Cara Menyusun Talent Development Program demi Tujuan Bisnis

Selain mendapat imbalan berupa gaji, karyawan juga butuh pengembangan diri dan karier. Salah satunya lewat talent development program. Maka dari itu, pihak human capital perlu tahu cara menyusun talent development program dengan tepat.  

Mengenal Talent Development Program  

Talent development program adalah program yang disusun untuk mengelola bakat dari setiap sumber daya manusia yang dimiliki suatu perusahaan. Melalui talent development program, perusahaan dapat mengidentifikasi kompetensi karyawan dan menyelaraskannya dengan strategi perusahaan. 

Ya, manfaat talent development program adalah untuk menyelaraskan strategi dan kebutuhan perusahaan secara menyeluruh dengan kompetensi para karyawan. Hal ini dilakukan untuk mencapai tujuan perusahaan. 

Cara Menyusun Talent Development Program 

Setelah mengenal apa itu talent development program, kini saatnya untuk menyusun program tersebut dengan benar. Begini caranya: 

Tetapkan Tujuan yang Jelas 

Tetapkan tujuan dan deskripsi pekerjaan yang jelas. Hal itu bertujuan untuk memberi tahu para karyawan tentang apa saja yang diharapkan dari mereka, sehingga mereka bisa berusaha dengan maksimal untuk mencapainya.    

Deskripsi pekerjaan yang jelas mencakup berbagai tugas yang harus diselesaikan, keterampilan, dan kemampuan untuk menyelesaikannya. Komunikasikan deskripsi pekerjaan dan ekspektasi perusahaan kepada setiap karyawan sejak hari pertama mereka bekerja (onboarding). 

Agar berjalan lancar, Anda bisa menugaskan karyawan yang telah berpengalaman sebagai mentor bagi karyawan baru. Berikan juga feedback agar para karyawan bisa memperbaiki dan memaksimalkan kinerja mereka.  

Buat Sistem Manajemen Kinerja yang Kuat 

Selanjutnya, buatlah sistem manajemen kinerja yang kuat. Tetapkan frekuensi penilaian kinerja karyawan, misalnya 6 bulan atau setahun sekali. Buat penilaian berdasarkan uraian tugas, kelebihan, dan kekurangan karyawan. Berikan juga saran dan arahan yang spesifik agar karyawan bisa bekerja dengan lebih baik lagi.     

Berikan Pelatihan dan Bimbingan 

Anda juga perlu memberikan pelatihan dan bimbingan yang berkelanjutan kepada para karyawan. Lakukan hal ini dengan teknologi yang mutakhir, sehingga proses pelatihan tersebut bisa didokumentasikan dengan lengkap.         

Rencanakan Masa Depan 

Tak dipungkiri, setiap karyawan pasti akan datang dan pergi. Agar tidak kelabakan saat ada yang pergi, identifikasi posisi penting yang tidak bisa dibiarkan kosong. Lalu identifikasi karyawan yang memiliki kinerja terbaik di posisi tersebut. 

Dengan begitu, Anda bisa mengetahui kualifikasi seperti apa yang dibutuhkan untuk mengisi posisi tersebut. Jadi, saat karyawan itu pergi, Anda bisa segera mencari penggantinya tanpa perlu bingung menentukan kualifikasi untuk posisi tersebut. 

Kesimpulan  

Talent development program adalah program yang berguna untuk mengelola dan mengembangkan bakat dari setiap karyawan yang bekerja di suatu perusahaan. Program ini bertujuan untuk menyelaraskan tujuan, strategi, kebutuhan, dan kompetensi karyawan. 

Untuk menyusun program ini, tentukan tujuan yang jelas, buat sistem manajemen kinerja yang kuat, berikan pelatihan dan bimbingan, serta rencanakan masa depan perusahaan Anda. 

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini