Modul Modul Sistem ERP Kosta Consulting

modul erp, modul erp kosta consulting, erp, software erp, erp indonesia
modull erp

Beberapa Modul – Modul dalam Sistem ERP

Software ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang dapat mendukung  suatu proses bisnis, dengan didalamnya mempunyai beberapa ERP moduls utama yang dapat dikelola oleh perusahaan. Modul – modul ERP tersebut seperti bagian yang sering kita temui pada bidang – bidang diperusahaan biasanya. Berikut beberapa deskripsi mengenai modul – modul yang dimiliki oleh ERP software.

1. Human Resource Management ( HRM )

HRM atau Human Resource Management merupakan ERP module yang dapat membantu  mengelola sumber daya manusia. ERP module ini mempunyai beberapa fungsi diantaranya pengelolaan informasi basis data karyawan, baik itu data perekrutan, kontak, kehadiran, penggajian, manajemen tugas serta kebutuhan tenaga kerja lainnya yang berhubungan dengan perusahaan. Karena SDM adalah salah satu asset  terbesar dalam suatu perusahaan dengan adanya ERP module HRM ( Human Resource Management ) permasalahan SDM perusahaan dapat berjalan lebih teratur kedepannya. ERP module HRM sendiri mempunyai beberapa sub, diantaranya:

2. Personnel Management

Sub ERP module yang membuat perencanaan, pengaturan dan pengendalian perusahaan tersebut, serta mengatur perekrutan karyawan.

  • Personnel Time Management

Sub ERP module yang mengatur jam kerja karyawan untuk perusahaan yang berjalan selama 24 jam tanpa henti,  tentunya  untuk perusahaan seperti ini mempunyai proses bisnis yang berbeda ketimbang perusahaan lain yang bekerja selama 8-10 jam pada umumnya. Jika waktu jam kerja terlewatkan satu jam saja, maka kerugian yang dialami perusahaan cukup besar.

  • Payroll

Sub ERP module yang mengatur penggajian karyawan. Penggajian karyawan akan mempengaruhi kinerja karyawan sebagai salah satu penentu omset bisnis perusahaan.

  • Training and Event Management

Suatu Sub ERP module yang membuat pelatihan dan pengadaan kegiatan untuk karyawan sebagai peningkatan kemampuan karyawan, agar kinerja uang dilakukan pada perusahaan menjadi lebih optimal sesuai divisi atau bagian yang ada pada perusahaan.

  • Organizational Management

Sub ERP module yang mengelola struktur organisasi pada perusahaan dengan fungsinya untuk mengatur alur kinerja setiap bagian perusahaan sesuai bidangnya masing – masing.

  • Travel Management

Sub ERP module ini merupakan bagian yang mengatur perjalanan wisata untuk karyawan. Tujuannya untuk memotivasi karyawan pada perusahaan menjadi lebih semangat dan produktif dalam bekerja.

3. Manufacturing Management

ERP module ini mempunyai fungsi untuk melakukan perencanaan produksi, pengaturan produksi, pengelolaan anggaran, pemantauan stok bahan baku dan barang jadi.

4. Accounting Management

Merupakan ERP module yang mengatur dan mengelola seluruh data keungan perusahaan dari berbagai aktivitas perusahaan seperti penjualan, pembelian, keuntungan, kerugiaan hingga pembayaran hutang perusahaan yang nantinya dapat menyajikan laporan hasil data yang terintegrasi dari beberapa departemen atau bidang pada perusahaan. Dari laporan keuangan tersebut, maka dapat menjadi salah satu pembuatan keputusan pergerakan perusahaan kedepannya.

5. Purchasing Management

Suatu  ERP module yang mengelola pembelian barang ke vendor atau pemasok . dengan adanya data pembelian tersebut, perusahaan dapat mempunyai gambaran untuk pembelian selanjutnya agar lebih terkontrol dan sesuai kebutuhan bisnis serta permintaan klien atau konsumen.

6. Inventory Management

ERP module yang mengelola ketersediaan barang, pengendalian pengadaan, dan berbagai kebutuhan inventaris lainnya sebagai penunjang bisnis perusahaan.

7. Project Management

ERP module  yang dapat membuat perencanaan dan anggaran project, sehingga dapat dilakukan pemantauan perkembangan project yang sedang berjalan. Biasanya ERP module ini digunakan oleh perusahaan kontraktor dan permesinan.

8. Sales Management

Merupakan  ERP module yang bergerak pada strategi pemasaran. Fungsinya untuk mengelola data pelanggan, prospek pelanggan, pemantauan perkembangan penjualan, jadwal prospek ke pelanggan hingga pembuatan laporan penjualan dengan detail.

9. Customer Relationship Management

ERP module ini hampir sama dengan ERP module Sales Management, namun berfokus pada pengelolaan pelanggan, dimana fungsinya melakukan input history interaksi dengan klien atau pelanggan, kemudian membuat marketing campaign, laporan prilaku dan pola pelanggan ketika membeli.

10. Supply Chain Management

ERP module yang berfungsi untuk mengoptimalisasikan produktivitas dan efektifitas dari aktivitas  suppliers, manufaturers, warehouse dan store.

11. Warehouse Management

Merupakan ERP module yang dapat membantu perusahaan dalam mengelola operasi harian gudang dari mulai pemasok, pengepakan barang, pengiriman serta perpindahan stok. ERP module ini menjadi modul yang penting bagi perusahaan manufaktur.

Konsultasikan Kebutuhan ERP Untuk Bisnis Anda

Jika anda sedang mencari ERP yang bisa terintegrasi dan dapat menyesuaikan kebutuhan untuk bisnis dan perusahaan anda, bisa langsung menghubungi kami melalui chat di Whatsapp : 0821-2228-2266

erp, software erp, erp indonesia, whatsapp tombol


Dapatkan harga terbaik dari software ERP di Kosta Consulting, Konsultasi ERP gratis untuk seluruh wilayah Indonesia.

id_ID
en_US id_ID