New Normal Dan Dampak Terhadap Bisnis

New Normal Dan Dampak Terhadap Bisnis

New Normal atau Kehidupan normal baru. Sebentar lagi Indonesia akan menjalani kehidupan normal baru. Tapi apa sudah tau apa itu new normal dan apakah ini merupakan hal baru yang diterapkan?

Istilah new normalpun pernah juga digunakan pada tahun 2007, masih ingatkan dengan krisis ekonomi pada tahun 2007-2008, ya merosotnya perekonomian diseluruh Negara, lalu di dimulailah istilah New Normal pada saat itu untuk mendongkrak perekonomian. Berbeda dengan sekarang New Normalpun mulai digunakan, tapi bukan hanya untuk perekonomian saja namun juga untuk kepentingan kesehatan masyarakat dikarenakan adanya pandemi yang mungkin saja bisa berangsur lama.

Baca Juga: Pentingnya ERP Di tengah Wabah Covid-19

Apa Itu New Normal?

New normal adalah dimana terjadinya perubahan kondisi penerapan dan sistem, dari yang biasa dilakukan menjadi sesuatu yang diperbaharui. Bingung ya? lebih simpelnya kegiatan yang biasa kita lakukan mempunyai perubahan baru seperti kita memesan ojek online biasanya sudah tersedia helm dan pelindung kepala, nah pada kondisi new normal sekarang kita diwajibkan membawa helm sendiri, memakai masker dan juga handsanitizer. Ya kira-kira seperti itu penerapan new normal 2020 yang akan diterapkan.

Dampak New Normal Terhadap Bisnis Di Indonesia

Sebelum new normal diterapkan pada masa PSBB dan mewabahnya virus COVID-19 perekonomian sudah terkena dampak negatif, bisnis industri besar, sedang dan kecilpun terkena dampaknya. Maka dari itu pemerintah dengan segala upaya untuk menaikan kembali perekonomian dengan melakukan suatu tindakan yaitu new normal. Akan tetapi masih banyak perdebatan untuk menerapkan new normal di Indonesia, ada Pro dan Kontra, ya hal itu memang pasti terjadi dalam suatu tindakan dan pilihan. Tapi selaku Pemimpin pastinya sudah memikirkan ini dengan matang, coba saja kita bayangkan bahwa jika tidak dilakukannya new normal maka akan banyak bisnis yang tutup dan pemberhentian karyawan secara sepihak secara masal ( semakin banyak pengangguran ).

Berikut adalah dampak new normal terhadap bisnis :

  • Terjadinya Pengeluaran Dana Baru
    Dengan adanya new normal sudah pasti para pelaku usaha harus mengeluarkan dana kembali untuk menjaga kesehatan para karyawannya, Contohnya untuk membeli beberapa starter kit : Handsanitizer, Faceshield, Masker dam sabun cuci tangan. Ya dan ini tentunya sangat memberatkan untuk bisnis UMKM dimana mereka harus mengeluarkan dana, tapi tidak menjadi masalah untuk bisnis yang besar. Selain Starter kit kesehatan perusahaanpun harus mempunyai sistem yang dapat terintegrasi antar divisi dan client juga. Jika sudah punya sistem tersebut menjadi sebuah keuntungan tersendiri dan tidak perlu mengeluarkan dana besar lagi untuk sebuah sistem.
  • Penetapan Jam Kerja Untuk Karyawan
    Dalam hal penetapan jam kerja yang menjadi persoalan bagi setiap perusahaan khususnya untuk pabrik, yang tidak mungkin untuk melakukan kegiatan work from home, selain itu harus berjarak kurang lebih 1 meter dan tidak terlalu berkerumun untuk mengurangi virus Corona, serta penetapan shift bila perlu.
  • Perlu Melakukan Upgrade
    Melakukan upgrade atau mulai mengembangkan bisnis pada era digital, ya hal ini yang perlu dipertimbangkan oleh para pelaku usaha. Memang membutuhkan waktu untuk memulai sistem yang dapat terintegrasi seperti ERP ( Enterprise Resource Planning ) agar memudahkan bisnis untuk tetap berjalan dalam kondisi apapun dan tidak terkena dampak new normal pada bisnis. Selain memulai sistem online protokol kesehatan di lingkungan kerjapun menjadi prioritas utama untuk para pegawai karena seperti yang diinfokan oleh pemerintah, semakin ketatnya protokol kesehatan menjadi salah satu tantangan untuk para pelaku usaha.

Menarik bukan? segala aktivitas yang biasa kita lakukan menjadi berubah, namanya juga new normal. Jadi mau tidak mau kita harus bisa beradaptasi dengan kondisi, dan jangan lupa untuk selalu utamakan kesehatan kalian.

Untuk anda yang sedang mencari sistem untuk perkantoran atau ERP ( Enterprise Resource Planning ) dan masih bingung untuk memilih sistem dan aplikasi apa yang cocok untuk bisnis anda, bisa langsung menghubungi kami. Konsultasikan kebutuhan sistem anda dengan Kosta Consulting GRATIS.

id_ID
en_US id_ID
Open chat
Konsultasikan Kebutuhan ERP disini