Arti Vendor di Dalam Rantai Pasokan

Pernah mendengar curhatan teman Anda tentang sulitnya mencari vendor, tetapi Anda sendiri tidak paham apa arti vendor? Tenang, sebentar lagi Anda akan segera mengetahuinya. 

Meski kerap dikenal sebagai salah satu elemen penting di dalam suatu acara, tetapi vendor juga berperan penting di dalam rantai pasokan perusahaan. 

Arti Rantai Pasokan Perusahaan  

Rantai pasok adalah rangkaian proses bisnis yang menghubungkan beberapa faktor untuk meningkatkan nilai produk dan mendistribusikannya kepada konsumen. 

Bertujuan utama untuk meningkatkan nilai, setiap pihak yang terlibat di dalam rantai pasokan, baik perusahaan maupun vendor perlu memberikan input yang bisa meningkatkan nilai suatu produk. 

Nilai yang melekat pada suatu produk dapat memenuhi permintaan konsumen, meningkatkan daya saing, dan meningkatkan keuntungan perusahaan.   

Alur rantai pasokan dimulai dengan pengiriman bahan mentah dari pemasok ke produsen, dilanjutkan ke distributor, lalu toko, dan berakhir dengan pengiriman produk ke konsumen akhir. 

Manajer rantai pasokan harus berusaha semaksimal mungkin untuk meminimalkan produk cacat dan menekan biaya. Jadi, lingkup pekerjaannya tidak terbatas pada peta logistik dan pembelian inventaris, melainkan juga mencakup pengambilan keputusan demi meningkatkan produktivitas, kualitas, dan efisiensi operasi. 

Arti Vendor 

Melansir Investopedia, arti vendor adalah pihak di dalam rantai pasokan yang menjual barang bagi pihak lain. Meski istilah ini umumnya digunakan untuk menjelaskan pihak yang dibayar atas barang yang disediakan, tetapi vendor bisa beroperasi baik sebagai pemasok (atau penjual) barang maupun produsen. 

Perusahaan besar umumnya telah memiliki daftar vendor yang memasok setiap barang sesuai waktu yang disepakati bersama. Pasokan ini meliputi bahan baku (barang mentah), barang setengah jadi, bahan pendukung, mesin produksi, dan lain sebagainya.    

Manfaat Vendor 

Vendor pada dasarnya bertugas untuk memastikan seluruh kebutuhan dipenuhi sesuai hasil kesepakatan bersama perusahaan yang bekerja sama dengannya. Oleh karena itu, vendor harus memastikan tingkat kualitas, pelayanan, serta pengiriman barang yang tepat waktu.   

Vendor bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan yang tidak bisa dipenuhi oleh perusahaan terkait. Contoh: vendor mesin kopi untuk kedai kopi. 

Kehadiran vendor sangat memengaruhi kelancaran alur rantai pasok suatu bisnis. Maka dari itu, setiap perusahaan harus senantiasa memantau kualitas kerja vendor yang telah dipercaya. 

Cara Memilih Vendor yang Berkualitas 

Setiap vendor akan berusaha untuk memberikan penawaran menarik untuk memikat hati perusahaan. Nah, agar bisa memilih vendor yang berkualitas, lakukan hal-hal di bawah ini: 

Cek Variasi Produk

Pertama, cek variasi produk yang disediakan oleh vendor. Semakin banyak variasi produk yang disediakan, maka akan semakin berkualitas pula vendor itu. Dengan demikian, Anda tak perlu mencari banyak vendor lain lagi karena vendor itu telah menyediakan semua produk yang dibutuhkan. 

Pastikan Harga Sesuai Standar Bahan 

Vendor dengan pengalaman tinggi pasti berusaha memberikan pelayanan maksimal bagi perusahaan. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan harga sesuai standar bahan produk yang disediakan. 

Waspadalah jika Anda menemukan vendor dengan harga yang terlampau murah, karena mungkin saja kualitas bahannya di bawah standar.  

Perhatikan Kapasitas Pelayanan 

Terakhir, perhatikan kapasitas pelayanan yang diberikan. Semakin tinggi pelayanan yang diberikan, maka harga yang ditawarkan juga akan semakin tinggi. Demikian pula sebaliknya. Jadi, Anda bisa memilih vendor yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan, dan kemampuan Anda. 

Kesimpulan 

Pemilihan vendor yang tepat menentukan kelancaran rantai pasok, termasuk proses produksi dan juga proses operasional perusahaan. Untuk memilih vendor yang berkualitas, cek variasi produknya, apakah harganya sesuai standar bahan, dan bagaimana kapasitas pelayanannya. 

Jika Anda memiliki terlalu banyak vendor untuk dianalisis, maka gunakanlah vendor portal dari ERP iDempiere yang bisa mempermudah analisis dan pemilihan vendor sesuai kebutuhan. Dengan vendor portal yang berada di dalam modul procurement ini, semua vendor bisa langsung mengajukan penawaran dan melakukan perubahan secara otomatis. Dengan demikian, komunikasi antara vendor dan perusahaan dapat berjalan dengan lancar.    

Tak hanya itu, vendor portal dari ERP iDempiere juga terintegrasi dengan modul finance sehingga vendor bukan hanya bisa melakukan pengecekan pengadaan barang, melainkan hingga status pembayaran dari transaksi yang berjalan.

Selain itu, ERP iDempiere juga bisa digunakan tanpa batasan jumlah pengguna (unlimited user), sehingga dapat meningkatkan kredibilitas sistem dan karyawan. Untuk informasi lebih lanjut tentang modul dan implementasi ERP iDempiere, silakan hubungi Kosta Consulting di nomor 0821-2228-2266.   

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini