3 Manfaat Software HRD untuk Proses Rekrutmen

Menemukan tenaga kerja yang berkualitas memang tak mudah. Maka dari itu, proses rekrutmen sering kali memakan durasi yang lama. Namun, hal ini dapat  diatasi dengan penggunaan software HRD alias software HR atau kadang dikenal sebagai HRIS (Human Resources Information System)

Teknologi yang dipakai di dalam software bisnis ini dapat mempercepat proses pengolahan data calon karyawan dan administrasi HRD yang kompleks. 

3 Manfaat Software HRD untuk Proses Rekrutmen 

Apa saja manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan software HRD untuk proses rekrutmen? Simak ketiga manfaatnya di bawah ini: 

Merekam Proses Rekrutmen sesuai Kebutuhan 

HRIS dapat digunakan untuk merekam jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan, waktu dimulainya proses rekrutmen, dan timeline rekrutmen. Proses rekrutmen ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kesanggupan perusahaan. 

Ada beberapa perusahaan yang perlu mewawancarai kandidat 3 kali secara on-site, tetapi ada pula yang hanya perlu melakukan 1 kali wawancara secara online. HRIS dapat digunakan untuk membuat jadwal rekrutmen dan penanggung jawab seleksi, sehingga memastikan tidak terjadi duplikasi saat proses rekrutmen berlangsung. 

Memilih Kandidat yang Sesuai 

Saat hendak membuka lowongan pekerjaan, maka HRD akan terlebih dulu mengidentifikasi posisi yang dibutuhkan. Agar mendapatkan tenaga kerja yang tepat, dibutuhkan kualifikasi dan persyaratan yang tepat. 

Software HR dapat merekam data semua pelamar dan pegawai. Jika ada seorang pegawai yang resign, maka HRD dapat menjadikan data pegawai yang resign itu sebagai referensi untuk menentukan kualifikasi penggantinya. Dengan tersimpannya data kandidat di dalam software, maka kandidat yang tidak sesuai kualifikasi akan otomatis gugur.    

Menyimpan Data Pelamar untuk Kemudian Hari 

Dari sekian banyak kandidat, tentunya tidak semua pelamar bisa diterima oleh perusahaan. Meski begitu, ada baiknya untuk menyimpan semua data pelamar tersebut dengan aman. 

Jika suatu hari nanti perusahaan harus melakukan rekrutmen untuk posisi yang berbeda, maka HRD dapat meninjau data pelamar dan mengontak kandidat dengan kualifikasi yang sesuai. Kini beberapa HRIS menghadirkan fitur untuk mencari data pelamar berdasarkan klasifikasi, seperti: pengalaman kerja, pendidikan, usia, atau yang lainnya.    

Software HR sangat dibutuhkan untuk meningkatkan efisiensi dalam perekrutan karyawan. Namun, apabila Anda membutuhkan software HR yang dapat dikonfigurasi sesuai kompleksitas proses rekrutmen Anda, mungkin yang Anda butuhkan bukan software HR semata, melainkan software Enterprise Resource Planning (ERP).  

Software ERP yang memiliki modul HRD yang dilengkapi dengan pencatatan absensi, perekaman kasbon, pengajuan cuti, dan juga terintegrasi dengan modul akuntansi & keuangan adalah ERP iDempiere.      

Selain itu, ERP iDempiere juga bisa digunakan tanpa batasan jumlah pengguna (unlimited user). Untuk informasi lebih lanjut mengenai modul dan implementasi ERP iDempiere, silakan hubungi Kosta Consulting di nomor 0821-2228-2266.      

en_US
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini