Manajemen Waktu yang Baik: Pengertian, Manfaat, dan Tipsnya

Satu hari terdiri dari 24 jam. Namun, tak sedikit manusia yang mengaku kekurangan waktu untuk menjalani semua aktivitas. Jika Anda juga merasa demikian, maka Anda perlu belajar manajemen waktu yang baik. 

Dengan manajemen waktu yang tepat, maka Anda akan mampu menjalani setiap aktivitas dengan maksimal setiap harinya. 

Pengertian Manajemen Waktu 

Mengutip Sampoerna University, manajemen waktu adalah suatu upaya untuk mengendalikan atau mengatur waktu untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu agar lebih produktif, efektif, dan efisien. Caranya adalah dengan menggunakan waktu yang tersedia sebaik mungkin.    

Manajemen waktu perlu dilakukan di setiap fase kehidupan, baik saat bersekolah, kuliah, bekerja, maupun berbisnis. Ini karena manajemen waktu yang baik dapat menyeimbangkan kehidupan.   

Jika Anda tidak mampu mengatur waktu dengan baik, maka Anda bisa merasa stres karena harus mengorbankan suatu aktivitas demi aktivitas lainnya.   

Dampak Manajemen Waktu yang Buruk  

Manajemen waktu yang buruk dapat berdampak buruk terhadap fisik dan mental seseorang, antara lain:   

Kualitas Tidur yang Buruk 

Manajemen waktu yang buruk akan merusak jadwal tidur Anda. Sebagai contoh, Anda diberikan waktu untuk mengerjakan suatu tugas pada pagi hari. Namun, alih-alih mengerjakannya, Anda malah asyik menonton serial favorit. 

Sebagai dampaknya, Anda terpaksa mengerjakan tugas tersebut pada malam hari dan mengorbankan beberapa jam dari waktu tidur Anda. Hal ini memperburuk kualitas tidur Anda dan dapat mengurangi daya tahan tubuh.  

Terburu-buru

Orang dengan manajemen waktu yang buruk biasanya mengerjakan tugas tertentu saat sudah mendekati tenggat waktu. Hal ini membuat orang tersebut cenderung terburu-buru saat melakukan sesuatu, sehingga kurang fokus dan akhirnya membuat kesalahan, yang dikenal sebagai human error.   

Hasil yang Kurang Maksimal

Dengan kondisi tubuh yang kurang sehat dan waktu yang terasa kurang, maka sangat mungkin Anda hanya memperhatikan waktu yang tersisa tanpa memikirkan kualitas dari hal yang sedang Anda kerjakan. Karena itu, hasil yang Anda berikan pun kurang maksimal. 

Kehidupan yang Tidak Seimbang 

Ketika Anda tidak bisa menggunakan waktu secara maksimal untuk suatu tugas, maka pekerjaan itu tidak akan selesai tepat waktu. Alhasil, Anda perlu mengorbankan waktu pribadi Anda untuk menyelesaikan tugas tersebut. Alih-alih mendapatkan work-life balance, Anda malah akan merasa stres. 

Manfaat Manajemen Waktu yang Baik  

Nah, berikut ini adalah deretan manfaat yang bisa Anda peroleh dari manajemen waktu yang baik: 

Melatih Kedisiplinan dan Tanggung Jawab 

Pengaturan waktu yang jelas dapat dijadikan sebagai acuan di dalam mengerjakan setiap tugas yang ada. Dengan demikian, Anda tidak akan lagi menunda-nunda pekerjaan apa pun. Melalui hal ini, Anda dapat terlatih untuk menjadi pribadi yang disiplin dan bertanggung jawab.  

Meningkatkan Fokus 

Untuk mengatur waktu dengan baik, Anda perlu membuat jadwal yang teratur. Oleh karena itu, manajemen waktu yang efektif dapat meningkatkan fokus Anda. Dengan begitu, Anda dapat menyelesaikan tugas-tugas yang ada dengan maksimal. 

Meningkatkan Produktivitas 

Setelah mampu mengelola waktu dengan baik, maka Anda dapat menyelesaikan setiap tugas dengan baik tanpa rasa panik akibat tenggat waktu yang semakin dekat.   

Mengurangi Stres  

Dengan pengelolaan waktu yang baik, Anda dapat mengendalikan waktu dan menggunakannya secara maksimal untuk berbagai hal. Anda juga tidak akan mengalami stres karena merasa kekurangan waktu.  

Tips Manajemen Waktu 

Waktu memang bersifat mutlak alias tak bisa diubah, tetapi waktu bisa dihitung, sehingga juga bisa dikelola dengan baik. Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mengelola waktu dengan baik: 

  • Menentukan tujuan yang realistis dan berfokus padanya.
  • Menetapkan jadwal dan rutinitas yang jelas dan realistis. Hindari pembuatan jadwal yang terlalu padat, karena akan membuat Anda kewalahan. 
  • Menentukan tenggat waktu untuk setiap pekerjaan.  
  • Membuat skala prioritas agar mengetahui aktivitas mana yang harus didahulukan.
  • Membuat perencanaan yang realistis (sesuai kemampuan).
  • Selalu disiplin untuk mengerjakan setiap hal sesuai rencana yang telah ditetapkan.   
  • Menghindari sifat malas.
  • Berani untuk mengatakan tidak kepada diri sendiri dan orang lain. 

Kesimpulan 

Waktu memang tidak dapat, dipercepat, diperlambat, atau diputar kembali. Namun, waktu tetap bisa diatur dengan manajemen yang baik. Lewat pengelolaan waktu yang benar, Anda akan jadi lebih fokus, produktif, disiplin, dan bertanggung jawab. Selain itu, Anda juga akan terhindar dari stres.  

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini