HRIS adalah Sistem Krusial, Mengapa?

HRIS adalah sistem yang bersifat krusial karena berperan untuk mengelola human resource (sumber daya manusia), yang merupakan aset berharga perusahaan. Proses rekrutmen sampai proses keluarnya karyawan sangat membutuhkan sistem ini.   

Maka dari itu, banyak perusahaan yang mencari aplikasi HRIS Indonesia terbaik untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan sumber daya manusianya. 

HRIS adalah Sistem Krusial 

Kepanjangan HRIS adalah Human Resource Information System. Sesuai namanya, sistem ini digunakan untuk mengelola berbagai informasi terkait sumber daya manusia (karyawan) di suatu perusahaan.  

Software HRIS menyimpan informasi lengkap tentang semua karyawan. Oleh karena itu, semua informasi yang tertera di dalam software ini dapat digunakan tidak hanya oleh divisi HR, melainkan juga divisi akuntansi dan keuangan, bahkan hingga manajemen puncak. 

Oleh karena itu, dibutuhkan aplikasi HRIS Indonesia yang terintegrasi dengan aplikasi yang digunakan oleh divisi lain. Dengan begitu, data antar divisi dapat terhubung satu sama lain dan semua divisi akan terhindar dari kesalahpahaman.      

Mengapa Perusahaan Harus Memiliki HRIS ?  

Setelah mengetahui apa itu HRIS, kini saatnya untuk mengetahui berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan HRIS. 

HRIS pada dasarnya mencakup berbagai fungsi, antara lain: pendataan, rekrutmen, penggajian, pelatihan, dan manajemen kinerja. Nah, berikut adalah sejumlah alasan mengapa perusahaan harus memiliki HRIS:        

Memudahkan Proses Rekrutmen  

HRIS juga memudahkan proses rekrutmen mulai dari penyaringan CV, penjadwalan wawancara, pendataan, pembuatan dan penandatanganan kontrak, hingga penempatan karyawan baru. 

Mengotomatisasi Pekerjaan Berulang 

Software HRIS dapat mengotomatisasi pekerjaan berulang, seperti perekapan absensi, perhitungan PPh Pasal 21, penggajian, dan lain sebagainya. Manfaat HRIS yang satu ini juga membantu proses keluarnya karyawan yang resign. 

Hal ini dapat menghemat waktu para staf HRD, sehingga waktu yang ada dapat digunakan untuk melakukan pekerjaan yang bersifat analitis. 

Memudahkan Pemantauan Kinerja 

Software HRIS juga memudahkan pengukuran dan pemantauan kinerja setiap karyawan lewat KPI dashboard yang dapat ditentukan sesuai kebutuhan perusahaan. 

Memudahkan Proses Pengambilan Keputusan 

HRIS adalah sistem yang dapat menyajikan informasi terkait para karyawan secara real-time, cepat, dan akurat. Nah, pimpinan HRD dapat mengakses semua informasi itu untuk mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.   

Mengurangi Biaya Operasional 

Penggunaan aplikasi HRIS Indonesia mungkin terasa mahal di awal. Namun, di dalam jangka panjang, penggunaan aplikasi ini dapat mengurangi biaya operasional. Mulai dari penggunaan kertas, biaya lembur, hingga kesalahan yang menimbulkan biaya lebih. 

Meningkatkan Kepuasan Karyawan 

Penggunaan software HRIS dapat mengurangi kekeliruan di dalam perhitungan gaji karyawan beserta pajaknya. Selain itu, proses pengajuan dan cuti pun jadi lebih mudah. 

Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan, kepuasan, dan loyalitas karyawan, yang berujung pada meningkatnya produktivitas karyawan.       

Meningkatkan Fleksibilitas Akses Data 

Kini sudah banyak contoh aplikasi HRIS perusahaan yang dapat diakses secara online. Beberapa contohnya adalah: HRIS Kemenkeu, HRIS UI , HRIS Bosowa, HRIS Erajaya , HRIS Samudera, HRIS PBRX , dan HRIS Perkasa. 

Oleh sebab itu, data yang tersimpan di dalam HRIS dapat diakses dari mana saja dan kapan saja dengan mudah. Pimpinan HRD lantas dapat melakukan pemeriksaan dan pemantauan dengan leluasa.    

Contoh Aplikasi HRIS Indonesia

Setelah mengetahui apa itu HRIS dan kepanjangan HRIS dan sejumlah manfaat yang dapat diperoleh darinya, maka kini saatnya untuk mengetahui berbagai contoh HRIS.  Beberapa contoh aplikasi HRIS yang kerap dicari adalah HRIS Perkasa , HRIS Kemenkeu , HRIS Bosowa , HRIS PBRX, HRIS Erajaya, HRIS Samudera , dan HRIS UI

Nah, selain contoh aplikasi HRIS di atas, masih ada contoh HRIS lainnya, yaitu modul HRIS dari ERP iDempiere. ERP sendiri adalah singkatan dari Enterprise Resource Planning. Software ERP iDempiere terdiri dari berbagai modul, di antaranya: HRIS, finance & accounting, supply chain management, warehouse management, dan lain sebagainya. Semua proses bisnis itu bisa diotomatisasi secara terintegrasi. 

Dengan menggunakan aplimasi ERP iDempiere, perusahaan hanya membutuhkan 1 aplikasi untuk mengotomatisasi seluruh proses operasional bisnis secara terintegrasi.   

Merupakan open-source ERP, iDempiere bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan dan keunikan proses bisnis setiap perusahaan. Tak hanya itu, software ini juga bisa digunakan tanpa batasan jumlah pengguna (unlimited user). 

Kesimpulan 

Software HRIS sangat dibutuhkan setiap perusahaan karena bermanfaat untuk mengelola para karyawan. Pengelolaan ini mencakup proses rekrutmen hingga keluarnya karyawan. 

Namun, jika Anda mencari software yang dapat mengotomatisasi seluruh proses operasional bisnis secara terintegrasi, maka ERP iDempiere jawabannya. Untuk informasi lebih lanjut terkait ERP iDempiere, silakan hubungi Kosta Consulting di nomor 0821-2228-2266.    

en_US
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini