Begini Cara agar Tidak Gaptek, Mudah!

Perubahan zaman menuntut setiap orang untuk terus mengikuti perkembangan teknologi. Nah, agar bisa mengikuti perkembangannya, Anda perlu tahu cara agar tidak gaptek. 

Gaptek sendiri adalah singkatan dari gagap teknologi. Istilah gaptek digunakan sebagai julukan untuk orang yang kurang mahir dalam menggunakan teknologi. 

Ciri-Ciri Orang yang Tidak Gaptek  

Anda mungkin merasa tidak gaptek. Namun, apakah benar Anda tidak gaptek? Yuk, simak ciri-ciri tidak gaptek berikut untuk menemukan jawabannya: 

Memahami Manfaat Media Sosial  

Anda memanfaatkan media sosial tidak hanya untuk sekadar mengunggah foto dan video, tetapi juga menyebarkan informasi yang bermanfaat. 

Sebaliknya, Anda juga menggunakan media sosial untuk mencari informasi terbaru, berbagai tips, dan aneka pengetahuan sesuai minat Anda.    

Internet yang Lambat Membuat Anda Kesal   

Jika Anda langsung merasa kesal saat internet melambat alias lemot, maka itu menandakan bahwa Anda sangat bergantung pada internet. Tak hanya untuk bersenang-senang, Anda mungkin juga menggunakannya untuk belajar, bekerja, dan berbisnis.  

Menemukan Banyak Teman Baru dari Internet 

Menemukan banyak teman dari koneksi LinkedIn atau media sosial juga menandakan bahwa Anda jauh dari istilah gaptek. Ini menandakan bahwa Anda dapat menggunakan teknologi untuk menjalin komunikasi dan hubungan yang baik. 

Terbiasa Membaca Digital Book atau Online News   

Selanjutnya, kebiasaan membaca Anda pun turut berubah. Anda akan lebih sering membaca buku yang dikemas di dalam bentuk PDF atau berita online karena terasa lebih praktis.  

Tidak Langsung Percaya Pesan Berantai 

Dikarenakan banyaknya hoax yang beredar di internet, Anda tidak akan mudah percaya dengan pesan berantai yang dibagikan dari grup satu ke grup lainnya. Tak langsung percaya, Anda akan terlebih dahulu mencari kabar itu di portal berita yang terpercaya. 

Bagaimana Cara agar Tidak Gaptek? 

Jika Anda memiliki semua ciri di atas, maka Anda bukan orang yang gaptek. Selamat! Namun, jika Anda hanya memiliki sedikit ciri di atas atau bahkan tidak memilikinya sama sekali, maka kemungkinan besar Anda gaptek. Nah, agar tidak gaptek lagi, simak dan praktikkan cara-cara di bawah ini:  

Mulai Berselancar  

Pertama, lakukan cara paling mudah, yaitu: mulai berselancar di internet. Cobalah untuk mencari berbagai informasi penting di berbagai portal berita dan website lainnya. 

Kemudian, cobalah membuat akun media sosial dan mengutak-atiknya. Anda bisa mulai melihat-lihat apa saja yang biasanya diunggah para pengguna di halaman Home atau Explore

Selanjutnya, Anda juga bisa turut mengunggah teks, foto, dan video sesuai minat Anda. Tak hanya itu, Anda juga bisa menemukan banyak tips menarik tentang kehidupan di dalam media sosial. 

Ikut Pelatihan 

Jika sudah terbiasa berselancar di internet, maka Anda juga bisa mengikuti berbagai pelatihan yang sesuai kebutuhan dan minat Anda. 

Ada berbagai pelatihan yang bisa diikuti, seperti pelatihan SEO, pelatihan desain grafis, pelatihan public speaking, dan lain sebagainya. Setiap pelatihan pasti dilengkapi materi dan tugas. Dengan begitu, Anda bisa melatih diri secara rutin.  

Mandiri 

Biasakan diri Anda untuk melakukan segala sesuatu yang berhubungan teknologi secara mandiri. Mulai dari membuat teks, mencari tutorial, mengedit foto, hingga mengedit video.  

Berani Bertanya 

“Malu bertanya, sesat di jalan.” Peribahasa ini ternyata masih relevan hingga saat ini. Anda memang perlu mandiri. Namun, jika Anda kebingungan saat mempelajari teknologi, maka tak perlu ragu untuk bertanya kepada orang yang lebih ahli. Jika Anda malu untuk bertanya, nantinya Anda bisa tersesat di perjalanan menuju melek teknologi ini.   

Kesimpulan  

Mengingat perkembangan zaman yang terus berubah dan teknologi yang berkembang pesat, tak ada orang gaptek yang bisa bertahan di dalam ketatnya persaingan.   

Oleh karena itu, terapkan deretan cara agar tidak gaptek di atas ke dalam hidup Anda. Perlahan, tetapi pasti, tak akan ada lagi yang menjuluki Anda sebagai orang gaptek. 

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini