatan bisnis banyak perusahaan selama 10 tahun. iDempiere dapat dikonfigurasi sesuai kebutuhan dan keunikan proses bisnis setiap perusahaan serta dapat digunakan tanpa batasan jumlah pengguna (unlimited user).    

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini