Melek Teknologi adalah Hal Krusial di Dalam Bisnis, Mengapa?

Revolusi industri dan pesatnya perkembangan teknologi membantu manusia untuk mempercepat alur penyebaran informasi, melancarkan komunikasi, dan memenuhi berbagai kebutuhan dengan efisien. Oleh karena itu, melek teknologi adalah hal yang penting bagi masyarakat dunia masa kini, termasuk para pebisnis dan karyawannya. 

Agar masyarakat bisa melek teknologi, maka sektor pemerintahan perlu terlebih dahulu melek teknologi. Melansir laman Kementerian Keuangan Republik Indonesia, kementerian kini telah melakukan transformasi digital lewat Kemenkeu e-Learning Center (KLC), e-Kemenkeu (office automation), dan Activity-Based Workplace (ABW). 

Mengapa Melek Teknologi adalah Hal yang Krusial?  

Melek teknologi adalah kemampuan seorang individu untuk menggunakan teknologi demi mencapai tujuan tertentu. Tujuannya tentu  berbeda-beda, seperti: mencari informasi tertentu, mempelajari hal baru, mencari beasiswa, mencari pekerjaan, mencari konsumen, mencari rekan bisnis, dan lain sebagainya. Kemampuan melek teknologi, alias tech savvy, bisa memberikan sejumlah manfaat berikut ini: 

Mampu Menghadapi Perkembangan Zaman

Seiring perkembangan zaman, teknologi semakin canggih dan dapat digunakan untuk berbagai hal. Tak hanya itu, kini Anda bahkan bisa menggunakan teknologi cukup dengan smartphone yang harganya terjangkau. 

Di era digitalisasi ini semua tren berkembang dan berubah sangat cepat. Agar tidak tertinggal perkembangan, Anda perlu teknologi untuk mendapatkan informasi terbaru dan mempelajari berbagai hal yang dibutuhkan. 

Dengan demikian, jika Anda tidak melek teknologi alias gagap teknologi (gaptek), maka Anda akan mudah tertinggal dan tergerus oleh zaman.      

Lebih Mudah Memperoleh Pekerjaan 

Perkembangan teknologi juga memudahkan proses pencarian kerja. Alih-alih mengirimkan lamaran beramplop cokelat ke banyak perusahaan, kini Anda dapat mengirim lamaran lewat berbagai job portal di internet. 

Jadi, Anda tak perlu keluar ongkos untuk mengirimkan lamaran. Bahkan di dalam satu hari, Anda bisa mengirim hingga 100 lamaran. 

Nah, untuk bisa mendapatkan pekerjaan idaman, Anda juga harus rajin-rajin meningkatkan kemampuan teknologi Anda. Sebab kini hampir semua perusahaan mencari karyawan yang bisa mengoperasikan komputer dan teknologi. 

Meningkatkan Produktivitas Bisnis

Kini banyak bidang yang membutuhkan teknologi mutakhir untuk bisa beroperasi. Tak dapat dipungkiri bahwa penggunaan teknologi, baik di dalam kegiatan produksi maupun operasional sama-sama meningkatkan produktivitas bisnis. 

Penggunaan teknologi yang sesuai kebutuhan dapat membantu Anda untuk menghasilkan lebih banyak output berkualitas dengan waktu yang lebih sedikit. Selain itu, hal ini juga dapat meminimalkan risiko kekeliruan akibat human error

Dengan demikian, para karyawan dapat berfokus untuk mengerjakan tugas lain yang berkaitan dengan kegiatan analisis dan perencanaan strategis.  

Cara Menjadi Orang yang Melek Teknologi 

Untuk mendapatkan sejumlah manfaat di atas, Anda perlu menjadi orang yang melek teknologi dengan cara berikut: 

Membuka Diri terhadap Perubahan

Dari zaman ke zaman teknologi terus berkembang dengan pesat. Contoh sederhananya: Jika tahun ini smartphone tipe X menjadi incaran banyak orang, maka tahun depan smartphone tipe Z yang menjadi incaran banyak orang. Sementara smartphone X tak lagi diincar karena smartphone Z memiliki teknologi yang lebih canggih. 

Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa untuk bisa melek teknologi, Anda perlu membuka diri terhadap setiap perubahan dan perkembangan zaman. Orang yang membuka diri terhadap perubahan akan menjadi pribadi yang lebih adaptif terhadap berbagai hal, termasuk teknologi.   

Membiasakan Diri dengan Teknologi

Setelah membuka diri terhadap perubahan, Anda dapat membiasakan diri dengan teknologi. Ada banyak jenis teknologi yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. 

Jika usaha Anda bergerak di bidang pertanian, maka pelajari dan gunakan teknologi pertanian untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis Anda.   

Jika usaha Anda bergerak di bidang garmen, maka gunakan peralatan dengan teknologi mutakhir untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi. Selain itu, pertimbangkan pula penggunaan aplikasi ERP (Enterprise Resource Planning) yang bisa mengotomatisasi seluruh proses bisnis secara terintegrasi. 

Kesimpulan  

Kini telah banyak sarana yang bisa digunakan untuk menggunakan teknologi, mulai dari smartphone murah hingga laptop dengan spesifikasi tinggi. Jadi, tak ada alasan untuk tidak menggunakan teknologi. 

Terbukalah terhadap perubahan dan biasakan diri dengan teknologi yang Anda butuhkan. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi di dalam bekerja dan berbisnis. 

id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini