Berkenalan dengan Software HRIS Terbaik, Si Asisten HRD

Pesatnya perkembangan teknologi perlu dimanfaatkan perusahaan untuk meningkatkan efisiensi proses bisnis, salah satunya dengan penggunaan software HRIS (Human Resources Information System) oleh HRD (Human Resources Department).    

HRIS dapat membantu penyelesaian pekerjaan HRD agar selesai lebih cepat, mudah, dan akurat. Namun, beberapa orang justru khawatir nantinya akan digantikan oleh software HRIS. Apakah benar? 

Pengertian Software HRIS 

HRIS adalah sistem yang memadukan teknologi dan pengelolaan sumber daya manusia. Hal ini memungkinkan otomatisasi, penyimpanan, dan pengelolaan informasi karyawan dengan cepat dan terpusat di 1 sistem saja. 

Sedangkan karyawan adalah komponen terpenting dari suatu perusahaan, sehingga kualitas kinerjanya sangat memengaruhi kelancaran bisnis perusahaan. Untuk menghasilkan kinerja yang berkualitas, karyawan perlu dikelola dengan baik oleh HRD. Dengan begitu, karyawan akan merasakan kepuasan kerja, yang secara tak langsung meningkatkan kinerjanya juga.   

Penggunaan HRIS dapat meningkatkan efisiensi alur kerja para karyawan, sehingga tak perlu lagi bersusah payah mengerjakan tugas administrasi dengan durasi pengerjaan yang cukup panjang. 

Dengan demikian, maka HRD bisa berfokus untuk menyusun strategi untuk mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di perusahaan tersebut. Oleh karena itu, tenang saja, HRIS dirancang bukan untuk menggantikan posisi HRD. 

4 Manfaat Software HRIS bagi HRD 

Lantas, apa saja manfaat sistem HRIS bagi HRD dan perusahaan? Simak selengkapnya berikut ini:   

Mengotomatisasi Tugas Administratif 

Tugas administratif umumnya bersifat berulang, sehingga memakan waktu yang cukup lama. Nah, sistem HRIS mampu mengotomatisasi berbagai rekapitulasi absen, survei karyawan, penggajian, dan lain-lain di dalam waktu yang singkat. 

Dengan begitu, karyawan bisa berfokus untuk mengerjakan tugas yang bersifat analitik dan membutuhkan ketenangan. Hal ini secara tak langsung juga akan meningkatkan kepuasan kerja karyawan. 

Selain itu, sistem HRIS juga bisa mengurangi human error, seperti kekeliruan dalam input data karyawan atau penghitungan gaji.  

Memudahkan Proses Pengelolaan Karyawan

Proses pengelolaan karyawan antara lain mencakup rekrutmen, manajemen kinerja, pembelajaran & pengembangan, perencanaan suksesi, serta gaji dan tunjangan. HRIS dapat memudahkan proses pengelolaan tersebut secara sistematis.      

Memudahkan Pemantauan Kinerja Karyawan 

HRIS software dapat mengolah data kinerja karyawan menjadi informasi yang sangat penting. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh HRD untuk meninjau perkembangan kinerja setiap karyawan dari semua divisi dan membandingkan kinerja terkini dengan kinerjanya di periode sebelumnya. 

Setelah meninjaunya lewat HRIS, maka jika memang diperlukan, HRD dapat memberi sanksi atau penyuluhan kepada karyawan yang kinerjanya menurun. Jika karyawan tersebut menanyakan penyebabnya, maka HRD dapat menunjukkan informasi yang akurat. 

Tak hanya itu, jika memang diperlukan, HRD juga bisa memberikan reward tertentu kepada karyawan yang kinerjanya meningkat.  

Software HRIS Membantu Pengambilan Keputusan 

Kemampuan HRIS untuk menyediakan data dan informasi yang akurat, seperti: absensi, penggajian, dan kinerja karyawan juga membantu manajer HRD untuk mengambil keputusan dengan cepat dan tepat. 

Kesimpulan

Alih-alih menggantikan peran HRD, HRIS terbaik dirancang untuk meningkatkan efisiensi alur kerja HR. Penggunaan HRIS akan menguntungkan para karyawan, karena mereka bisa berfokus mengerjakan tugas yang bersifat analitik. Perusahaan juga akan diuntungkan lewat kepuasan karyawan yang meningkat, sehingga jadi lebih produktif. 

Lantas, software HRIS apa yang terbaik? Jawabannya: iDempiere ERP. ERP (Enterprise Resource Planning) adalah software yang mampu mengotomatisasi tak hanya HRD, tetapi juga seluruh proses bisnis lainnya yang ada di suatu perusahaan secara terintegrasi.        

iDempiere menyediakan modul ERP HRD yang dapat mengotomatisasi berbagai pekerjaan HRD, seperti absensi dan penggajian (payroll) dan mengintegrasikannya dengan proses bisnis dari divisi lainnya.     

Tak hanya itu, iDempiere juga merupakan ERP open-source, yang dapat dikembangkan dengan bebas, sehingga perusahaan bisa meminta custom ERP yang sesuai kebutuhan dan keunikan proses bisnis perusahaan.  
Hubungi Kosta Consulting di nomor 0821-2228-2266 untuk pertanyaan lebih lanjut tentang implementasi ERP iDempiere

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini