Komponen Penting Pada Sistem Payroll

Sistem payroll merupakan cara penggajian yang paling dikenal oleh para karyawan perusahaan di berbagai tempat, termasuk di seluruh Indonesia. Dengan menentukan periode waktu dalam penghitungan gaji, hal ini mempermudah perusahaan untuk menentukan besaran gaji tiap karyawannya. Tentu saja dalam sistem penghitungan gaji tersebut, ada komponen penting pada sistem payroll yang telah ditentukan sebelumnya.


Tujuan dari sistem penggajian yang dipilih perusahaan, tentu saja mempermudah perusahaan dalam mengkalkulasi kinerja seluruh karyawan yang mereka miliki. Begitu juga para karyawan, berhak untuk mengetahui apa saja komponen penting pada sistem payroll penggajian mereka. Agar masing-masing kedua belah pihak dapat mencocokkan, apakah hasil kalkulasi sudah sesuai atau belum.


Komponen-komponen yang telah ditentukan bisa menjadi penentu bertambahnya gaji yang diterima, begitu juga sebaliknya. Ada komponen yang justru mengurangi jumlah penghasilan seorang karyawan dalam periode tersebut. Lebih lanjutnya, jika dirunut maka yang menjadi komponen penting tersebut adalah:

  • Gaji Pokok
    Besaran gaji pokok biasanya sudah ditentukan sejak awal dan nilainya tidak mengalami perubahan dalam periode tertentu.
  • Kehadiran
    Jumlah kehadiran kita setiap bulan akan dikalkulasikan, sehingga apabila sehari saja tidak hadir maka total gaji akan mengalami pengurangan.
  • Tunjangan
    Komponen tunjangan ada bermacam-macam. Mulai dari tunjangan jabatan, transport, konsumsi dan lain sebagainya. Ada yang dipengaruhi oleh kehadiran atau performa, tetapi ada juga yang besarannya sudah tetap dan tidak mengalami penambahan ataupun pengurangan.
  • Lembur/overtime
    Undang-Undang Tenaga Kerja telah mengatur, rumus penghitungan lembur bagi karyawan. Jadi perusahaan tinggal mengkalkulasi saja berdasarkan jam atau shift kerja.
  • Bonus/komisi
    Beberapa posisi dalam sebuah perusahaan ada yang mendapat variabel bonus setiap bulan. Tentu saja variabel ini sangat bergantung pada besarnya penghasilan yang diberikan bagi perusahaan. Selain itu biasanya juga ada bonus tahunan, yang diberikan kepada seluruh karyawan sebagai bentuk apresiasi.
  • Denda
    Ada reward ada pula punishment. Perusahaan berhak memberikan denda apabila karyawan melanggar peraturan dan memberikan dampak yang merugikan. Tentu saja besaran denda tersebut harus jelas penjelasan dan perhitungannya.
  • Iuran
    Sebagai karyawan kita wajib didaftarkan dalam asuransi ketenagakerjaan. Dan peraturan yang ditentukan oleh pemerintah, sudah menentukan persentase yang harus ditanggung oleh karyawan.
  • Cicilan
    Ini bukan merupakan komponen wajib. Tetapi ada institusi yang memberikan kebijakan pemberian pinjaman lunak bagi karyawan. Besaran pinjaman tersebut kemudian dapat dicicil setiap bulan agar tidak mengganggu penghasilan yang didapat oleh karyawan.

Keseluruhan komponen penting pada sistem payroll tersebut diatas, akan mudah kita temukan dalam slip gaji yang didapat seorang karyawan setiap bulan. Dengan mendapatkan penggajian yang fair, tentu saja karyawan akan merasa dihargai. Sehingga dapat memberikan performa yang baik bagi tim kerjanya. Jika kesejahteraan karyawan sudah terpenuhi, tentu saja pada akhirnya akan menguntungkan bagi perusahaan.

Apakah anda membutuhkan sistem payroll untuk membantu proses penghitungan gaji karyawan di perusahaan yang anda pimpin? Silakan hubungi kami di nomor kontak yang telah kami cantumkan. Tim kami akan memberikan solusi bagi masalah perusahaan anda.

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini