Kemudahan Manajemen Inventory dengan ERP iDempiere

Manajemen inventory adalah proses pengelolaan dan pengendalian barang yang menjadi persediaan perusahaan. Proses ini mencakup kegiatan pemesanan, penyimpanan, penggunaan, dan penjualan stok barang kepada konsumen. 

Berkaitan erat dengan perekaman dan  administrasi pengelolaan stok, semakin banyak dan variatif stok yang dimiliki, maka semakin sulit pula untuk mengelolanya secara manual.    

Oleh karena itu, kini banyak perusahaan yang menggunakan inventory software untuk merekam seluruh proses tersebut dan melakukan perhitungan otomatis, sehingga mengurangi risiko kesalahan akibat human error.    

Software Manajemen Inventory 

Jika Anda sedang mencari inventory software, maka iDempiere ERP adalah pilihan yang tepat. Sistem ERP iDempiere memiliki modul inventory yang bisa menggolongkan barang berdasarkan SKU, atau indikator lainnya, mengoreksi data stok harian, dan membantu proses replenishment. Dengan begitu, Anda bisa memantau proses pengelolaan persediaan lewat laptop, komputer, bahkan mobile device.    

Tak hanya untuk inventory, iDempiere juga dapat mengotomatisasi seluruh proses bisnis lainnya, seperti finance & accounting, warehouse, supply chain, dan lain sebagainya secara terintegrasi. Dengan begitu, hanya dibutuhkan satu software untuk menjalankan seluruh proses bisnis secara otomatis dan terintegrasi. 

Manajemen Inventory di iDempiere  

Untuk mempermudah proses manajemen inventory, ERP iDempiere memiliki menu ‘Informasi Produk’ yang memuat beberapa data inventaris. Berikut ini rincian data stok yang bisa dilihat pada menu tersebut: 

  • On-hand stock: informasi jumlah stok barang yang tersedia di gudang.      
  • Reserved stock: informasi jumlah stok barang yang telah dipesan oleh pelanggan dan divalidasi dengan penerbitan dokumen sales order
  • Available: informasi jumlah stok barang yang bisa dijual. Nilai dari available stock adalah selisih dari jumlah on-hand stock reserved stock
  • Order quantity: informasi jumlah stok yang sudah dipesan ke supplier

Contoh: Perusahaan memiliki stock untuk produk A di gudang sebanyak 100 pcs. Nilai 100 ini akan muncul sebagai on-hand stock di ERP iDempiere.

Kemudian ada penjualan produk A sebanyak 20 pcs yang sudah diinput ke dokumen sales order, tetapi barangnya belum dikirim, sehingga masih tersimpan di gudang. ERP iDempiere merekam jumlah stok yang sudah terjual, tetapi belum terkirim ini sebagai reserved stock: 20 pcs. 

Jumlah stok A di gudang memang masih 100, tetapi karena 20 pcs sudah dipesan, maka sisa stok produk A yang bisa dijual adalah 80 pcs. ERP iDempiere menginformasikan nilai 80 pcs ini sebagai available stock

Jika nantinya produk A yang terjual itu sudah dikirimkan, maka jumlah reserved stock dan on-hand stock akan terkoreksi menjadi on-hand stock 80 pcs, available stock 80 pcs, dan reserved stock 0. 

Fitur Inventory Lainnya di iDempiere 

Bukan hanya informasi produk yang sudah terjual, ERP iDempiere juga merekam informasi jumlah stok yang sudah dipesan ke supplier. Contoh: divisi procurement sudah melakukan purchasing produk A sebanyak 70 pcs dan sudah dibuatkan dokumen purchase order, maka akan ada informasi ordered stock: 70 pcs. 

Saat produk A yang dipesan itu sudah tiba semua di gudang dan sudah dibuat dokumen material receipt, maka data on-hand dan ordered stock segera terkoreksi menjadi on-hand: 150 pcs dan ordered stock: 0. 

Namun, tentu saja ERP iDempiere merekam pengiriman ataupun penerimaan barang secara parsial. Dengan begitu, data dari on-hand, reserved, available, dan ordered stock akan terkoreksi sesuai data yang ada di dokumen-dokumen transaksi yang terkait. 

Selain itu, ada pula fitur replenishment, yang memungkinkan divisi gudang untuk menentukan metode pemasokan untuk tiap produk. Apakah dengan menerapkan penetapan batas minimum, atau juga dengan mempertahankan batas maksimum, sehingga dapat meningkatkan efisiensi pembelian. 

Contoh: barang A memiliki batas minimum 10 pcs dan batas maksimum 15 pcs. Ketika barang itu hanya tersisa sebanyak 10 pcs, maka akan muncul notifikasi di ERP iDempiere untuk mengingatkan pihak terkait untuk melakukan pemesanan. Sistem juga akan memberikan pengingat untuk jumlah maksimum, sehingga pemesanan tidak melebihi angka yang sudah ditentukan, yaitu maksimal 15 pcs. 

Untuk informasi lebih jauh mengenai modul manajemen inventory dan modul ERP lainnya dari iDempiere, silakan hubungi Kosta Consulting di nomor 0821-2228-2266.      

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini