5 Jenis Wawancara Kerja, HRD Wajib Paham!

Wawancara kerja atau yang biasa disebut interview adalah salah satu tahapan dari proses rekrutmen. Meskipun setiap perusahaan melaksanakan jenis wawancara kerja yang berbeda, tetapi wawancara pasti dilaksanakan. 

Menurut KBBI, wawancara adalah:  

  • Tanya jawab dengan seseorang (pejabat dan sebagainya) untuk dimintai keterangan atau pendapat mengenai suatu hal, untuk dimuat surat kabar, disiarkan di radio, atau ditayangkan stasiun televisi. 
  • Tanya jawab direksi perusahaan dengan pelamar pekerjaan.
  • Tanya jawab peneliti dengan narasumber. 

5 Jenis Wawancara Kerja  

Nah, kali ini Anda akan mengetahui berbagai jenis interview kerja yang dapat diterapkan sesuai kebutuhan, antara lain: 

Wawancara Standar  

Wawancara ini adalah yang paling sering dilakukan. Satu orang pihak HRD akan mengajukan satu demi satu pertanyaan kepada si kandidat (one-on-one). Jika kandidat itu lolos tahapan ini, maka umumnya, akan dilanjutkan ke wawancara one-on-one dengan pihak user (calon atasan langsungnya). 

Contoh pertanyaannya:    

  • Mengapa Anda melamar ke perusahaan ini untuk posisi (sebutkan posisinya)? 
  • Anda lebih suka bekerja di balik meja atau di lapangan?  

Wawancara Perilaku  

Masih melibatkan 1 pihak HRD dan 1 kandidat, wawancara ini sedikit berbeda dari wawancara standar. Wawancara ini dilaksanakan untuk mengamati bagaimana si kandidat menghadapi dan menyelesaikan berbagai macam masalah. Dengan demikian, pihak HRD dapat memprediksi kinerja kandidat tersebut pada masa depan. 

Contoh pertanyaannya: 

  • Apa yang Anda lakukan saat libur semester? 
  • Bagaimana cara Anda menghadapi kegagalan? 

Cara menjawabnya adalah dengan teknik STAR: 

S: Situation > jelaskan situasi yang dihadapi,

T: Task > jelaskan tugas apa yang diperoleh,  

A: Action > jelaskan tindakan yang dilakukan, 

R: Result > jelaskan hasil atau pelajaran yang diperoleh.    

Wawancara Panel  

Tipe wawancara panel melibatkan beberapa pewawancara (bisa dari divisi yang sama atau berbeda)dan 1 kandidat. Setiap pewawancara akan memiliki peran dan pertanyaan yang berbeda-beda.   

Wawancara Kelompok 

Berbeda dengan tipe wawancara panel, tipe wawancara kelompok melibatkan 1 atau maksimal 2 pewawancara dan beberapa kandidat (bisa lebih dari 3 orang). Para kandidat akan diberikan suatu studi kasus dan diwajibkan untuk berdiskusi satu sama lain untuk menemukan solusi atas kasus tersebut. Tipe wawancara ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir dan kerja sama setiap kandidat.  

Wawancara Sekaligus Makan Siang  

Dapat dikatakan sebagai wawancara informal, jenis wawancara ini umumnya diadakan setelah si kandidat lolos wawancara awal. Pihak HRD dan user mungkin saja mengajak kandidat untuk makan siang bersama di dalam rangka menilai perilaku kandidat di luar kantor. Tipe wawancara ini dibutuhkan untuk posisi tertentu, seperti salesperson yang akan sering melakukan entertainment.      

Kesimpulan 

Beberapa jenis wawancara di atas yang dapat dilakukan untuk menemukan karyawan yang tepat untuk mengisi posisi yang dibutuhkan. Pilihlah jenis wawancara yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

Kemudian, untuk menjadwalkan dan merekam seluruh proses wawancara, Anda dapat menggunakan software ERP HRD dari iDempiere. Tak hanya itu, ERP iDempiere juga mengotomatisasi proses penggajian, cuti, kasbon, dan lain sebagainya. Selain ERP HRD, iDempiere juga menyediakan software ERP manufaktur ERP, software manajemen proyek, dan masih banyak lagi, secara terintegrasi satu sama lain.   

Sebagai ERP custom, software ERP Indonesia ini juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan unik dari setiap perusahaan. Untuk informasi dan pertanyaan lebih lanjut mengenai modul, fitur, layanan, dan implementasi ERP iDempiere, silakan hubungi Kosta Consulting di nomor 0821-2228-2266.  

en_US
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini