Apa Itu Sistem ERP? Ini Jawaban dan Contohnya

Di era yang serba digital ini, setiap perusahaan seolah dipaksa untuk beralih ke digitalisasi total, salah satunya dengan penggunaan sistem ERP. Namun, banyak yang belum tahu apa itu sistem ERP.  

Padahal sistem ERP kini mulai banyak digunakan, baik oleh perusahaan besar maupun kecil, demi tercapainya efektivitas dan efisiensi bisnis. Hal itu akan menghemat waktu kerja, sehingga memungkinkan para karyawan dan pihak manajemen untuk mengembangkan ide dan strategi baru.  

Apa Itu Sistem ERP? 

Untuk menjawab pertanyaan apa itu sistem ERP, ketahuilah bahwa kepanjangan ERP adalah Enterprise Resource Planning. Sistem ERP adalah suatu sistem informasi yang dapat membantu perusahaan untuk mengotomatisasi dan mengintegrasikan seluruh proses bisnis utamanya. 

Melansir situs resmi Universitas Bina Nusantara Malang, ERP bisa memfasilitasi pembagian data, aliran informasi, dan menyalurkan praktik bisnis terintegrasi di antara semua pengguna di dalam suatu perusahaan. 

Sistem ERP terdiri dari berbagai modul yang sangat berguna bagi keberlanjutan suatu perusahaan, antara lain: 

Asset Managament (Manajemen Aset)

Financial and Accounting (Keuangan dan Akuntansi)

Human Resources (Sumber Daya Manusia) 

Inventory Management (Manajemen Persediaan)

Supply Chain Management (Manajemen Rantai Pasokan) 

Customer Relationship Management (Manajemen Hubungan Pelanggan) 

Warehouse Management System (Manajemen Pergudangan) 

Keuntungan dari Implementasi ERP 

Pada awalnya, implementasi sistem ERP pada perusahaan jenis apa pun memang tergolong mahal dan memakan waktu, mulai dari pencarian vendor ERP, gap analysis, hingga proses adaptasi dengan sistem ERP. 

Namun, jika Anda berhasil memilih vendor ERP yang tepat, maka implementasi ERP dapat menjadi investasi bernilai demi masa depan bisnis perusahaan. Otomatisasi dan integrasi yang ditawarkan sistem ERP dapat melancarkan proses bisnis, meringankan beban kerja, dan meminimalkan kesalahan akibat human error.    

Contoh Sistem ERP 

Ada banyak contoh sistem ERP yang telah digunakan oleh perusahaan besar, seperti: Oracle ERP, Odoo Enterprise, SAP ERP, dan lain sebagainya. Namun, adakah alternatif sistem ERP yang lebih terjangkau? Jawabannya: ada, yaitu ERP iDempiere yang bersifat open source

Selain terjangkau, modul ERP iDempiere ini bisa dikonfigurasikan sesuai kebutuhan dan keunikan proses bisnis setiap perusahaan. ERP open source ini juga dapat digunakan tanpa biaya lisensi modul dan tanpa batasan maksimal jumlah pengguna (unlimited user).  

Dari segi keamanan, ERP open source ini bisa dipasang di server perusahaan atau di cloud yang sangat aman, yaitu: Amazon Web Service. Untuk informasi lebih lanjut mengenai implementasi ERP iDempiere Indonesia, silakan hubungi Kosta Consulting di nomor 0821-2228-2266 atau kirimkan email Anda ke sales@kosta-consulting.com

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini